Cara “Sukses” Budidaya Maggot Untuk Pakan Lele “Tanpa Bau”

Cara Budidaya Maggot Untuk Pakan Lele Bagi Pemula



Cara Budidaya Maggot – Lele ialah salah satu jenis ikan yang cukup terkenal di kalangan masyarakat. Permintaan lele untuk dikonsumsi semakin besar dari hari ke hari. Hal inilah yang mengakibatkan semakin banyak orang yang memutuskan mulai beternak lele baik dalam skala kecil maupun skala besar. Ada banyak hal yang harus diperhatikan mengenai cara memelihara dan menernakkan lele mulai dari ukuran kolam, varietas lele serta pakan dan kebutuhan nutrisi lele.


Cara Budidaya Maggot Untuk Pakan Lele Bagi Pemula Cara “Sukses” Budidaya Maggot Untuk Pakan Lele “Tanpa Bau”


Varietas lele yang kalian ternakkan akan menentukan kualitas lele yang akan kalian panen. Oleh alasannya ialah itu ialah sangat penting bagi kalian untuk mengetahui bagaimana cara menentukan bibit lele dengan kualitas yang baik. Selain pemilihan bibit lele varietas unggul, kalian juga harus memperhatikan perawatan lele untuk menjamin kualitas hasil panen. Salah satu hal penting yang harus diperhatikan ialah tunjangan pakan lele.


Jenis Pakan Lele


Pada dasarnya kalian sanggup menemukan banyak sekali jenis pakan yang sanggup diberikan pada lele yang kalian ternakkan mulai dari pakan organik hingga pakan anorganik. Pelet mungkin merupakan jenis pakan yang paling terkenal yang dipakai dalam teknik beternak lele. Selain pelet kalian juga sanggup memperlihatkan pakan berupa maggot atau belatung.


Maggot atau belatung sudah sering dipakai sebagai alternatif pakan bagi ternak lele. Jenis maggot yang biasa dipakai ialah maggot dari lalat jenis Black Soldier. Maggot sendiri bekerjsama merupakan salah satu bentuk yang terjadi pada fase transformasi telur lalat Black Soldier menjadi lalat dewasa. Dikarenakan fungsinya yang sanggup dipakai sebagai pakan lele, tak jarang peternak lele ikut mempelajari wacana cara ternak maggot sebagai materi pakan lele.


Saat ini bahkan telah banyak ditemukan orang yang khusus melaksanakan budidaya maggot yang kemudian dipakai sebagai materi pakan lele. Hal ini juga menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Tidak jarang ditemukan peternak yang sanggup menghasilkan 100 hingga 200 kg maggot per hari.


Berbagai Cara Budidaya Maggot


Jika kalian ingin beternak maggot sendiri baik untuk keperluan ternak lele kalian eksklusif atau untuk dijual kembali pada peternak lele lain, kalian harus mengetahui mengenai teknik-teknik yang biasa dipakai dalam beternak maggot.


Sejauh ini ada dua teknik budidaya maggot yang cukup terkenal dan cukup sering digunakan. Yang pertama ialah dengan memakai bekatul sebagai media ternak dan yang kedua ialah dengan memakai bungkil kelapa sawit sebagai media ternak.


Ternak Maggot Dengan Media Bekatul


Adapun bahan-bahan yang diperlukan dalam cara budidaya maggot dengan media ternak bekatul ialah kolam hitam atau ember dengan diameter 60 cm, bekatul, plastik hitam, daun pisang yang telah mengering, air dan tali rafiah.


Jika bahan-bahan telah tersedia yang pertama harus kalian lakukan ialah melubangi kolam dengan lubang berdiameter 2 cm. Kemudian kolam dicuci dengan air panas, kemudian masukkan bekatul dan air dengan perbandingan 1:2. Air dibiarkan hingga mengendap dengan sendirinya, letakkan daun pisang kering di atas bekatul sebagai daerah bagi lalat Black Soldier untuk meletakkan telurnya. Tutup kolam dengan plastik rapat-rapat dan letakkan di daerah teduh semoga terjadi fermentasi, maggot siap dipanen dalam 2 minggu.


Ternak Maggot Dengan Media Bungkil Kelapa Sawit


Pada dasarnya cara beternak maggot dengan memakai bungkil kelapa sawit memakai metode yang sama dengan ternak maggot dengan memakai bekatul yaitu fermentasi. Hanya saja, materi baku utama yang dipakai bukan bekatul melainkan bungkil kelapa sawit.


Langkah pertama yang harus dilakukan ialah menggiling bungkil kelapa sawit hingga halus kemudian mencampurnya dengan air limbah jeroan semoga terjadi fermentasi. Bak diletakkan di daerah terbuka untuk menarik lalat Black Soldier. Maggot sanggup dipanen dalam 2 ahad dengan cara menyemprotkan air ke dalam kolam semoga maggot terpisah dari media ternak, 4 kg bungkil kelapa sawit sanggup menghasilkan maggot sebanyak 1 kg.


Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara “Sukses” Budidaya Maggot Untuk Pakan Lele dapat berkhasiat dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, hingga jumpa dipostingan berikutnya.


Baca Juga:



Belum ada Komentar untuk "Cara “Sukses” Budidaya Maggot Untuk Pakan Lele “Tanpa Bau”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel