Panduan Lengkap Budidaya Jeruk Lemon Yang Kaya Akan Manfaat

Panduan Lengkap Cara Menanam Dan Budidaya Jeruk Lemon Yang Kaya Akan Manfaat Dengan Mudah


Jeruk Lemon atau Sitrun atau Limun ialah salah satu jenis jeruk yang banyak tumbuh di tempat beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin, mempunyai pohon berukuran sedang dengan ketinggian mencapai 6 meter. Buah ini biasa digunakan sebagai penyedap dan penyegar dalam seni tata boga, untuk dibentuk minuman dan masih banyak yang lainnya. Lemon mempunyai banyak kandungan ibarat vitamin C yang tinggi, kalium, natrium dan lainnya sehingga lemon mempunyai banyak manfaat selengkapnya sanggup dibaca di


Lemon – Pengertian, Klasifikasi, Kandungan Gizi  dan Manfaat Lemon


Karena kandungan serta manfaat yang terdapat dalam jeruk lemon maka banyak orang yang mulai menanam atau membudidayakan jeruk lemon tersebut, Berikut ialah cara budidaya atau menanam jeruk lemon:


a. Syarat Tumbuh



  • Pastikan lahan tanam yang akan digunakan untuk menanam atau budidaya mempunyai tanah yang gembur dan mempunyai kandungan unsur organik yang baik sehingga tumbuhan lemon sanggup tercukupi nutrisinya.

  • Lahan tanam mendapat asupan sinar matahari yang cukup

  • Lahan tanam terbebas dari gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya

  • Lahan tanam mempunyai tanah dengan tingkat garam rendah


b. Persiapan Lahan Tanam

Seperti halnya menanam tumbuhan jeruk yang lain, perlu menyiapkan lahan tanam yang cukup luas untuk menanam jeruk lemon. Lalu buatlah undukan tanah yang nantinya akan ditanami bibit dan beri jarak antar tumbuhan yang satu dengan yang lain.

Pilihlah cara penanaman yang sempurna dengan memperhatikan arah mata angin biar sinar matahari sanggup pribadi menyinari tumbuhan lemon secara langsung. Pastikan biar air tidak menggenangi tumbuhan dengan cara menciptakan parit-parit kecil diantara baris tumbuhan jeruk lemon sebagai tempat mengalirnya air sewaktu hujan sebab jikalau air menggenang akan menurunkan kualitas lemon yang dihasilkan. Dan jangan lupa pula perhatikan kedalaman lubang tanam dengan menyesuaikannya akar bibit.


c. Pembibitan

Bibit bisa diperoleh dengan cara membeli bibit yang telah terjamin kualitas serta diakui secara legal oleh negara di toko pertanian. Bibit yang akan ditanam perlu diperhatikan kualitasnya sebab kualitas bibit akan mempengaruhi jeruk lemon yang dihasilkan.


d. Penanaman Tanaman Jeruk Lemon

Penanaman jeruk lemon sanggup ditanam kapan saja sebab intinya tumbuhan jeruk bisa hidup di segala musim, asal syarat tumbuh terpenuhi dan juga penanamannya dilakukan dengan cara yang tepat. Penanaman dilakukan dengan cara menancapkan bibit pada undukan yang telah dibuat, pastikan tumbuhan jeruk lemon yang telah ditanam mendapat sinar matahari serta air yang cukup.


e. Perawatan Tanaman

Perawatan tumbuhan sangat penting untuk memilih hasil panen. Lakukanlah pemupukan maksimal sebanyak 4 kali dalam setahun dengan memakai adonan atau kombinasi antara pupuk kandang, pupuk kompos, TPK, dan ZK, derma pupuk tersebut harus diberikan dengan takaran dan pada waktu yang tepat. Lakukan pula pemberantasan hama dan penyakit yang menyerang tumbuhan jeruk lemon ibarat ulat, lalat buah, tungau, dan masih banyak lainnya, Anda bisa melaksanakan pemberantasan hama penyakit tersebut dengan cara menciptakan jebakan atau melaksanakan penyemprotan pestisida. Agar meningkatkan jumlah cabang sehingga produktivitas tumbuhan jeruk lemon meningkat maka perlu dilakukan penebangan terhadap sebagian batang utama tanaman. Jumlah buah terlalu banyak pada demam isu panen pertama juga perlu di pangkas untuk produktivitas buah pada tahun mendatang.


f. Pemanenan Jeruk Lemon

Pastikan jeruk lemon benar-benar matang jikalau akan dipanen sebab jeruk merupakan buah yang hanya sanggup mematangkan diri pada pohon dan apabila dipetik maka akan terhenti proses pematangannya. Usia ideal jeruk lemon untuk memanen ialah sekitar 30 sampai 36 minggu.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Budidaya Jeruk Lemon Yang Kaya Akan Manfaat“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Budidaya Jeruk Lemon Yang Kaya Akan Manfaat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel