Cara Menanam Dan Merawat Bunga Kenikir Sebagai Tanaman Hias Pekarangan Rumah

Cara Menanam Dan Merawat Bunga Kenikir Sebagai Tanaman Hias Pekarangan Rumah – Kenikir atau ulam raja merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari Amerika Latin, Amerika Tengah. Selain dimanfaatkan sebagai sayuran, kenikir juga sanggup di tanam sebagai tumbuhan hias pekarangan rumah. Bunga yang dihasilkannya tumbuhan kenikir sangat cantik, bunga kenikir tersebut ada yang berwarna kuning, merah, merah muda, putih, oranye, dan lain sebagainya. Di Indonesia, kenikir banyak ditanam di Jawa dan dataran rendah hingga pegunungan hingga ketinggian 1200 mdpl. Biasanya bunga kenikir ditanam di sekitar rumah sebagai tumbuhan hias.


Klasifikasi ilmiah

Kingdom: Plantae

Divisi: Spermatophyta

Kelas: Magnoliophyta

Ordo: Fabales

Famili: Asteraceae

Genus: Cosmos

Spesies: C. caudatus


Karena keindahannya bunga kenikir ini banyak ditanam. Bunga kenikir sangat gampang ditanam dan dirawat baik itu ditanam di pekarangan rumah ataupun di tanam dalam pot. Nah berikut ini yaitu cara menanam bunga kenikir di rumah:


Cara Menanam Bunga Kenikir


Pembibitan Bunga Kenikir


Pembibitan bunga kenikir sanggup dilakukan melalui biji. Ambilah biji yang sudah renta dan kering di pohon kenikir. Jika belum terlalu kering sanggup di keringkan terlebih dahulu dibawah terik matahari hingga benar-benar kering. Simpan beberapa saat, kemudian sebarkan ke media tanam tanpa harus disemai terlebih dahulu.


Penanaman Bunga Kenikir


Pertama siapkan terlebih dahulu media tanamnya yaitu berupa campur tanah yang gembur dengan pupuk kandang/kompos yang sudah diayak halus  dengan perbandingan 1:1 hingga tercampur merata. Selanjutnya tebarkan benih pada media tanam tersebut, kemudian tutup dengan lapisan media tanam agak tipis semoga benih cepat tumbuh tunas. Lakuakan penyiraman dan perawatan secara optimal terutama pada awal masa tanam.


Perawatan Bunga Kenikir


Lakukan perawatan dengan melaksanakan penyiraman secara terjadwal dikala tumbuhan terlihat kering atau layu. Pastikan nutrisi tumbuhan terpenuhi, untuk memenuhinya maka perlu dilakukan pemupukan dengan memakai pupuk sangkar atau pupuk kompos. Lakukan pemupukan ini secara terjadwal dikala tumbuhan sudah tumbuh baik, minimal setiap 2,5-3 bulan sekali.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Dan Merawat Bunga Kenikir Sebagai Tanaman Hias Pekarangan Rumah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Dan Merawat Bunga Kenikir Sebagai Tanaman Hias Pekarangan Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel