Supaya Domba Dan Kambing Lekas Gemuk

Arifin Soleh di Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat selama ini mengandalkan pakan hijauan menyerupai rumput untuk penggemukan belasan domba dan kambing miliknya. “Terkadang diberikan juga sisa sayuran dari pasar,” ujar laki-laki 29 tahun tersebut. Sebab hanya mengandalkan pakan hijauan itu pertambahan bobot domba dan kambingnya tidak kentara.


Sejatinya Arifin sanggup mengkombinasi pakan hijauan tersebut dengan pakan lain untuk memacu pertambahan bobot domba dan kambing. Bahan pakan yang sanggup digunakan yaitu ampas tahu, dedak, serta adonan vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral sanggup dicampurkan pada ampas tahu dan dedak. Seluruh materi tersebut relatif gampang diperoleh.


Pakan alternatif lain yang menunjang penggemukan domba yaitu gedebok pisang. Caranya membuatnya sederhana, sebuah gedebok pisang dicacah sampai seukuran koin Rp500 lantas dicampurkan dengan 1 liter tetes tebu atau 1 liter gula merah, 20 kg dedak, serta 5 tutup botol probiotik. Seluruh materi tersebut difermentasi selama 8-10 hari sebelum diberikan kepada domba dan kambing.


Belum ada Komentar untuk "Supaya Domba Dan Kambing Lekas Gemuk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel