Komposisi Media Tanam Kantong Tanam

Komposisi media sempurna pada budidaya sayuran menggunakan kantong tanam perlu dicermati oleh peh Komposisi Media Tanam Kantong TanamKomposisi media sempurna pada budidaya sayuran menggunakan kantong tanam perlu dicermati oleh pehobi biar pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan baik. Sejatinya komposisi media tanam tersebut tidak jauh berbeda menyerupai dilakukan pada budidaya sayuran di lahan sempit menggunakan polibag atau pot.


Syarief Wijaya, pehobi di Kalimalang, Jakarta Timur, menuturkan pemakaian media tanam yang bersifat menyimpan air lebih banyak sanggup memicu sistem perakaran membusuk. Namun bisa juga pemilihan media tanam tidak pas menimbulkan media sulit menahan air. “Media menyerupai ini biasanya gampang mengering dan menciptakan tumbuhan gampang mati,” ujar Syarief.


Idealnya media tanam harus mempunyai beberapa kriteria menyerupai bisa mengikat air dan menyuplai unsur hara, porous sehingga bisa mengontrol kelebihan air serta menjamin sirkulasi baik, serta sanggup mempertahankan kelembapan pada sistem perakaran. Media tanam pun dihentikan lekas lapuk, bahkan rapuh.


Komposisi media sempurna pada budidaya sayuran menggunakan kantong tanam perlu dicermati oleh peh Komposisi Media Tanam Kantong TanamBahan organik menyerupai arang sekam, cocopeat alias serbuk kelapa, sampai humus daun bambu sanggup menjadi pilihan. Arang sekam bersifat porous dan sulit menggumpal atau memadat sehingga akar tumbuhan tumbuh baik. Pun cocopeat yang bisa menyerap air tinggi sampai 8 kali bobot kering serta mengandung hara penting bagi tumbuhan menyerupai kalsium dan magnesium. Humus bambu? media ini mempunyai daya tukar ion tinggi sehingga sanggup menyimpan unsur hara.


Komposisi media sempurna pada budidaya sayuran menggunakan kantong tanam perlu dicermati oleh peh Komposisi Media Tanam Kantong TanamSyarief yang sudah berkebun menggunakan kantong tanam menjelaskan, ia menggunakan komposisi media tanam yang terdiri dari kompos, arang sekam, cocopeat, dan humus bambu plus pupuk sangkar ayam. Perbandingan komposisi media itu ialah 2:1:0,5:0,5:0,5.


Volume media pada pada kantong tanam? Cukup separuh sampai tiga perempat dari tinggi kantong tanam. “Bayam merah, caisim, dan bawang daun yang saya tanam tumbuh subur,” ujar ayah 1 anak itu yang juga menunjukkan satu sendok makan pupuk NPK 15:15:15 sekali selama budidaya untuk merangsang dan memperbaiki pertumbuhan vegetatif tanaman.


Belum ada Komentar untuk "Komposisi Media Tanam Kantong Tanam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel