Panduan Cara Menanam Budidaya Okra Dalam Pot Di Rumah Bagi Pemula

Panduan Cara Menanam Budidaya Okra Dalam Pot Di Rumah Bagi Pemula – Okra atau Bendi (Abelmoschus esculentus Moench) yaitu sejenis tumbuhan berbunga yang masuk dalam suku Malvaceae. Buah okra biasanya dimanfaatkan sebagai sayuran dan diolah menjadi banyak sekali masakan. Buah okra muda berwarna hijau, penampilan buahnya hampir seolah-olah dengan cabe hijau besar, namun disekeliling kulitnya berbulu halus. Buah okra mempunyai ukuran yang kecil melekat di dinding buah. Tekstur yang dimiliki oleh okra hampir seolah-olah dengan terong, jikalau dimask rasanya renyah dan berlendir.


Tanaman okra ini berasal dari Ethiopia den kemudian menyebar luas ke beberapa wilayah Asia termasuk Indonesia. Nama lain dari Okra yaitu Lady’s fingers, dan gumbo dan gendi.


Klasifikasi ilmiah

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Malvales

Famili: Malvaceae

Genus: Abelmoschus

Spesies: Abelmoschus esculentus


Okra mempunyai rasa yang yummy dan segar, biasanya okra dijadikan lalapan, sayuran rebus, tumis dan juga asinan. Okra ini mempunyai kandungan gizi yang tinggi serat, antioksidan dan vitamin c.


Bagi anda yang ingin menanam okra dan tidak mempunyai lahan yang luas, anda sanggup menanam okra dalam pot. Berikut selengkapnya:


Cara Menanam Budidaya Okra Di Dalam Pot


Syarat Tumbuh


Tanaman okra sanggup tumbuh maksimal pada kawasan dengan ketinggian sekitar 600-700 mdpl. Tanaman okra membutuhkan sinar matahari secara penuh dan menghendaki curah hujan yang sedang. Derajat keasaman atau pH untuk menanam okra yaitu sekitar 5,5 sampai 7.


Persiapan Bibit Okra


Tanaman okra diperbanyak dengan memakai biji, biji benih tersebut sanggup anda peroleh dengan membuatnya sendiri atau membelinya di toko pertanian. Setelah benih diperoleh, selanjutnya rendap biji terlebih dahulu sela asehari penuh.


Persiapan Media Tanam dan Pot Tanam


Media tanam yang perlu disiapkan yaitu berupa adonan tanah dan pupuk kandang. Namun jikalau tidak ada pupuk kandang, pupuk sangkar sanggup digantikan dengan pupuk NPK.


Jika media tanam telah siap, selanjutnya masukan media tanam ke dalam pot. Pot yang dipakai untuk menanam sanggup disesuaikan.


Cara Menanam Okra Dalam Pot


Jika semuanya sudah siap, segera lakukan penanaman. Tanam biji pada media tanam yang sudah disiapkan sebelumnya. Tanam biji pada kedalaman sekitar 1-2 cm dan biasanya biji akanmulai berkecambah sesudah berumur sekitar 6 sampai 21 hari.


Cara Merawat Okra Dalam Pot


Lakukan penyiraman seperlunya saja, sesuaikan dengan kondisi cuaca dan media tanam. Saat kemarau dan tanah kering, maka penyiraman sanggup dilakukan setiap hari namun jikalau cuacara normal maka penyiraman sanggup dilakukan seminggu 2 kali.


Pemupukan tidak harus dilakukan, jikalau tumbuhan tetap subur maka pemupukan yoidak perlu dilakukan. Lakukan pula penyiangan pada gulma atau tumbuhan lainnya yang tumbuh di pot.


Jika tumbuhan terjangkit hama, maka lakukan penyemprotan memakai insektisida sesuai takaran yang dianjurkan.


Masa Panen Okra


Okra sanggup mulai dipanen sesudah berumur sekitar 2 bulan sesudah tanam. Lebih enak lagi jikalau okra dipanen sebelum terlalu bau tanah alasannya yaitu jikalau potnya sudah tua, rasanya sudah tidak begitu segar. Ukuran pod yang pas untuk dipanen yaitu sekitar 7 cm. Pemanenan okra sanggup dilakukan setiap 2 hari sekali sesudah pemanenan pertama.


Demikian artikel tentang”Panduan Cara Menanam Budidaya Okra Dalam Pot Di Rumah Bagi Pemula“, agar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Cara Menanam Budidaya Okra Dalam Pot Di Rumah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel