Panduan Lengkap Cara Budidaya Durian Montong Agar Cepat Berbuah dan Panen Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Budidaya Durian Montong Agar Cepat Berbuah dan Panen Bagi Pemula – Durian (Durio zibethinus) ialah salah satu buah dari tumbuhan tropis wilayah asia tenggara. Durian berasal dari famili Malvaceae. Buah durian bertipe kapsul dengan bentuk bulat, bundar telur sampai lonjong panjangnya sampai 25 cm dan diameter sampai 20 cm. Kulit buahnya tebal, permukaannya bersudut tajam atau berduri, mempunyai warna hijau kekuning-kuningan, kecoklatan, sampai keabu-abuan. Buah durian mempunyai aroma yang sangat tajam, dan rasanya enak, namun tidak semua orang suka dengan buah durian alasannya ialah aromanya yang menyengat menyebabkan mual. Buah Durian mempunyai beberapa spesies selain D. zibethinus (durian benar) juga dianggap sebagai durian. Di Indonesia tercatat ada 20 spesies anggota Durio (dari hampir 30 jenis), tapi hanya sembilan di antaranya yang sanggup dimakan.


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Plantae

(tidak termasuk): Angiospermae

(tidak termasuk): Eudikotil

(tidak termasuk): Rosidae

Ordo: Malvales

Famili: Malvaceae

Genus: Durio

Spesies: D. zibethinus


Ada banyak jenis durian yang tersebar di Indonesia, diantaranya menyerupai durian montong, durian musang king, durian merah dan lain sebagainya. Nah kali ini kita akan membahas wacana cara budidaya durian montong. Durian montong ini mempunyai rasa yang sangat yummy dengan daging yang tebal dibandingkan dengan jenis durian yang lainnya.


Cara Budidaya Durian Montong


Persiapan Bibit Durian Montong


Bibit sanggup diperoleh dengan cara cangkok, biji ataupun membeli bibit di toko tanaman. Apabila anda melaksanakan pembibitan dengan biji, memungkinkan bibit berbeda sifat dengan induknya. Lagi pula, pembibitan dengan biji tergolong susah, banyak yang gagal dan hanya petani durian saja yang mengerti teknik yang benar.


Jika anda membelinya di toko, pilihlah bibit durian montong yang unggul. Pilih bibit yang sehat dan segar, hal tersebut sanggup dilihat dari bentuknya yang bagus, batanggya yang keras danb daunnya yang banyak serta segar.


Persiapan Lahan Tanam Durian Montong


Lahan yang akan dipakai untuk menanam durian montong di olah terlebih dahulu. Bersihkan gulma dan tumbuhan penggangguy lainnya. Setelah itu, gemburkan terlebih dahulu dengan cara dicangkul, selanjutnya lakukan pemupukan dasar dengan memakai pupuk kandang.


Sebelum penanaman dilakukan, buatlah lubang tanam dengan ukuran sekitar 50 cm dan jarak antar lubang tanam yaitu sekitar 12-19 meter. Setelah itu, diamkan lubang tanam selama 2 minggu. Lalu berikan pupuk sangkar dan juga dolomit. Setelah 10 hari lalu barulah dilakukan penanaman.


Cara Menanam Durian Montong


Jika semuanya siap, lakukan penanaman. Masukan bibit durian montong dalam lubang tanam yang telah disiapkan, lalu tutup kembali lubang tanam dengan tahan disekitar bibit dab padatkan. Penanam ini baik dilakukan pada animo penghujan.


Cara Merawat Durian Montong


Lakukan penyiraman dan pemupukan secara rutin. Jika bibit sudah tumbuh dengan ketinggian sekitar 5 cm maka lakukan pemangkasan pucuk, hal tersebut bertujuan untuk merangsang pertumbuhan tumbuhan duriaqn biar lebih cepat. Jika pohon durian terjangkit hama maka segera lakukan pembasmian. Lakuikan pemangkasan pada ranting yang tertutupi sinar matahari alasannya ialah ranting tersebut tidak akan berbunga.


Agar menghasilkan buah lebat, ketika ranting berbunga maka bantu penyerbukan. Caranya yaitu sapukan kuas yang halus pada bunga yang mekar secara perlahan pada malam hari.


Setelah pohon durian montong berbuah, lakukan penyeleksian pada ketika buah masih berdiameter 5 cm. Lakukan penjarang buah dan berikan jarak antar buah sekitar 30 cm. Jika sudah siap panen, bungkus durian dengan kain atau ikat biar buiah tidak rusak ketika jatuh dari pohon.


Demikian artikel tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Durian Montong Agar Cepat Berbuah dan Panen Bagi Pemula“semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Durian Montong Agar Cepat Berbuah dan Panen Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel