Cara Budidaya Kutu Air Daphnia Dan Moina Untuk Pakan Ikan Dengan Mudah

Cara Mudah Budidaya Kutu Air Daphnia Dan Moina Untuk Pakan Ikan Dengan Green Water


Kutu air biasanya banyak dipakai untuk pakan benih ikan dan jenis ikan hias, menyerupai ikan cupang atau ikan guppy. Kandungan protein kutu air sanggup mencapai sekitar 66% dan lemak sekitar 6%. Sehingga kutu air sangat cocok diberikan untuk benih ikan yang masih dalam tahap pertumbuhan. Banyak orang sekarang yang mencoba membudidayakan kutu air alasannya yakni banyak orang yang memelihara ikan hias ataupun budidaya ikan yang mencari kutu air sebagi pakannya. Ada 2 jenis kutu air yang paling gampang dibudidayakan dan ketersediaan bibitnya banyak yaitu daphnia dan moina. Keduanya merupakan jenis udang renik yang masuk dalam keluarga arthopoda, kelas crustacea dan ordo caldocera.


Jenis Kutu Air


a. Daphnia

Daphnia merupakan kutu air yang mempunyai berbentuk lonjong agak pipih berukuran sekitar 1mm-5 mm, mempunyai warna badan cokelat kemerahan, pada bab kepala mempunyai 2 antena serta mempunyai ekor melancip. Di dalam kolam, koloni kutu air daphnia terlihat menyerupai titik-titik merah yang mengambang bergerombol.

Daphnia ini banyak ditemukan di perairan air tawar. Tempat ideal untuk pertumbuhan daphnia yakni perairan yang bersuhu 26°C-30°C dengan pH 6,5 hingga 7,5.


Daphnia sanggup berkembang biak secara seksual dan aseksual. Perkembangbiakan secara aseksual, daphnia akan menghasilkan telur yang sanggup menetas tanpa perlu pembuahan. Perkembangbiakan secara seksual, daphnia jantan dan betina melaksanakan perkawinan untuk menghasilkan anak.


Daphnia mempunyai siklus hidup sekitar 34 hari dan sanggup melahirkan anak setiap hari. Daphnia bertelur atau beranak dengan jumlah sekitar 39 ekor/hari. Pada jenis tertentu menyerupai daphnia magna sanggup bertelur hingga 100 ekor.


b. Moina

Kutu air Moina berukuran sekitar 0,9mm-1,8 mm, mempunyai warna badan cokelat kemerahan, mempunyai 10 rambut getar atau silia pada bab perutnya , dan pada bab punggung ditumbuhi rambut kasar. Moina sanggup ditemukan di seluruh perairan air tawar. Suhu perairan ideal untuk pertumbuhan moina yakni sekitar 24°C-30°C dengan pH sekitar 6,5-7,5.


Moina sanggup berkembangbiak secara aseksual dan seksual. Moina mempunyai siklus hidup yang lebih pendek dibanding daphnia yaitu hanya sekitar 13 hari dengan kemampuan bereproduksi sekitar 32 ekor/hari.


Budidaya Kutu Air


Dalam budidaya kutu air daphnia dan moina mendapat perlakukan yang sama alasannya yakni habitat hidup, jenis makanan, dan tipe perkembangbiakan mereka relatif sama. Bibit kutu air daphnia dan moina bisa didapatkan di Balai Benih Ikan Air Tawar atau juga anda sanggup mencari di perairan menyerupai danau, kolam, waduk, sawah atau parit.


Kutu air biasanya hidup bergerombol mengambang di permukaan air, mempunyai warna coklat kemerahan. Maka untuk mengambil kutu air tersebut harus memakai jaring halus atau plankton net. Kutu air daphnia dan monia sanggup dikembangbiakan dalam banyak sekali media, menyerupai bak atau wadah fiber.


Kolam yang akan dipakai untuk budidaya kutu air ini sebaiknya bak tanah atau juga bak semen dengan dasar tanah dengan luas bak bergantung pada kebutuhan, namun sebaiknya tidak terlalu besar untuk memudahkan perawatan. Setelah bak jadi maka dasar bak perlu di kapur terlebih dahulu, untuk menetralkan pH tanah dan menekan organisme pantogen. Berikut yakni tahapan- tahapannya:



  • Setelah bak final dibuat, bak dikeringkan terlebih dahulu dengan cara dijemur selama 2 atau 3 hari.

  • Kemudian lakukan pengapuran dengan takaran sekitar 1kg/m2 hingga 2 kg/m2.

  • Lalu tambahkan pupuk sangkar (kotoran ayam) sebanyak 2 kg/m2 untuk menumbuhkan pakan plankton sebagai kuliner alami daphnia dan moina. Lalu biarkan selama 3 hingga 5 hari.

  • Kemudian genangi bak dengan air higienis sedalam 30 cm dan diamkan kembali selama 2 hingga 4 hari, maka air bak akan bermetamorfosis cokelat kehijauan yang merupakan membuktikan bahwa plankton dan tanaman renik lainnya telah berkembang dalam kolam. Setelah itu, penuhi bak dengan air hingga ketinggian sekitar 50cm-60 cm dan bibit daphnia dan moina siap di tebar dalam kolam.

  • Setelah satu ahad maka akan terlihat warna kemerahan di permukaan bak yang menandakan bahwa kutu air telah berkembang.

  • Perkembangbiakan kutu air daphnia dan moina akan mencapai puncak sesudah 7 hingga 11 hari.

  • Pemanenan sanggup dilakukan dengan mengambil kutu air dengan memakai jaring halus. Setelah pemanenan sebelum diberikan pada ikan kutu air dicuci dengan air bersih.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Kutu Air Daphnia Dan Moina Untuk Pakan Ikan Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Kutu Air Daphnia Dan Moina Untuk Pakan Ikan Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel