Cara Membuat Pakan Puyuh Untuk Pemula “Biaya Murah”

Cara Praktis Membuat Pakan Puyuh Bagi Pemula



Cara Membuat Pakan Puyuh – Dalam hal ini budidaya burung puyuh cukup berpotensi tinggi sebagai salah satu bisnis kerakyatan, namun dengan pakan buatan pabrik untuk burung puyuh yang harganya selangit, harga produksi sanggup menciptakan para peternak kecil khawatir. Padahal masakan ternak pabrikan tidak selalu sanggup diandalkan, alasannya yakni itulah harus sanggup mencari alternatif lain.


Cara Praktis Membuat Pakan Puyuh Bagi Pemula Cara Membuat Pakan Puyuh Untuk Pemula “Biaya Murah”


Makanan ternak nonorganik, tidak sanggup dijadikan patokan lantaran selain harganya sewaktu-waktu sanggup melambung tinggi, lebih kondusif tetap masakan yang dibentuk sendiri dari bahan-bahan organik. Namun demikian, jangan tergiur begitu saja pada penjual yang menunjukkan harga murah meriah untuk ternak puyuh, terutama dari pabrikan “pakan organik”.


Efisiensi Biaya Produksi Dengan Pakan Buatan Sendiri


Membuat materi pangan sendiri untuk ternak puyuh sanggup menjadi cara yang lebih efektif dan efisien, setidaknya pembuatan sendiri masakan untuk ternaknya, peternak sanggup lebih hening mengetahui komposisi apa saja yang dipakai untuk mengolah pakan tersebut. Untuk angka biaya produksi dengan mengolah sendiri materi pakan puyuh dari materi alami, bahkan sanggup ditekan hingga 50%.


Pengolahan masakan ikan lele maupun burung puyuh tidaklah seruwet yang dibayangkan, apalagi dengan bahan-bahan yang tersedia di sekitar dan dengan harga beli sangat murah. Bahan menciptakan pakan puyuh sendiri yang paling banyak dipakai ialah jagung, bekatul maupun sorgum, bahkan sanggup memakai bungkil kedelai yang selain lantaran gampang didapatkan, harganya pun sangat terjangkau “bahkan sanggup diperoleh secara gratis”. Untuk pertambahan berat puyuh yang lebih cepat, dianjurkan mengatakan masakan dengan komposisi yang tepat.


Membuat Pakan Puyuh Memakai Bahan Lokal


Langkah awal cara menciptakan pakan puyuh sendiri hanya membutuhkan bahan-bahan yang gampang didapat antara lain jagung, bekatul dan CPO. Tentunya pakan ini masih harus dicampur dengan pakan buatan pabrik. Namun setidaknya pencampuran ini akan sedikit mengurangi kebutuhan pakan buatan pabrik. Cara pembuatan cukup mudah, campurkan pellet atau pakan broiler berbentuk crumble dengan jagung yang dalam bentuk cacahan. Kemudian tambahkan bekatul dan minyak CPO untuk menciptakan gabungan pakan ini lebih liat dan bekatul sanggup menempel.


Perbandingan untuk gabungan pakan ini yakni 3 cuilan pakan pabrikan atau pelet 1 cuilan jagung dan 1 cuilan bekatul. Untuk pelet yang dipakai sebaiknya dipilih yang butirannya kecil dengan ukuran 3 mm. Untuk memenuhi kebutuhan ternak puyuh, pakan buatan sendiri ini sanggup dibentuk seminggu sekali. Tentunya harus diperhatikan cara penyimpanan pakan ini biar tidak berjamur. Sementara komposisi materi sanggup dikonsultasikan sesuai dengan saran pabrik produsen konsentrat.


Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Pakan Puyuh


Meskipun pakan buatan sendiri ini bertujuan untuk menakan biaya produksi dalam peternakan burung puyuh, tetap harus diperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh ternak puyuh. Kebutuhan energi dan protein dari burung puyuh harus sanggup dipenuhi dari masakan yang diberikan. Pada dasarnya burung puyuh membutuhkan energi sebesar 2.700 kkal sedangkan protein sebesar 22%.


Apabila dihitung banyaknya pakan yang harus diberikan untuk burung puyuh, per ekor membutuhkan pakan sebanyak 22-23 gram per hari. Dengan menciptakan pakan sendiri, diperkirakan biaya pakan yang diharapkan sanggup ditekan sebesar 400 rupiah untuk per kilogram pakan. Ini akan sangat terasa lantaran banyaknya pakan yang diberikan sanggup puluhan kilogram per harinya.


Permasalahan Dalam Pencampuran Pakan Puyuh


Meskipun mencampur pakan pabrik dengan jagung dan bekatul sanggup menekan biaya produksi, tapi perlu diperhatikan kemungkinan adanya problem keterpenuhan nutrisi. Besarnya kandungan protein akan menurun, jadi untuk burung puyuh petelur kemungkinan besar akan ada penurunan hasil produksi telur.


Selain itu asupan energi juga menurun yang mengakibatkan lemak dan protein dalam badan puyuh akan diubah menjadi energi yang mengakibatkan berat burung puyuh menyusut. Akan tetapi hal ini sanggup diakali dengan perbandingan materi yang tepat. Penggunaan jagung dalam gabungan pakan pakan menyeimbangkan metabolisme puyuh. Ini akan menghindari munculnya permasalahan yang disebabkan oleh perubahan pakan.


Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Praktis Membuat Pakan Puyuh Bagi Pemula sanggup mempunyai kegunaan dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, hingga jumpa dipostingan berikutnya.


Baca Juga:



Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Pakan Puyuh Untuk Pemula “Biaya Murah”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel