Cara Menanam Sengon (Albasia) Yang Benar Agar Cepat Tumbuh Dan Panen

Panduan Lengkap Cara Budidaya Sengon (Albasia) Yang Benar Agar Cepat Tumbuh Dan Panen


Sengon atau Albasia yakni salah satu jenis kayu yang mempunyai bernilai ekonomi yang cukup tinggi.Pohon sengon ini sanggup mencapai ketinggian sekitar 30 meter – 45 meter dengan diameter sekitar 70cm-80cm. Kayu sengon banyak dimanfaatkan untuk menciptakan tiang bangunan rumah, pagar, tangkai korek api, kertas, perabotan rumah tangga dan lain sebagainya.


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Plantae

(tidak termasuk): Angiospermae

(tidak termasuk): Eudikotil

(tidak termasuk): Rosidae

Ordo: Fabales

Famili: Fabaceae

Genus: Albizia

Spesies: A. chinensis


Melakukan budidaya sengon sanggup dijadikan prospek perjuangan yang cukup bagus, Berikut yakni Cara Budidaya Sengon atau Albasia:


a. Persiapan Bibit Sengon

Menanam sengon membutuhkan kesabarab dan ketelatenan yang tinggi. Biasanya budidaya segon dilakukan melalui biji. Biji untuk budidaya jumlahnya tergantung dengan luas lahan tanam. Biji yang akan dibudidaya supaya cepat berkecambah, biji direndam dulu dalam air mendidih sekitar 15 sampai 30 menit, kemudian didinginkan dalm air hambar selama sekitar 24 jam.


b. Memilih Lokasi Penanaman Dan Persiapan Lahan Tanam

Lokasi penanaman sangatlah menentukan keberhasilan pertumbuhan sengon. Pilihlah lokasi lahan tanam yang datar serta mempunyai sumber air yang gampang di jangkau, tanahnya subur tidak mengandung tanah liat, dan pastinya lokasi bersahabat denganjalan sehingga gampang ketika mengangkut hasil panennya.


Setelah menentukan lokasi lahan tanam, lahan tanam yang telah ditentukan tersebut dibersihkan dari gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang sanggup mengganggu pertumbuhan sengon. dalam mempersiapkan lahan ada 3 cara yaitu cara mekanik, semi mekanik dan manual. Persiapan lahan tersebut diawali dengan pencucian tumbuhan pengganggu ibarat padang rumput dan semak belukar Dan Pengolahan tanah dengan cara membajak atau mencangkul tanah supaya strukturnya menjadi baik.


c. Penanaman Sengon

Pertama buatlah ajir tanam memakai bambu atau kayu untuk mempermudah penanam alasannya yakni sudah ada tanda dimana bibit sengon tersebut akan ditanam. Buatlah lubang tanam sempurna pada tancapn ajir tersebut dengan ukuran sekitar 30 cm x 30 cm x 30 cm. Ambil bibit dari daerah persemaian ke daerah penampungan bobit sementara. Selanjutnya lakukan penanaman bibit. Masukkan bibit sengon dengan hati-hati kedalam lubang tanam yang telah di buat.


d. Perawatan Tanaman Sengon

1. Penyulaman

Jika ada tumbuhan sengon yang mati malka lakukan pergantian tumbuhan tersebut dengan tumbuhan yang baru.

2. Penyiangan

Lakukan penyiangan terhadap gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang ada di sekitar tanaman.

3. Pendangiran

Lakukan pendangiran tau penggemburan tanah supaya memperbaiki stuktur tanah di sekitar tanaman.

4. Pemangkasan

Lakukanlah pemangkasan terhadap cabang-cabang tumbuhan sengon yang tidak berguna.

5. Penjarangan

Lakukan penebangan pohon supaya memberi ruang pemanis bagi tumbuhan sengon yang masih ada.


e. Pemanenan Kayu Sengon

sengon sanggup dipanen sesudah berumur sekitar 5 sampai 7 tahun. Pemanenan dilakukan dengan car menebang pohon, penebangan sengon dilakukan dengan tiga teknik, yaitu takik balik, takik rebah dan arah rebah.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Sengon (Albasia) Yang Benar Agar Cepat Tumbuh Dan Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Sengon (Albasia) Yang Benar Agar Cepat Tumbuh Dan Panen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel