Rumus Cabang Tanaman Buah

Bagaimana jika tajuk pohon dibuat ibarat payung? Apa keunggulannya? Tajuk berbentuk payung selain secara estetika menarik alasannya tidak menjulang, secara produksi sanggup lebih tinggi alasannya cabang daerah buah menempel lebih banyak.


Bila Anda membeli tanaman dari bibit setinggi 30-40 cm, sehabis batang terbentuk lurus, pucuk daun sebagai daerah titik tumbuh dipangkas. Dari bab itu akan tumbuh 2-4 cabang baru. Yang paling anggun 3 dan 4 cabang. Tiga cabang akan membentuk sudut 120 derajat seakan-akan bentuk kipas, sedangkan 4 cabang membentuk sudut 90 derajat dengan setiap cabang yang ditarik menggunakan kawat sanggup tumbuh ke arah 4 penjuru mata angin.


Bentuk tajuk payung yang membulat mempunyai rumus percabangan 1-3-9. Bila yang muncul hanya 7 cabang lebih baik diulangi dari batang ke-3 alasannya mengakibatkan bentuk payung tidak seimbang. Salah satu sudut menjadi lebih rimbun. Dengan 7 cabang berarti tiga cabang pecah menjadi 3-2-2.


Supaya tajuk bagus, cabang dijaga biar tumbuh bersamaan, dihentikan ada yang tumbuh lebih dominan. Seandainya terlanjur, cepat pangkas cabang tersebut untuk memberi kesempatan yang lain mengejar.


Cabang yang sudah dipangkas mungkin akan mengeluarkan cabang gres lebih dahulu. Namun itu tidak masalah, tinggal mengatur tingginya saja dengan pemangkasan. Kombinasi bentuk payung sanggup dihasilkan dari rumus percabangan 1-2-9-27. Dengan rumus ini tanaman indah dipandang dari semua sudut.


Belum ada Komentar untuk "Rumus Cabang Tanaman Buah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel