Cara Budidaya Merica Untuk Pemula Yang Bernilai Ekonomi

Cara Budidaya Merica Yang Menguntungkan Untuk Pemula


Cara Budidaya Merica – Indonesia dikenal dengan banyak sekali jenis flora rempah yang sanggup menghasilkan banyak sekali jenis rempah. Dikarenakan kebutuhan akan rempah yang semakin tinggi, maka banyak orang yang memutuskan untuk memulai mencar ilmu wacana teknik budidaya jenis flora ini. Untuk harga rempah yang cukup tinggi juga salah satu latar belakang banyaknya orang yang melaksanakan budidaya flora rempah di Indonesia.


Cara Budidaya Merica Yang Menguntungkan Untuk Pemula Cara Budidaya Merica Untuk Pemula Yang Bernilai Ekonomi


Salah satu jenis rempah yang cukup populer ialah lada ata merica. Lada atau merica yang didapat di pasaran merupakan buah yang dihasilkan oleh pohon lada. Untuk ketika ini telah semakin banyak orang yang mempunyai perkebunan lada sendiri dan memulai bisnis budidaya lada baik dalam skala kecil maupun skala besar. Untuk menghasilkan lada dengan kualitas yang bagus, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui mengenai budidaya flora ini.


Pengenalan Tanaman Lada


Hal yang pertama yang harus kalian ketahui ialah karakteristik dan syarat tumbuh flora lada. Agar sanggup tumbuh dengan subur, jenis flora ini memerlukan beberapa syarat ibarat curah hujan antara 2.000 hingga 3.000 mm per tahun, cukup mendapat sinar matahari, suhu udara antara 20 hingga 34 derajat celcius, kelembaban udara antara 60 hingga 80 persen serta terlindung dari hembusan angin kencang.


Mendapatkan bibit lada yang baik ialah salah satu syarat utama yang harus kalian lakukan sebagai tahap persiapan dalam budidaya flora lada. Ada banyak sekali cara yang sanggup kalian lakukan untuk mendapat bibit lada dengan kualitas baik. Kalian sanggup melaksanakan proses pembibitan sendiri dengan memakai biji atau kalian juga sanggup membeli bibit lada siap tanam dari para penyedia bibit lada.


Hal lain yang perlu diperhatikan dalam cara bercocok tanam flora lada ialah pengolahan atau persiapan media tanam. Adapun syarat-syarat media tanam yang baik antara lain ialah kaya akan materi organik, tidak tergenang, tidak terlalu kering, mempunyai pH seimbang, mempunyai kandungan humus yang baik, kemiringan lahan tidak lebih dari 300, ketinggian lahan antara 300 hingga 1.100 m dari permukaan laut. Jenis tanah yang sanggup dipakai antara lain ialah Lateritic, Latosol dan Utisol.


Pembibitan Dan Teknik Penanaman


Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses pembibitan ialah kemurinian jenis bibit, berasal dari induk yang sehat, bebas dari hama serta berasal dari induk yang sudah berumur antara 1 hingga 3 tahun. Kebutuhan bibit per hektar ialah rata-rata 2.000 bibit.


Selain pembibitan, hal lain yang perlu diketahui mengenai cara budidaya flora lada ialah cara pengolahan media tanamnya. Mencangkul dan mengapuri lahan yaitu hal penting semoga lahan menjadi gembur dan terjaga tingkat keasamannya. Perlu diperhatikan juga takaran kapur yang dipakai dalam proses pengapuran semoga didapat lahan dengan tingkat keasaman yang seimbang.


Teknik atau cara tanam yang dipakai dalam proses budidaya flora lada yaitu system monokultur dengan jarak tanam 2 x 2 m. Lubang tanam dibentuk dengan bentuk limas dengan kedalaman sekitar 50 cm. Lubang harus dibiarkan selama 10 hingga 15 hari sebelum ditanami dengan bibit. Waktu penanaman yang ideal ialah pada isu terkini hujan. Jangan lupa untuk menambahkan pupuk sangkar pada ketika proses penanaman bibit.


Hal lain yang perlu diperhatikan dalam cara menanam lada ialah pembuatan sulur panjat. Tanaman lada ialah termasuk flora merambat sehingga kalian harus memakai tiang panjat sebagai daerah bagi flora untuk merambat dan tumbuh dengan baik. Pada awal penanaman sanggup dibantu dengan mengikat flora pada tiang rambat yang sanggup dilepas dengan gampang ikatannya apabila flora telah berpengaruh menempel pada tiang rambat.


Selain penanaman yang baik, perlu juga dilakukan proses perawatan untuk menjaga kualitas lada yang dihasilkan. Perawatan flora lada antara lain yaitu penyiangan, pemangkasan, pemupukan berkala, pengairan, pertolongan mulsa serta pengendalian hama.


Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Budidaya Merica Yang Bernilai Ekonomi dapat mempunyai kegunaan dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, hingga jumpa dipostingan berikutnya.


Baca Juga:



Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Merica Untuk Pemula Yang Bernilai Ekonomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel