Cara Menanam dan Merawat Bunga Melati Air Dengan Mudah Di Rumah Dengan Mudah

Cara Menanam dan Merawat Bunga Melati Air Dengan Praktis Di Rumah – Melati air (Echinodorus palaefolius var. latifolius) yakni tumbuhan berbunga yang indah dan menyegarkan udara yang masuk dalam suku Alismataceae dan berasal dari Brazil, Peru, Meksiko dan Uruguay. Bunga melati air ini unik alasannya hidup di air. Ciri bunga melati air yaitu mempunyai bunga berwarna putih dengan jumlah kelopak bunga 3, kepala sari berwarna kuning ditengaf membentuk lingkaran.


Tanaman bunga melati air berbunga tidak kenal musim. Daun tumbuhan bunga melati air mempunyai bentuk yang eksotis, semakin keatas makin melebar. Daun melati air agak kaku, permukaan dan bab bawah daun ditumbuhi bulu-bulu yang berangasan dengan bentuk daun bervariasi mulai dari lingkaran besar, lonjong besar dan lonjong kecil . Bunga melati air akan mekar pada dikala pagi hari dan akan kembali menguncup pada sore hari.


Klasifikasi Melati air

Kingdom : Plantae (Tumbuhan)

Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)

Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)

Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)

Kelas : Liliopsida (berkeping satu / monokotil)

Sub Kelas : Alismatidae

Ordo : Alismatales

Famili : Alismataceae

Genus : Echinodorus

Spesies : Echinodorus palaefolius var. latifolius


Selain indah, bunga melati air juga mempunyai banyak sekali manfaat. Adapun manfaat melati air yaitu menyegarkan udara, mengobati sariawan, bisul, bronkitis, sakit mata, keseleo, insomnia, radang usus dan lain sebagainya.


Cara Menanam dan Merawat Bunga Melati Air


Persiapan Tempat Tanam dan Media Tanam


Pertama, siapkan terlebih dahulu pot tanam yang akan dipakai untuk menanam melati air. Ukuran pot sanggup diubahsuaikan dengan ukuran rumpun melati yang akan di tanam, tapi lebih besar lebih bagus. Jika pot sudah siap, tutup lubang dibawah pot semoga nantinya air dalam pot tetap tergenang.


Selanjutnya siapkan media tanam berupa tanah halus tapi lebih baik tanah lumpur. Masukkan tanah tersebut kedalam pot tadi sampai 1/3 bab pot kemudian tambahkan pupuk sangkar atau pupuk kompos diatas tanah tadi.


Cara Menanam Melati Air


Jika sudah siap, selanjutnya lakukan penanaman. Tanam rumpun melati air ke media tanam. Setelah itu, timbun kembali dengan tanah atau lumpur kemudian padatkan.


Kemudian sisa ruang dari media tanam diisi dengan air. Hal inilah yang diinginkan melati air semoga tumbuhan sanggup tumbuh dan berkembang dengan baik.


Setelah penanaman, jangan eksklusif diletakkan di daerah yang terkena cahaya matahari secara langsung. Letakkan pada daerah yang sejuk alasannya jikalau diletakkan pada daerah yang terkena sinar matahari secara eksklusif sanggup menjadikan daun cepat mengering.


Cara Merawat Melati Air


Melati air tidak memerlukan penyiraman alasannya semua kebutuhan air telah tercukupi dengan baik. Faktor yang perlu diperhatikan yaitu pemupukan. Lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk NPK setiap sebulan sekali. Pupuk NPK yang akan diberikan ke tumbuhan jangan eksklusif disebar tapi donasi pupuk ini harus dikerjakan dengan metode penyuntikan menggunakan selang. Selang dimasukkan ke dalam media tanam, kemudian pupuk NPK dialirkan lewat selang tersebut.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Melati Air Dengan Praktis Di Rumah“,  semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Bunga Melati Air Dengan Mudah Di Rumah Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel