Cara Sukses Menanam Kacang Hijau Di Polybag atau Pot Dengan Mudah BERHASIL

Cara Menanam Kacang Hijau Di Polybag atau Pot Dengan MudahKacang Hijau atau Kacang Ijo (Phaseolus radiatus L.) yaitu tumbuhan polong-polongan yang mempunyai batang tegak atau semi tegak dengan ketinggian antara 30 cm – 110 cm. Batang berwarna hijau, kecokelat-cokelatan, atau keungu-unguan dan mempunyai bentuk lingkaran dan berbulu.


Polong kacang hijau berbentuk silindris dengan panjang berkisar antara 6 cm – 15 cm. Polong muda berwarna hijau dan sehabis renta berwarna hitam atau cokelat. Dalam satu polong terdapat sekitar 5-16 butir biji. Biji tersebut umumnya berwarna hijau kusam atau hijau mengkilap, namun adapula yang berwarna kuning, cokelat, dan hitam.


Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Plantae

Divisi : Spermatophyta

Subdivisi: Angiospermae

Kelas : Dicotyledonae

Ordo : Leguminales

Famili : Leguminoceae/Papilionaceae

Genus : Phaseolus

Spesies : Phaseolus radiatus L.


Untuk melaksanakan budidaya kacang hijau atau menanam kacang hijau tidak perlu lahan yang luas, anda sanggup melaksanakan penanaman kacang hijau dengan memakai polybag atau pot tanam bahkan anda sanggup memakai botol aqua/botol bekas air mineral. Berikut ini yaitu cara budidaya/menanam kacang hijau dalam polybag/pot:


Cara Menanam Kacang Hijau Dalam Pot/Polybag


Persiapan Bibit Kacang Hijau


Bibit Kacang Hijau sanggup diperoleh dari membeli benh bibit di toko pertanian atau isa juga dengan melaksanakan pembibitan sendiri.


Jika bibit telah diperoleh, bibit harus melalui proses inokulasi atau pensterilan bibit dari mikroorganisme atau jamur terlebih dahulu selama sekitar satu minggu.


Persiapan Media Tanam


Sembari menunggu bibit siap tanam, siapkan terlebih dahulu media anam yang aka digunakan. Media tanam yang perlu disiapkan yaitu tanah, pupuk sangkar dan arang sekam. Campurkan ketiga materi tersebut dengan perbandingan 1:1:1 hingga merata. Penggunaan arang sekam dan pupuk sangkar tersebut berfungsi sebagai penyedia unsur hara dalam tanah dan nutrisi tanaman. Jika tanah yang dipakai sebagai media tanam mempunyai pH lebih dari 6, taburkan dolomit untuk menrunkan keasaman tanah tersebut


Penanaman Kacang Hijau Dalam Polybag atau Pot


Jika media tanam sudah siap, selanjutnya masukkan media tanam kedalam pot/polybag hingga 70% bagian. Setelah itu, tanam sebanyak 1 bibit kacang hijau yang telah melalui proses inokulasi pada setiap polybag sedalam 2 cm kemudian tutup bab atasnya dengan media tanam kembali tanpa dipadatkan. Siapkan pula bibit penyulaman yang dipakai sebagai bibit pengganti jikalau ada tumbuhan kacang hijau yang mati atau tumbuh dengan tepat hingga waktu 2 minggu.


Perawatan Tanaman Kacang Hijau Dalam Pot


Tanaman kacang hijau yang ditanam dalam pot atau polybag sebaiknya di letakkan pada daerah yang terkena sinar matahari secara langsung. Perawatan yang dilakukan pada tumbuhan kacang hijau ini diantaranya:


Lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari namun penyiraman tersebut dilakukan secukupnya saja jangan hingga tergenang.


Penyiangan

Setelah 1-2 ahad masa tanam, lakukan penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnyayang tumbuh disekitar tumbuhan kacang hijau dalam pot semoga nutrisi yang diharapkan untuk pertumbuhan tumbuhan kacang hijau tidak berebut.


Pemupukan Susulan

Pemupukan susulan ini dilakukan 1 bulan sehabis tanam. Pemupukan atersebut memakai pupuk sangkar atau memakai pupuk NPK dengan takaran yang diberikan pada setiap polybag tanam yaitu setengah kepal.


Masa Panen Kacang Hijau


Masa panen kacang hijau berbeda-beda bergantung pada varietasnya. Namun umumnya, masa panen kacang hijau yaitu sekitar 58-65 hari. Polong kacang hijau yang siap panen mempunyai kulit kering dan berwarna cokelat hingga hitam. Jika pemanenan telat, maka polong akan pecah dan bijinya akan terlempar keluar. Pemanenan kacang hijau ini dilakukan dengan cara dipetik memakai tangan atau memotongnya dengan pisau/gunting yang tajam.


Demikian artikel tentang”Cara Menanam Kacang Hijau Di Polybag atau Pot Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Sukses Menanam Kacang Hijau Di Polybag atau Pot Dengan Mudah BERHASIL"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel