15 Manfaat dan Khasiat Daun Salam Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Penjelasan, Klasifikasi, Serta Manfaat dan Khasiat Daun Salam Bagi Kesehatan Dan Kecantikan


Hai Sahabat…Kali ini kita akan membahas ihwal Manfaat dari Daun Salam. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.


Salam atau Daun Salam (Syzygium polyanthum) ialah salah satu tumbuhan penghasil daun rempah yang biasa dipakai dalam kuliner nusantara, dalam bahasa inggris daun salam dikenal dengan Indonesian laurel atau Indonesian bay-leaf.

Pohon tumbuhan salam sanggup tumbuh dengan ketinggian 30 meter dan gemang sekitar 60 meter. Kulit batang pohonnya mempunyai warna cokelat abu-abu bersisik atau memecah. Daunnya tunggal terletak berhadapan pada tangkai sekitar 12 mm. Daun salam mempunyai bentuk jorong lonjong atau jorong sempit (lanset).


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Myrtales

Famili: Myrtaceae

Genus: Syzygium

Spesies: S. polyanthum


Kandungan Daun Salam antara lain 0,17% minyak esensial dengan komponen eugenol dan methyl chavicol (metil kavikol), ekstrak etanol dari daun salam mempunyai imbas anti basil dan anti jamur sedangkan ekstrak metanol mempunyai imbas anticacing. Selain itu terdapat senyawa lain dalam tumbuhan salam ialah minyak atsiri, tannin, flavonoid, vitamin c, vitamin a, asam folat, dan juga mineral menyerupai kalsium, kalium, zat besi, mangan, tembaga, magnesium, selenium, seng dan zat/senyawa lainnya.


Karena kandungan tersebut, daun salam mempunyai beberapa manfaat lain selain sebagai bumbu dapur, berikut ialah manfaat atau khasiat dari daun salam:

Dapat mensugesti kardiovaskuler

Senyawa menyerupai salisilat, rutin, fitonutrien dan asam caffeic dalam daun salam sanggup membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah terjadinya stroke. Selain itu, kandungan flavonoid dalam daun salam sanggup membantu menormalkan darah pada penderita darah tinggi atau hipertensi. Caranya: basuh sekitar 10 lembar daun salam kemudian rebus dengan 3 gelas air, sehabis itu minum sekali sehari.

Dapat meredakan rasa sakit

Daun salam yang diekstrak menjadi minyak mengandung sifat anti inflamasi yang sanggup mengurangi rasa sakit akhir arthritis, keseleo, rematik, nyeri dabn strain, selain itu minyak daun salam sanggup membantu mengurangi atau meringankan migran dan sakit kepala.

Dapat membantu mengobati diabetes

Daun salam sanggup membantu mengobati 2 jenis diabetes yang ada, dengan mengkonsumsi daun salam sanggup menurunkan kadar kolesterol, gula ddarah, dan trigliserida. Selain itu kandungan anti oksidan dalam daun salamdapat membantu memproses insulin secara efektif.

Dapat membantu mengobati batuk

Dalam kasus gangguan pernafasan menyerupai batuk,pilek, flu dan abses jalan masuk pernapasan lainnya, daun salam sanggup membantu mengatasi caranya : rebus 2 atau 3 lembar daun dalam air biar kan menguap selama sekitar 10 menit, sehabis itu rendam kain dalam air kemudian lebakkan kain tersebut pada dada untuk mengurangi problem pernapasan tersebut.

Dapat mencegah kanker

Kandungan asam caffeic, quercetin, euganol dan catechin dalam daun salam yang bersifat pelindung dan memberi pelawanan terhadap aneka macam kanker. Selain itu daun salam mengandung phytonutrien atau parthenolide yang khusus sanggup menahan proliferasi sel kanker serviks.

Dapat sebagai pengusir serangga

Kandungan asam laurat dalam daun salam sanggup menjadi obat nyamuk alami dan juga minyak ekstrak daun salam sanggup mengurangi gigitan dan sengatan serangga kalau dioleskan.

Dapat mengobati asam urat

Daun salam sanggup membantu mengobati asam urat, caranya Rebus sekitar 10 lembar daun salam dengan 10 gelas air sampai tersisa separuhnya. Kemudian minum sebanyak 2x sehari.

Dapat membantu mengobati gangguan ginjal

Gangguan ginjal menyerupai abses ginjal sampai watu ginjal, daun salam sanggup membantu mengobatinya. Caranya Rebus sekitar 5 gr daun salam dalam 200 ml air sampai bersisa sekitar 50 ml air saja. Selanjutnya minum 2x sehari guna menghidari pembentukan watu ginjal.

Dapat membantu mengatasi kutu rambut

Daun salam sanggup membantu mengatasi problem kutu rambut, caranya rebus sekitar 50 gr daun salam dengan 400 ml air hingg air menjadi 100 ml saja, kemudian saring dan pakaikan air pada rambut, tunggu sampai 3 atau 4 jam supaya kutu rambut sanggup teratasi.

Dapat meredakan kulit stres

Jika kulit stres maka kulit akan keriput, daun salam sanggup membantu mengurangi problem kulit stres tersebut sehingga mencegah terjadinya kulit keriput, caranya Rebus daun salam kering sekitar 5 lembar dengan 2 gelas air pada wadah tertutup, kemudian tutp di buka dan biarkan mendidih sekitar 2 menit, kemudian letakkan air rebusan pada wadah atau mangkuk besar kemudian hirup uapnya, tapi jangan lupa tutup rambut dengan handuk.

Dapat mengatasi rambut rontok dan ketombe

Minyak ekstrak daun salam sanggup dijadikan tonic yang efektif mengatasi problem rambut rontok dan ketombe. Selain minyaknya air bilasan daun salam pu efektif.


Demikian artikel pembahasan tentang”15 Manfaat dan Khasiat Daun Salam Bagi Kesehatan Dan Kecantikan“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "15 Manfaat dan Khasiat Daun Salam Bagi Kesehatan Dan Kecantikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel