Cara Menanam Pisang Agar Cepat Berbuah Dan Menghasilkan Pisang Yang Berkualitas Tinggi

Panduan Lengkap Cara Budidaya Dan Menanam Pisang Agar Cepat Berbuah Dan Menghasilkan Pisang Yang Berkualitas Tinggi


Pisang merupakan tumbuhan yang berasal dari suku Musaceae. Biasanya buah ini tersusun dalam bentuk tandan. Buah ini sangat gampang ditemukan di tempat beriklim tropis basah, panas dan lembab. Pada ketika ekspresi dominan kemarau biasanya menciptakan tanah kering dan jumlah air dalam tanah berkurang, tapi pohon pisang masih sanggup tumbuh alasannya batang pohon pisang tersebut mengandung banyak air tetapi tidak sanggup diperlukan produksinya. Pohon pisang hanya sanggup memproduksi buah sekali dalam hidupnya.


Pada umumnya buah pisang mempunyai kulit buah berwarna hijau ketika belum masak dan mempunyai kulit buah berwarna kuning ketika sudah masak tetapi ada juga kulit pisang ada yang berwarna hampir hitam,merah,jingga,ungu,bahkan ada juga pisang yang sempurna mempunyai kulit berwarna hijau hingga masak. Terdapat banyak jenis buah pisang yang ada menyerupai pisang susu, pisang muli, dan masih bangyak lagi. Selengkapnya sanggup anda baca di  Jenis-Jenis Pisang Konsumsi dan Manfaatnya


Budidaya pisang sanggup menjadi salah satu potensional peluang perjuangan yang menjanjikan alasannya kebutuhan pasar yang cukup tinggi akan pisang. Kali ini kita akan membhas ihwal Cara budidaya pisang yang baik dan benar. Berikut ini adalah cara budidaya pisang :


a. Syarat tumbuh

Pisang sanggup tumbuh baik di wilayabh tropis dan pada tempat dataran rendah maupun dataran tinggi hingga 2500 mdpl dengan curah hujan sekitar 1500-3000 mm/tahun, Tanah yang baik untuk menanam pisang yakni tanah gembur yang banyak mengandung humus dengan ph netral yaitu 7.


b. Bibit

Pembibitan pisang biasanya dilakukan dengan cara vegetatif atau dengan tunas. Agar hasil panen maksimal maka bibit yang ditanam juga harus bibit yang baik.


c. Lahan Tanam

Lahan yang nantinya untuk budidaya pisang sebaiknya dilakukan pengolahan. Bersihkan dahulu lahan tanam dari gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya, lalu gemburkan tanah pada lahan dengan cara dibajak atau di cangkul. Setelah itu, untuk menambah kandungan unsur hara pada tanah lahan tanam maka lakukan pemupukan memakai pupuk kandang, lalu diamkan lahan selama seminggu semoga pupuk sanggup terserap baik oleh tanah. Selanjutnya, buatlah lubang tanam untuk menanam bibit pisang dengan ukuran sekitar 30cmx30cmx40cm dengan jarak antar lubang sekitar 3mx3m, sehabis lubang dibentuk buatlah parit disekitar lubang tanam semoga ketika hujan tumbuhan tidak tergenang dan drainase lahan baik.


d. Penanaman Tanaman Pisang

Setelah lahan Tanam dan bibit siap, selanjutnya lakukan penanaman. Masukkan bibit pisang dalam lubang tanam yang telah dibentuk dengan posisi tegak lalu timbun kembali dengan tanah. penanaman baik dilakukan pada awal ekspresi dominan hujan atau pada sekitar bulan september atau bulan oktober.


e. Pemeliharaan Tanaman Pisang

Setelah penanaman selanjutnya perlu dilakukan pemeliharaan terhadap tumbuhan pisang menyerupai penyiangan, pemangkasan, Pengairan dan pemupukan susulan.



  1. Penyiangan

    Lakukanlah penyiangan pada gulma atau tumbuhan penggangu lainnya disekitar tumbuhan pisang semoga tumbuhan pisang tidak berebut nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dengan gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya.

  2. Pemangkasan

    Lakukan juga pemangkasan pada daun pisang yang kering semoga pohon pisang sanggup tumbuh dengan maksimal.

  3. Pengairan

    Lakukan pengairan atau penyiraman terhadap tumbuhan pohon pisang terutama pada ketika ekspresi dominan kemarau.

  4. Pemupukan Susulan

    Setelah tumbuhan menginjak umur sekitar 6 bulan, lakukanlah pemupukan susulan semoga unsur hara dalam tanah lahan tanam tetap terjaga. Lakukan juga sumbangan pupuk perangsang buah semoga pisang cepat berbuah.


Pemeliharaan juga dilakukan ketika tumbuhan pisang telah berbuah yaitu menyerupai ketika tandan pisang telah maksimal atau telah mempunyai 5 hingga 7 sisir pisang, lakukanlah pemotongan terhadap jantung pisang, lalu bungkus tandan buah pisang dengan karung atau plastik.


f. Pemanenan Pisang dan Pasca Panen

Pisang sanggup dipanen ketika buah sudah berubah warna dari hijau menjadi kuning. cara pemanenan pisang yaitu dengan memotong tandan pisang memakai pisau atau yang lain. Kemudian pisang yang telah dipanen diletakkan terbalik semoga getah tidak mengotori buah.


Setelah pemanenan, Potong pohon pisang hingga umbinya alasannya pohon pisang hanya sanggup berbuah sekali. untuk penanaman selanjutnya tunggu kembali sekitar 5 tahun semoga tanah sanggup mengembalikan kesuburan serta sanggup menjaga produktivitas tumbuhan pisang.


demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Pisang Agar Cepat Berbuah Dan Menghasilkan Pisang Yang Berkualitas Tinggi“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. hingga Jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Pisang Agar Cepat Berbuah Dan Menghasilkan Pisang Yang Berkualitas Tinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel