Panduan Cara Menanam Kenikir di Pot Atau Polybag Dengan Mudah

Cara Menanam Budidaya Kenikir di Pot Atau Polybag Dengan Mudah – Kenikir atau ulam raja yaitu salah satu jenis tumbuhan perdu yang bab daun dan batang mudanya dimanfaatkan sebagai sayur ataupun lalapan.


Daun kenikir mengandung aneka macam zat ibarat Saponin, Flavonoid, Terpenoid, Mineral, Tokoferol, Polifenol, Kalsium, Kuersetin, Hidroksieugenol dan lain sebagainya. Dengan aneka macam zat yang terkandung dalam daun kenikir, daun kenikir mempunyai bergai manfaat kesehatan diantaranya:



  • Mengobati kanker

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

  • Mengobati lemah jantung

  • Mengobati maag

  • Mencegah osteoporosis

  • Membantu pertumbuhan tulang pada anak-anak

  • Mencegah penuaan dini

  • Mengobati gondongan

  • Dan lain sebagainya.


Tanaman kenikir ini sanggup ditanam tau dibudidayakan di daerah yang luas ibarat di sawah atau dikebun. Akan tetapi jikalau anda tidak mempunyai lahan untuk menanam kenikir ini, anda sanggup menanam kenikir di dalam pot atau polybag.


Cara Menanam Kenikir di Pot Atau Polybag


Persiapan Pot/Polybag Tanam


Siapkan pot atau polybag untuk menanam kenikir, pot yang akan dipakai yaitu pot/polybag yang mempunyai ukuran diameter sekitar 25 cm dan tinggi 30 cm. Anda juga sanggup memakai kaleng atau bejana bekas.


Persiapan Media Tanam


Media tanam yang perlu disiapkan yaitu tanah dan bokhasi atau kompos. Bokhasi atau kompos tersebut dipakai alasannya yaitu mengandung unsur/zat yang lengkap untuk pertumbuhan tanaman.


Persiapan Bibit Kenikir


Bibit Kenikir sanggup diperoleh dari tumbuhan kenikir yang sudah tua. Ambil bunganya kemudian gosok dengan tangan semoga biji benih terpisah dari kulitnya kemudian tempatkan pada wadah. Selanjutnya, sebelum ditanam biji benih dijemur selama 2 hari.


Cara Menanam Kenikir Di Pot atau Polybag


Media tanam yang yang telah disiapkan selanjutnya dicampurkan dengan perbandingan 1 tanah : 1 bokashi, namun sanggup juga hanya memakai bokhasi kemudian ditambah dengan furadan sebanyak 2-3 sdm diadaptasi denga ukuran pot. Campurkan semua materi media tanam secara merata, sehabis itu masukkan ke dalam pot tanam kemudian siram dengan air hinga berair merata.


Agar cepat tumbuh, bibit kenikir yang akan ditanam di rendam terlebih dahulu selama 2-3 jam. Barulah sehabis itu bibit ditebar di media tanam pot tanpa perlu ditutup tanah.


Perawanan Tanaman Kenikir


Penyiraman

Lakukan penyiraman 3 hari sehabis penanaman dengan pemikiran air yang tidak terlalu deras semoga biji tidak terbawa air. Setelah itu, penyiraman sanggup dilakukan 3-4 hari sekali.


Penjarangan dan Penyulaman

Apabila tumbuhan kenikir tumbuh terlalu rapat, maka sanggup dipindahkan ke pot atau polybag lain semoga pertumbuhannya merata. Pemindahan ini dilakukan seminggu sehabis benih ditebar atau sehabis tumbuhan kenikir mencapai ketinggian 3 cm.


Pemupukan

Pemupukan ini dilakukan setiap 10 hari sekali, pupuk yang dipakai sanggup berupa pupuk organik cair atau pupuk kompos.


Penyiangan dan Pembubunan

Lakukan penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang tumbuh di pot atau polybag tanam semoga tidak mengganggu pertumbuhan tumbuhan kenikir dan lakukan pembubunan atau menimbun kembali akar yang terlihat dengan tanah. Kedua hal ini dilakukan 2 ahad sekali.


Pemanenan Daun Kenikir


Daun kenikir sanggup dipanen jikalau daun sudah rimbun atau telah berumur sekitar 35 hari. Pemanenan daun kenikir ini sanggup dilakukan berkali-kali tergantung perawatan yang diberikan.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Kenikir di Pot Atau Polybag Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Cara Menanam Kenikir di Pot Atau Polybag Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel