Cara Budidaya Kacang Merah dan Perawatannya Hingga Panen

Cara Menanm Kacang Merah dan Perawatan Hingga Panen Yang Baik



Cara Budidaya Kacang Merah – Kacang merah adalah salah satu flora yang sanggup kita tanam. Selain flora ini sangat gampang untuk dibudidayakan, hasil yang kita dapat, terutama pada gizi dan karbohidrat yang kondusif untuk kesehatan dari flora ini juga merupakan salah satu alasan besar lengan berkuasa untuk menentukan kacang merah. Ada banyak cara budidaya kacang merah yang sanggup kita gunakan menyerupai cara budidaya flora kacang yang lainnya.


Cara Menanm Kacang Merah dan Perawatan Hingga Panen Yang Baik Cara Budidaya Kacang Merah dan Perawatannya Hingga Panen


Kondisi Iklim


Iklim yang paling baik untuk bercocok tanam kacang merah adalah iklim berair hingga kering. Kaprikornus sanggup dikatakan tempat dataran tinggi di Indonesia sangat cocok untuk menanam kacang merah. Daerah yang paling elok untuk proses penanaman bibit kacang merah adalah tempat yang memiliki curah hujan cukup tinggi antara 1500 mm hingga 2500 mm per tahun.


Keadaan Udara


Kacang merah akan sanggup tumbuh dengan baik dengan teknik budidaya yang tepat, jikalau flora ini ditanam dengan kondisi suhu antara 20-25 derajat celcius. Bila suhu dibawah 20 derajat maka proses fotosintesis kacang merah akan terganggu, sedangkan jikalau suhu lebih dari 25 derajat, maka akan banyak terdapat biji kacang hampa atau tidak menghasilkan apa-apa alasannya tenaga banyak dipakai untuk proses pernafasan dan hal ini tidak akan sanggup diselesaikan dengan cara tanam apapun.


Keadaan Tanah


Tanah yang paling sempurna untuk cara menanam kacang merah yang baik adalah tenah jenis androsol dan regosol. Tanah androsol memiliki warna hitam, kandungan organik yang tinggi, bersifat antara tanah lempung dan tanah gembur dan permealibilitasnya sedang.


Sedangkan tanah regosol berwarna kelabu dan bertekstur menyerupai pasir. Untuk mempermudah merawat dan melaksanakan teknik menanam kacang merah yang tepat, tanah juga harus memiliki tingkat pH yang sesuai untuk kacang merah yakni 5,5 hingga 6.


Pemupukan Dan Penyiraman


Proses pemupukan dilakukan sekali ketika menanam dan 2 ahad sekali ketika bibit kacang merah mulai tumbuh menjadi tunas muda. Pupuk yang dipakai adalah pupuk sangkar atau kompos, biar hasil yang didapat lebih baik dan kondusif untuk dikonsumsi. Penyiraman dilakukan setiap hari 2 kali sehari, hindari proses penyiraman yang menciptakan tanah disekitar media penanaman kacang merah biar kacang merah tidak amis dan tumbuh dengan baik.


Hama Yang Menyerang Kacang Merah


Hama yang sering menyerang flora kacang merah adalah kumbang daun, dengan nama latin Henosa Pilachna Signatipennis. Untuk membasmi hama ini adalah dengan membunuh hama ini dengan tangan kosong kalian atau kalian juga sanggup memakai pestisida organik yang dibentuk dari bawang putih, cabai rawit, jahe, jeruk dan sambiloto.


Selain kumbang daun hama lainnya yang menyerang kacang merah adalah ulat pengerek daun atau Etiella Zinckenella. Cara dan perawatan yang dipakai sama menyerupai cara untuk membasmi kumbang daun.


Menentukan Masa Panen


Proses pemanenan dilakukan sesudah kacang merah berumur 60 hari. Ciri-ciri yang sanggup kita gunakan untuk menentukan masa panen kacang merah adalah warna polong lebih suram, permukaan kulit kasar, biji pohon kacang merah belum terlihat menonjol dan akan terdengar bunyi letupan ketika polong dipatahkan. Bila sudah kita jumpai ciri-ciri diatas, maka kacang merah siap untuk dipanen.


Cara Memanen


Hindari penggunaan alat potong, alasannya jikalau biji polong terluka tanggapan alat tersebut, maka kuman sanggup masuk dan merusak kacang merah didalamnya. Cara dan tips yang sempurna adalah petik dengan tangan secara perlahan dan hati-hati pada pangkal biji polong kacang merah. Proses pemanenan sanggup dilakukan setiap 2-3 hari dan hentikan ketika flora kacang merah berumur 80 hari.


Semoga dengan adanya ulasan tesebut mengenai Cara “Sukses” Budidaya Kacang Merah Dengan Media Yang Tepat sanggup berkhasiat dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, hingga jumpa dipostingan berikutnya.


Baca Juga:



Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Kacang Merah dan Perawatannya Hingga Panen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel