Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Nilam Dengan Mudah

Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Nilam Dengan Mudah


Nilam (Pogostemon cablin) merupakan tumbuhan semak tropis penghasil sejenis minyak atsiri yang dinamakan minyak nilam. Minyak nilam dalam perdagangan internasional dikenal dengan minyak patchouli alasannya ialah minyak ini berasal dari sulingan daun. Minyak nilam banyak dipakai parfum atau wangi-wangian dan juga sebagai materi dupa atau setanggi di tradisi timur.


Tanaman nilam berupa semak yang sanggup tumbuh sampai ketinggian 1 meter. Tanaman nilam menyukai tenpat yang bersuasana teduh, hangat dan juga lembab. Karena harga minyak nilam lebih tinggi dibandingkan minyak atsiri, sekarang banyak orang yang mencoba peruntungan dengan melaksanakan budidaya tumbuhan nilam ini. Berikut adalah cara budidaya tumbuhan nilam :


1. Syarat Tumbuh

Tanaman nilam sanggup tumbuh dengan baik pada tempat yang mempunyai ketinggian sekitar 10-700 mdpl namun jikalau lebih tumbuhan ini masih toleran namun tidak tumbuh optimal. Daerah yang akan dipakai untuk membudidayaan tumbuhan ini harus mempunyai suhu sekitar 22°C – 28°C dengan curah hujan sekitar 2500-3500 mm/tahun, kelembaban sekitar 75%. Tanaman nilam sanggup ditanam diberbagai jenis tanah, namun disarankan tanah yang gembur, subur, dan kaya akan humus dengan derajat keasaman atau pH sekitar 5,5-6,5.


2. Persiapan Bibit Tanaman Nilam

Bibit nilam diperoleh dengan cara vegetatif, terdapat 2 cara persemaian bibit yaitu:

Bibit stek dipotong sepanjang 15 sampai 18 cm. Setelah bibit stek diperoleh, selanjutnya tanam bibit stek tersebut dalam polybag semai yang telah diisi dengan media tanam berupa adonan tanah, seism, pasir dan juga pupuk kandang. Media tanam tersebut disiapkan 1 sampai 2 hari sebelum melaksanakan persemaian tersebut. Bibit yanng dsemai dalam polybag semai ini dipelihara sampai tumbuhan berumur sekitar 2 bulan dan selanjutnya sanggup dipindah tanamkan.


Bibit stek dipotong sepanjang 12-15 cm lalu bibit stek tersebut direndam dalam pupuk cair organik perangsang akar selama sekitar 15 menit. ikat bibit stek tersebut dalam satuan 50-100 batang dan simpan pada tempat teduh dan sejuk selama sekitar 15 hari. Jika bibit telah tumbuh akar serabut selanjutnya dipindah tanamkan pada polybag yang diberi lubang tanam sekitar 2-3 lubang semoga tidak ada goresan pada akar.


3. Penanaman Tanaman Nilam

Untuk menanam tumbuhan nilam, terdapat 2 cara yaitu dengan penanaman secara tidak eksklusif dan penanaman secara langsung.


Penanaman Langsung yaitu menanam bibit setek yang gres dipetik eksklusif ditanam pada lahan tanam, dengan setiap lubang tanam diisi sekitar 2-3 batang setek.  Sedangkan Penanaman secara tidak eksklusif yaitu bibit setek di semai dahulu sampai berumur 6-8 ahad barulah di pindah tanamkan pada lahan tanam.


4. Pemeliharaan Tanaman Nilam



  • Penyulaman

    Lakukan penyulaman pada tumbuhan yang mati atau tumbuh tidak optimal dengan tumbuhan yang baru.

  • Pemupukan

    Pemupukan tumbuhan ini sanggup dilakukan dengan memakai pupuk sangkar ataupun pupuk Sp-36, KCl dan juga NPK. Selain pupuk tersebut sanggup juga dilakukan pemupukan dengan memakai pupuk organik cair. Pada ketika tumbuhan brumur sekitar 1 bulan, beri pupuk KCl atau SP-36 dan juga NPK dengan takaran sekitar 1/4 kepingan dan 1/3 bagian. Lakukan pula pemupukan tersebut sehabis pemanenan pertama, dan sisanya dilakukan sehabis pemanenan kedua dan ketika semoga pertumbuhan tumbuhan lebih optimal.

  • Penyiangan

    Lakukan penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya semoga tumbuhan sanggup tumbuh dengan baik tanpa berebut nutrisi yang diharapkan tumbuhan untuk tumbuh. Penyiangan gulma atau tumbuhan pengganggu tersebut sanggup dilakukan secara mekanis maupun kimiawi. Penyiangan ini sanggup dilakukan setiap 3 bulan sekali.

  • Pembumbunan

    Setelah proses pemanenan, lakukan pembubunan. Cabang, dahan serta ranting yang letaknya bersahabat dengan tanah ditimbun kembali setinggi 10-15 cm.

  • Pemangkasan

    Setelah tumbuhan berumur 3 bulan lakukan pemangkasan. Pemangkasan tersebut dilakukan pada cabang tingkat 3 keatas. Pemangkasan atau penjarangan ini dilakukan semoga tumbuhan terhindar dari hama dan penyakit.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Nilam Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa


Baca Artikel Lainnya :


/su_spoiler]

Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Nilam Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel