15 Panduan Lengkap Cara Budidaya Nanas Dengan Hasil Melimpah Dan Berkualitas Tinggi

15 Panduan Lengkap Cara Budidaya Nanas Dengan Hasil Melimpah Dan Berkualitas Tinggi


Nanas, ananas, atau nenas (Ananas comosus) Adalah salah satu jenis tumbuhan buah tropis yang berasal dari Paraguay, Brazil, dan Bolivia. Nanas masuk dalam famili Bromeliaceae.


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Plantae

(tidak termasuk): Angiospermae

(tidak termasuk): Monokotil

(tidak termasuk): Commelinids

Ordo: Poales

Famili: Bromeliaceae

Upafamili: Bromelioideae

Genus: Ananas

Spesies: A. comosus


Buah nanas banyak diminati oleh masyarakat baik itu lokal maupun internasional. Kaprikornus kalau anda ingin mencoba peruntungan dengan cara membudidayakannya tidak masalah, namun anda harus benar-benar menyiapkan beberapa hal uyang [pastinya akan menunjang kesuksesan budidaya anda dengan baik. Berikut yaitu cara Budidaya Nanas:


Syarat Tumbuh

Lahan yang baik untuk budidaya nanas yaitu lahan yang terletak pada 30°LU dan 30°LS. Curah hujan yang baik yaitu sekitar 600-3500 mm/tahun. Kelembaban tanah juga sangat besar lengan berkuasa untuk tumbuhan nanas alasannya yaitu kalau tanah terlalu lembab pada masa awal pembungaan nanas, maka sanggup menghambat pertumbuhan daun dan buah. Suhu yang baik untuk menanam nanas yaitu sekitar 29°c-32°C. Tanah yang baik untuk menanam nanas yaitu jenis tanah yang mengandung pasir alasannya yaitu jenis tanah ini akan memberi nutrisi yang diharapkan nanas. Usahakan pilihlah lahan yang mengandung kapur rendah.

Lakukan pengolahan tanah terlebih dahulu pada lahan yang akan ditanami nanas, gemburkan tanah lahan, singkirkan batu-batu yang ada pada tanah lahan tanam juga gulma atau tumbuhan penggangu lainnya biar memperbaiki sirkulasi udara pada tanah.


a. Perkecambahan Batang Stek

Bibit nanas diperoleh dengan melaksanakan stek batang, Lakukan perkecambahan pada potongan batang stek tumbuhan nanas dengan memakai media tepung biar akar cepat tumbuh. Lakukan penanaman batang stek tersebut pada media perkecambahan dengan kedlaman 1 atau 2 cm dan jarak antar benih sekitar 5 hingga 10 cm. Agar kelembaban terjaga dan sirkulasi udara lahan persemaian baik, tutup media perkecambahan dengan mulsa plastik bening. Setelah 1 ahad tunas dan akar pada stek batang akan mulai tumbuh.


b. Persemaiaan Bibit

Setelah stek batang sudah tumbuh akar dan tunas selanjutnya lakukan penyemaian. Siapkan dahulu media tanam berupa adonan dari tanah halus, pupuk sangkar yang telah matang dan pasir dengan perbandingan 1:1:1. Setelah media semai siap selanjutnya pindahkan stek batang nanas. Lakukan penyiraman secara rutin pada pagi hari dan soire hari secara terencana biar stek batang tetap lembab. Agar bertambah maksimal pertumbuhannya maka lakukan pemupukan sebulan sekali dengan pupuk kandang. Setelah sekitar 3 hingga 5 bulan atau telah mempunyai tinggi sekitar 25cm-30cm, bibit stek batang nanas sanggup dipindahkan pada lahan tanam.


c. Lahan Tanam

Lakukan pencucian gulma dan tumbuhan pengganggu lainnya pada lahan tanam yang nantinya akan dijadikan lahan budidaya nanas. Kemudian gemburkan tanah memakai cangkul dengan kedalaman sekitar sekitar 30 cm kemudian diamkan selam 15 hari biar racun yang terdapat dalam tanah hilang terbawa angin. pH tanah yang baik untuk menanam nanas yaitu sekitar 5 atau 6, namun kalau tanah terlalu asam maka lakukan pengapuran dengan memakai dolomit dengan takaran 2-3/ha lahan.

Selanjutnya, buatlah bedengan dengan lebar sekitar 100 hingga 120 cm, tingginya sekitar 40 hingga 50 cm dan panjangnya sanggup diadaptasi lahan tanam, Beri jarak antar bedengan sekitar 80 hingga 100 cm untuk terusan drainase serta biar lebih gampang dalam melaksanakan perawatan. Kemudian lakukan pemupukan dasar dengan pupuk sangkar pada bedengan. Untuk satu hektar lahan dinbutuhkan sekitar 20 ton pupuk kandang. Diamkan lahan tanam sekitar 15 hari biar pupuk sanggup terserap dengan baik oleh tanah. Setelah itu, buatlah lubang tanam dengan ukuran 30cmx30cmx30cm dengan tugal.


d. Penanaman Tanaman Nanas

Setelah semua siap lakukan penanaman, Masukkan bibit stek batang nanas dalam lubang tanam yang telah dibentuk kemudian timbun kembali dengan tanah (Usahakan jangan terlalu dalam melaksanakan penanamannya cukup sekitar 3-5 cm pangkal bibit stek yang tertimbun)lalu padatkan biar bibit tidak gampang roboh. Setelah akibat melaksanakan penanaman selanjutnya lakukan penyiraman secukupnya.


e. Pemeliharaan Tanaman Nanas



  • Penyulaman

    Setelah tumbuhan nanas berumur sekitar 1 hingga 2 bulan maka lakukan penyulaman yaitu mengganti tumbuhan nans yang mati atau tidak tumbuh dengan baik dengan tumbuhan yang baru.

  • Penyiangan

    Penyiangan juga perlu dilakukan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang akan mengganggu pertumbuhan tanama nanas.

  • Pembubunan

    Pembubunan dilakukan untuk memperbaiki keadaan tanah serta menutup kembali akar tumbuhan nanas yang muncul ke permukaan.

  • Pemupukan Susulan

    Pemupukan susulan pertama dilakukan sehabis tumbuhan berumur sekitar 2 hingga 3 bulan sehabis tanam. Pemupukan selanjutnya dilakukan setiap 3 hingga 4 bulan sekali hingga tumbuhan berbunga. Jenis pupuk yang dipakai antara lain Pupuk kandang, ZA,SP-36 dan NPK.

  • Pengairan dan Penyiraman

    Lakukan penyiraman seminggu sekali terutama pada demam isu kemarau, sehabis tumbuhan dewasa, penyiraman cukup dilakukan 2 ahad sekali.


f. Pemanenan

Nanas sanggup dipanen sehabis berumur 1 hingga 2 tahun sehabis tanam tergantung varietas jenis nanas yang ditanam. Ciri nanas yang sudah sanggup dipanen, ibarat berikut: Mahkota buah telah terbuka , tangkai buah telah mengkerut, sudah mempunyai aroma yang khas, buahnya telah mulai menguning, serta mata buah sudah bulat, besar dan lebih mendatar. Cara memanennya yaitu dengan cara memotong miring pangkal tangkai buah.


Demikian artikel embahasan tentang”15 Panduan Lengkap Cara Budidaya Nanas Dengan Hasil Melimpah Dan Berkualitas Tinggi“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. hingga jumpa




Belum ada Komentar untuk "15 Panduan Lengkap Cara Budidaya Nanas Dengan Hasil Melimpah Dan Berkualitas Tinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel