Ikat Leher Suara Perkutut Merdu

Perkutut bersuara indah menjadi dambaan pehobi Ikat Leher Suara Perkutut Merdu


Perkutut bersuara indah menjadi dambaan pehobi. Namun seringkali ketika dia berbunyi terdengar bunyi noklak. Suara noklak yaitu bunyi pecah, bunyinya menjadi klak. Suara mirip itu tidak lezat didengar alasannya yaitu yang diinginkan yaitu bunyi ujung berbunyi kung.


Banyak cara supaya bunyi noklak perkutut tersebut teratasi. Salah satu cara dengan mengikat leher burung. Hampir semua pemain perkutut pernah mempraktekkan cara tersebut.


Fungsi ikat leher itu hanya menyempurnakan suara. Sebab jikalau perkutut tidak mempunyai potensi bunyi bagus, semoga diikat bagaimana pun karenanya tetap jelek. Pada umur 2,5 bulan perkutut biasanya mulai bersuara sehingga ketika itu perkutut jempolan dapat diseleksi.


Sejatinya, tidak semua pehobi menyukai cara ikat leher itu. Yang kontra menyebutkan alasan mendengar bunyi perkutut menyerupai mendengarkan seni suara. Kaprikornus jikalau diikat bunyi perkutut memang indah, tapi tidak alami. Padahal seni bunyi perkutut haruslah alami. Terlepas dari kontroversi itu, pemakaian ikat leher pada perkutut sudah umum. Bahkan di Thailand cara yang dipopulerkan pehobi perkutut di Pulau Madura pada 1970-an itu sudah digunakan pula semenjak simpulan 1990-an.


Meskipun cuma sekadar mengikat, ternyata butuh keahlian untuk dapat melaksanakan pengikatan yang bagus. Salah mengikat tali, berujung perkutut tidak mengeluarkan suara. Kalaupun keluar suaranya tidak meliuk-liuk, tertahan oleh ikatan.


Pemasangan juga dilarang terlalu longgar alasannya yaitu dapat menciptakan paruh burung masuk ke dalam ikatan dan burung tercekik. Tali biasanya dipasang pas seukuran badan burung. Namun, cara itu cukup berisiko karena tidak ada ukuran pasti, semua masih menggunakan metode kira-kira.


Tali ikat yang digunakan yaitu nilon. Nilon dipilih alasannya yaitu tipis, halus serta tidak gampang putus. Posisi ikatan harus akrab kulit. Bila terhalang bulu, tidak berguna. Sebab cukup rumit, banyak pehobi menggunakan jasa pengikatan untuk memasang tali di leher sang klangenan. Tali itu biasanya dipasang dua hari sebelum lomba. Bila sehari-hari, tali harus dibuka supaya perkutut hidup nyaman.


Belum ada Komentar untuk "Ikat Leher Suara Perkutut Merdu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel