4 Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Betok Di Kolam Terpal Dengan Mudah Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Betok Di Kolam Terpal Dengan Praktis Bagi Pemula


Ikan Betok merupakan salah satu jenis ikan tawar yang banyak ditemukan di sengai, aduk ataupun danau. Ikan betok ini juga merupakan jenis ikan karnivora atau ikan pemangsa. Ikan dengan nama latin Anabas testudineus ini mempunyai banyak sebutan ibarat ikan puyu (Melayu), ikan betik (Jawa), ikan papuyu (Banjar), dan Climbing Gouramy (Inggris).

Ikan ini mulai banyak dibudidayakan terutama didaerah Kalimantan sebab ikan ini mempunyai nilai ekonomi yang tinggi, selain itu rasa daging ikan ini yang cukup enak dan gurih. Jenis ikan betok yang sering dibudidayakan yakni ikan betok hijau, jenis ini sanggup mencapai bobot sekitar 200 gram dibanding kan dengan jenis betok lainnya.


Berikut yakni Cara Budidaya Ikan Betok :


a. Persiapan Kolam Budidaya Ikan Betok

Ikan Betok sanggup dipelihara atau dibudidayakan diberbagai jenis kolam ibarat kolam terpal, kolam tanah atau juga tambak. Namun, jenis kolam terpal lebih banyak dipakai sebab lebih efisien untuk perkembangan ikan betok ini sebab kalau budidaya dilakukan pada kolam tanah maka saat masa panen datang akan menciptakan sulit pemanenan dengan ikan betok yang sanggup bersembujnyi dalam lumpur.


Pemupukan dasar kolam untuk budidaya ikan betok ini perlu dilakukan terutama pada kolam untuk anakan. Kolam ikan betok remaja tidak perlu dilakukan pemupukan sebab ikan ini sanggup hidup pada kondisi air apa saja dan akan tahan terhadap kualitas air yang buruk.


b. Pemijahan Ikan Betok

Benih ikan betok ini diperoleh dari pemijahan indukan ikan betok jantan dan ikan betok betina. Untuk membedakan antara ikan jantan dan betina sanggup dilihat dari fisiknya. Berikut yakni ciri-ciri ikan jantan dan betina:

Jantan

Memiliki bentuk badan yang kecil

Memiliki kelamin yang memanjang

Memiliki gerakan yang lincah dan gesit

Betina

Memiliki bentuk badan yang lebih besar

Memiliki lubang kelamin dengan bentuk bulat

Memiliki gerakan yang agak lambat


Pemijahan ikan betok ini biasanya dilakukan dengan cara buatan yaitu dengan cara kawin suntik. Dalam sekalimusim kawin, ikan betok sanggup dipijahkan sebanyak 3 kali dengan menghasilkan sekitar 5. 000 sampai 15.000 butir telur. Pada suhu 260° telur-telur ikan betok akan menetas dalam kurun waktu 24 jam sedangkan pada suhu 300°C telur-telur ikan betok tersebut akan menetas dalam kurun waktu 12 jam. Setelah itu ikan sanggup disebar ada kolam.


c. Pemeliharaan Anakan Ikan Betok Dan Penebaran Ikan Pada Kolam

Ikan betok yang gres menetas tidak perlu pribadi diberi pakan sebab iakan betok tersebut masih mempunyai cadangan masakan pada kantongnya. Setelah ikan berumur sekitar 4 hari barulah anakan ikan tersebut diberi pakan dengan kuning telur. Pemberian pakan tersebut dilakukan secara rutin sebanyak 3 kali sehari sampai ikan tersebut berumur 14 hari.


Setelah ikan betok berumur 14 hari, iakn betok diberi pakan berupa pelet yang telah dihaluskan sebab ini merupakan waktu kritis ikan betok. Pemberian pakan berupa pellet pada ikan betok ini dilakukan sampai ikan betok tersebut berumur sekitar 2 bulan. Setelah 2 bulan barulah ikan betok sanggup ditebar dalam kolam yang telah disiapkan.


d. Pemanenan Ikan Betok

Ikan betok sanggup mulai dipanen sesudah berumur sekitar 4 bulan. Namun pemanenan tersebut sanggup dilakukan tergantung dengan kebutuhan pasar atau tujuan pemanenan tersebut apakah ikan tersebut akan dikonsumsi atau dipakai untuk produksi.


Ada 2 cara pemanenan ikan betok ini yaitu panen total dan panen selektif. Pemanenan total dilakukan tanpa memperhatikan ukuran iakan betok tersebut atau dipanen keseluruhan. Sedangkan pemanenan selektif dilakukan dengan cara di jaring lalu ikan yang diambil yakni ikan yang telah siap panen dengan tujuan untuk mencari indukan ikan kembali dan juga untuk konsumsi.


Demikian artikel pembahasan tentang”4 Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Betok Di Kolam Terpal Dengan Praktis Bagi Pemula“, supaya bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "4 Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Betok Di Kolam Terpal Dengan Mudah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel