Cara Budidaya Toge Dengan Mudah Dan Cepat Panen

Panduan Lengkap Cara Budidaya Toge Atau Kecambah Dengan Mudah Dan Cepat Panen


Toge atau Kecambah yaitu tumbuhan yang berkembang secara embrionik didalam biji. Toge atau kecambah ini mempunyai beberapa cuilan yaitu akar embrio atau radikula, hipokotil dan daun forum atau kotiledon. Toge atau kecambah mempunyai ciri khas yaitu akar tunggang yang sangat lembut serta batang dan daunnya sanggup dikonsumsi. Jika anda ingin membudidayakan toge atau kecambah ini, berikut yaitu ulasan cara budidaya toge atau kecambah secara lengkap:


a. Media Tanam Toge

Untuk melaksanakan budidaya toge anda harus tau media tanam yang akan anda gunakan. Pada umumnya melaksanakan budidaya toge tidak begitu sulit dalam menentukan media tanam, lantaran tumbuhan toge sanggup menyesuaikan dengan kondisi media tanam yang ada baik itu yang terlalu hambar maupun yang terlalu panas. Anda sanggup melaksanakan penanaman tanamn toge dengan sistem rumah kaca, memakai media botol yang memakai kapas atau juga sanggup memakai baki.

Dalam melaksanakan penanaman toge anda harus menyiapkan alat dan materi untuk menanam toge atau kecambah tersebut. Jika anda membudidayakan dengan mementingkan aspek fleksibelitas maka anda sanggup membudidayakan toge atau kecambah dengan media baki. Menanam atau budidaya toge atau kecambah paling sering dilakukan indoor lantaran jikalau menanam outdoor atau diluar ruangan beresiko tinggi gagal lantaran faktor cuaca. Dalam budidaya indoor toge atau kecambah ini, hal yang diharapkan antara lain yaitu satu buah baki berukuran sedang atau sesuai dengan jumlah serta kebutuhan kecambah/toge; kapas untuk ganjal baki dan berkembang toge; siapkan juga kacang hijau dan air sesuai kebutuhan.


b. Pemilihan Bibit Kecambah Atau Toge

Pemilihan bibit yang baik akan menghipnotis juga hasil toge yang dibudidayakan. Misalnya anda menentukan kacang hijau sebagi bibit toge maka, Pilihlah bibit dari kacang hijau yang mempunyai warna hijau mengkilat serta tidak cacat, jangan pilih bibit kacang hijau yang mempunyai warna kecokelatan juga busuk.


c. Proses Kultivasi

Setelah bibit dipilih selanjutnya masuk kedalam proses kultivasi. Sebelum dilakukan kultivasi, bibit kacang hijau dicuci dahulu sampai bersih, sesudah higienis barulah rendam bibit kacang hijau selama sekitar 24 jam. Kemudian anda harus enyiapkan baki dengan kapas yang telah diletakkan menyeluruh pada cuilan baki, sesudah itu kapas disiram dengan air biar basah. Masukkan bibit kacang hijau yang sudah direndam selama kurang lebih 24 jam ke dalam baki, atur jarak bibi usahakan jangan terlalu dekat. Kemudian letakkan baki pada kawasan yang terkena caaya matahari biar bibit sanggup tumbuh dan berkembang dengan cepat.


d. Pemanenan Toge atau Kecambah

Setelah melaksanakan serangkaian tahap, selanjutnya yaitu pemanenan. Anda sanggup memanen toge atau kecambah sesudah toge atau kecambah tersebut mempunyai ukuran 0,5 cm sampai 1 cm atau ketika kecambah atau toge tersebut sudah mempunyai akar tunggang. Cara memanen toge atau kecambah tersebut yaitu dengan cara mencabut toge tanpa merusak cuilan akar serta batangnya. Setelah pemanenan, toge atau kecambah tersebut ditempatkan pada kawasan yang lembab biar tidak gampang layu dan kering.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Toge Dengan Mudah Dan Cepat Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Toge Dengan Mudah Dan Cepat Panen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel