Cara Sukses Menanam Kacang Tanah Di Pot/Polybag Dengan Mudah Bagi Pemula Mudah dan Berhasil

Cara Menanam Kacang Tanah Di Pot/Polybag Dengan Praktis Bagi PemulaKacang tanah atau Kacang brol (Arachis hypogaea) merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat kita. Kacang tanah sanggup diolah menjadi majemuk produk, contohnya kacang goreng, kacang bawang, dibentuk selai, ampyang, rempeyek, dan sebagainya. Tanaman kacang tanah berasal dari Amerika Selatan.


Klasifikasi Ilmiah Kacang Tanah

Divisi : Spermatophyta

Subdivisi : Angiospermae

Kelas : Dicotyledoneae

Ordo : Rosales

Famili : Papilionaceae

Genus : Arachis

Species : Arachis hypogaea


Untuk melaksanakan budidaya atau menanam kacang tanah tidak perlu pada tanah yang luas. Menanam kacang tanah pun sanggup dilakukan di pot atau dipolybag. Berikut ini yaitu cara menanam kacang tanah di pot atau polybag:


Cara Menanam Kacang Tanah Di Pot/Polybag


Persiapan Bibit Kacang Tanah


Pembibitan kacang tanah sanggup dilakuka dengan kapas sebagai medianya. Berikut yaitu cara penyemaian kacang tanah dengan kapas sebagai medianya:



  • Pertama, benih kacang tanah direndam terlebih dahulu dalam air hangat selama beberapa menit. Hal ini dilakukan guna merangsang perkecambahan kacan tanah.

  • Selanjutnya ambil kapas. Agar zat kimia dalam kapas hilang, rendam kapas dalam air hangat terlebih adahulu.

  • Berikutnya, siapkan wadah dan masukkan kapas yang sudah direndam air/kapas berair ke dalam wadah tersebut. Setelah itu, masukkan benih kacang tanah tadi di atas kapas tadi kemudian beri sedikit air.

  • Kemudian, letakkan pada daerah yang teduh namun tetap terkena sinar matahari. Tunggu beberapa hari kemusian sampai benih mengeluarkan kecambah dan siap tanam.


Persiapan Media Tanam


Media tanam yang perlu disiapkan yaitu tanah dan pupuk kandang. Campurkan kedua materi tersebut sampai merata. Setelah itu masukkan media tanam tersebut ke pot atau polybag yang telah disiapkan.


Penanaman Kacang Tanah Dalam Pot/Polybag


Setelah bibit dan juga media tanam siap, selanjutnya lakukan penanaman. Tanam bibit kacang tanah yang telah disiapkan dengan kedalaman sekitar 3 cmm. Setelah itu, letakkan pada daerah yang relatif teduh namun masih terkena sinar matahari.


Perawatan Tanaman Kacang Tanah Dalam Pot


Penyiraman

Pastikan media tanam tetap lembab dan tidak kering, sebab kekeringan akan besar lengan berkuasa pada kesuburan tumbuhan kacang tanah. Untuk itu perlu dilakukan penyiraman secara rutin namun ketika tumbuhan berbunga, penyiraman ini perlu dihindari sebab sanggup mengganggu penyerbukan.


Penyulaman

Agar tumbuhan berukuran sama, kalau ada tanama kacang tanah yang mati maka segera lakukan penyulaman dengan menggantinya dengan tumbuhan yang baru.


Penyiangan

Lakukan penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang ada disekitar tumbuhan semoga tidak merebut nutrisi yang diperlukan oleh tumbuhan kacang tanah untuk tumbuh.


Pemupukan Kacang Tanah

Pemupukan tidak perlu dilakukan pada tumbuhan ini sebab tumbuhan ini sudah sanggup menyerap Nitrogen (N) dari udara. Namun kalau anda menginginkan media tanam lebih gembur, anda sanggup menambahkan Phosphat sebanyak 2 sendok pada tiap pot atau polybag sebelum tanam.


Penggemburan

Setelah tumbuhan telah berumur sekitar 28 hari, lakukan pengemburan pada media tanam disekitar tanaman. Tujuannya semoga bakal buah sanggup masuk ke tanah dengan mudah.


Masa Panen Kacang Tanah


Kacang tanah sanggup mulai dipanen sesudah berumur sekitar 90 hari sesudah tanam apabila pada tanah animo hujan dansekitar 105 hari sesudah tanam apabila musi kemarau. Ciri tumbuhan kacang tanah yang sudah siap panen yaitu sebagian daunnya telah menguning dan kerinbg, 85% belahan batangnya sudah rebah dan biji kacang tanah sudah terisi penuh. Cara menanam kacang tanah ini sangat gampang cukup mencabut batangnya sampai kacang pada belahan akarnya tercabut pula. Jika sudah selanjytnya petik kacang dan kumpulkan pada wadah.


Demikian artikel tentang”Cara Menanam Kacang Tanah Di Pot/Polybag Dengan Praktis Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Sukses Menanam Kacang Tanah Di Pot/Polybag Dengan Mudah Bagi Pemula Mudah dan Berhasil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel