Cara Beternak Atau Budidaya Kroto Dengan Mudah Dan Menghasilkan Keuntungan Besar

Cara Beternak Kroto Dalam Toples Dengan Mudah Dan Menghasilkan Keuntungan Besar


Hai Sahabat……Kali ini kita akan membahas wacana Cara membudidayakan Kroto atau larva semut rangrang. untuk lebih jelasnya simak klarifikasi berikut ini.


Semut rangrang atau Kerangga (Oecophylla) yaitu jenis semut yang mempunyai ukuran agak besar dah hidup secara berkoloni. Semut rangrang populer dengan kemampuan yang sanggup menciptakan anyaman untuk sarangnya.


Cara Beternak Kroto Dalam Toples Dengan Mudah Dan Menghasilkan Keuntungan Besar Cara Beternak Atau Budidaya Kroto Dengan Mudah Dan Menghasilkan Keuntungan Besar



Klasifikasi ilmiah Rangrang

Kerajaan: Animalia

Filum: Arthropoda

Kelas: Insecta

Ordo: Hymenoptera

Famili: Formicidae

Upafamili: Formicinae

Bangsa: Oecophyllini

Genus: Oecophylla


Rangrang banyak dimanfaatkan oleh insan untuk pakan kicau peliharaan mereka, rangrang yang di gunakan untuk pakan yaitu rangrang yang masih dalam bentuk larva yang sering disebut dengan kroto. Karena itu banyak orang yang melaksanakan budidaya semut rangrang dan sanggup menghasilkan laba tambahan. Dalam budidaya kroto harus disiapkan sangkar atau sarang buatan, sarang buatan tersebut sanggup dibentuk dari toples, paralon, bambu atau yang lainnya.


Cara Beternak Kroto Dalam Toples Dengan Mudah Dan Menghasilkan Keuntungan Besar Cara Beternak Atau Budidaya Kroto Dengan Mudah Dan Menghasilkan Keuntungan Besar


Berikut yaitu tahapan untuk budidaya kroto dengan media sangkar atau sarang buatan mengunakan toples:

Cara Beternak Kroto Dalam Toples Dengan Mudah Dan Menghasilkan Keuntungan Besar Cara Beternak Atau Budidaya Kroto Dengan Mudah Dan Menghasilkan Keuntungan Besar



  • Menyiapkan bibit

    Bibit bisa didapatkan melalui tangkapan pribadi di alam atau membelinya pada petani kroto yang lain.

  • Mempersiapkan kandang

    Kandang untuk media ternak kroto sanggup dibentuk dengan memakai toples , paralon, bambu atau yang lainnya.

    Berikut yaitu cara menciptakan sarang buatan atau sangkar untuk budidaya kroto memakai toples:

    1. Siapkan Toples dengan ukuran yang agak besar atau besar kemudian lubangi bab bawah toples dengan diameter sekitar 7 cm. Lalu siapkan nampan, nampan tersebut diletakkan pada posisi datar kemudian di isi dengan air 1/2 bagian, di tengah nampan letakkan watu bata untuk meletakkan toples nantinya. kemudian tutup lubang yang kita buat tadi pada toples memakai lakban.

    2. Setelah sarang siap, masukan bibit koloni dalam toples dan pastikan anggota koloni lengkap kemudian tutup toples dengan rapat. Letakkan toples yang sudah berisikan bibit koloni kroto di bata pada nampan yang berisi air dengan posisi terbalik dengan bab toples yang dilubangi tadi berada dibagian bawah, sehabis posisi toples dalam posisi tegak lepaskan lakban yang dipakai untuk menutup lubang semoga semut bebas mencari makanan.

  • Makanan 

    Makanan kroto biasanya berupa serangga mati ibarat ulat, jangkrik, kecoa atau sisa-sisa makanan. Disamping itu kroto juga membutuhkan nutrisi aksesori yaitu berupa air gula dengan sedikit madu.

  • Panen

    Jika pembudidayaan dilakukan dengan benar maka dalam waktu sekitar 2 sampai 3 bulan kroto sudah sanggup di panen.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Beternak Atau Budidaya Kroto Dengan Mudah Dan Menghasilkan Keuntungan Besar“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Beternak Atau Budidaya Kroto Dengan Mudah Dan Menghasilkan Keuntungan Besar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel