Cara Dan Tips Menanam Mangga Agar Cepat Berbuah

Cara Dan Tips Mudah Menanam Mangga Agar Cepat Berbuah


Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas wacana Cara Menanam Mangga Agar Cepat Berbuah. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.


Mangga (Mangifera indica) atau Mempelam yaitu nama sejenis buah dan sekaligus nama pohon yang termasuk ke dalam marga Mangifera dan suku Anacardiaceae. Buah mangga termasuk kedalam kelompok buah watu yang berdaging dengan mempunyai ukuran dan bentuk yang berbeda-beda bergantung pada spesiesnya, mulai dari bulat, bundar telur hingga lonjong memanjang Panjang buah berkisar antara 2,5–30 cm. Kulit buah mengga agak tebal berbintik kelenjar berwarna hijau, kekuningan atau kemerahan ketika masak. Daging buah kalau masak berwarna merah jingga, kuning atau krem, berserabut atau tidak, elok hingga masam dengan banyak air dan berbau besar lengan berkuasa hingga lemah.


Mangga merupakan salah satu buah yang banyak digemari orang alasannya rasanya yang elok dan masam segar, mangga banyak di komsumsi secara eksklusif ataupun dibentuk aneka masakan dan minuman ibarat rujak, jus ataupun yang lain. Selain, alasannya rasanya mangga dikonsumsi alasannya banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Tak heran kalau mangga sekarang banyak di tanam ataupun di budidayakan, alasannya banyak orang yang suka mendapat hasil secara cepat maka untuk menanam mangga sebaiknya menanam dengan bibit hasil cangkok. Berikut yaitu cara menanam mangga biar cepat berbuah :


a. Persiapan bibit

Bibit yang akan di tanam sebaiknya dipersiapkan dahulu, kalau mempunyai keahlian anda sanggup menciptakan bibit cangkok sendiri sehingga anda sanggup memastikan bibit tersebut benar-benar berasal dari cabang pohon yang baik. Tapi apabila anda tidak bisa, anda sanggup membelinya di toko tanaman. Pilihlah bibit yang unggul untuk mendapat hasil yang baik degan ciri mempunyai batang tegak, subur, belum mempunyai banyak cabang dan pastinya pilih bibit yang tidak terjangkit hama penyakit.


b. Persiapan Lahan Tanam Dan Penanaman

Jika sudah memiiki bibit selanjutnya siapkan lahan untuk penanaman. Lakukan pembukaan lahan dengan cara membersihkan lahan yang akan dipakai untuk menanam dari tumbuhan yang nantinya akan mengganggu pertumbuhan tumbuhan buah mangga, sesudah higienis lakukan penggemburan (jika perlu). Lalu buatlah lubang tanam dengan bentuk persegi berukuran 1 meter pada setiap sisinya, gali tanah 1/2 meter terlebih dahulu, kemudian gali 1/2 meter lagi. Pada bab bawah lubang yang telah dibuat, beri pupuk dasar berupa pupuk sangkar dan tutup kembali, kemudian biarkan selama tiga hari. Beri jarak antar setiap lubang tanam sekitar 10 meter.


c. Penanaman Pohon Mangga

Setelah 3 hari, lubang yang telah ditutup dan di beri pupuk digali lagi untuk ditanami bibit pohon mangga. Buatlah lubang dengan lebar 60 centi meter dan kedalaman 30 centi meter. Setelah itu lubang diberi taburan furadan dahulu. Selanjutnya, buang atau lepaskan polybag pada bibit kemudian pindahkan bibit secara hati hati kedalam lubang. Timbun kembali lubang dengan tanah, kemudian lakukan penyiraman.


d. Perawatan Tanaman

Penyiraman, Lakukan penyiraman secara rutin pada pagi hari dan sore hari.

Penyiangan, Lakukan penyiangan pada tempat sekitar pohon mangga biar pertumbuhannya tidak terganggu.

Pemangkasan atau pruning, lakukan pemangkasan pada cabang,daun, dan ranting pohon biar tumbuhan pohon mangga sanggup terangsang untuk berbuah cepat.

Penggemburan, Lakukan penggemburan tanah yang mulai mamadat di sekitar pohon.

Pemupukan, pastikan anda benar-benar paham soal pemupukan alasannya ada banyak banyak sekali jenis pupuk yang perlu diberikan pada tumbuhan dan jangka waktunya berbeda-beda.

Pengendalian hama penyakit, pengendalian hama dan penyakit perlu dilakukan alasannya tumbuhan niscaya berisiko terjangkit hama penyakit.

Selain itu, lukai kulit kayu pohon dengan cara memaku, mengerok, mencacah atau mengiris kulit kayu sekitar 3 cm hingga 5 cm dari permukaan tanah, bor batang utama dengan diameter sebesar pensil. Tujuan dilakukan ini yaitu supaya nutrisi yang dihasilkan tumbuhan sanggup terfokus pada produksi pembuahan; Mengerat kulit pohon secara melingkar, hingga pohon terlihat kayunya. Tujuan dilakukan ini yaitu untuk mengambat pengangkutan zat masakan hasil fotosintesis sehingga terjadi penumpukan zat masakan dan diperlukan sanggup memicu tumbuhnya bunga.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Dan Tips Menanam Mangga Agar Cepat Berbuah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa





Belum ada Komentar untuk "Cara Dan Tips Menanam Mangga Agar Cepat Berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel