Panduan Lengkap Cara Cepat Budidaya Tanaman Cincau Hitam Bagi Pemula Yang Baik Dan Benar

Cara Budidaya Tanaman Cincau Hitam Bagi Pemula – Tanaman cincau berasal dari kawasan Tiongkok dan berasal dari genus Mesona. Terdapat beberapa jenis cincau antara lain Cincau perdu (Melasthoma polyanthum), Cincau rambat(Cylea barbata Miers) dan Cincau Hitam (Melasthima palustris). Kandungan cincau antara lain : Karbohidrat yang menyerap air, Zat lemak, alkaloid siklein, Kardioplegikum, Tentradine, dimetil tetradine, Polifenol, Saponoid dan flavonoida. Selain menyegarkan cincau juga mempunyai beberapa manfaat ibarat membantu menyembuhkan demam, sanggup sebagai obat radang lambung, oabat tipus, obat tekanan darah tinggi dan masih banyak yang lainnya. Nama lain dari Cincau antara lain Camcauh, tarawalu,kepleng dan juju.


Dengan manfaat yang dimiliki cincau tak heran kalau banyak orang mulai melaksanakan budidaya atau menanam cincau ini. Nah, kali ini kita akan membahas ihwal cara menanam atau budidaya cincau hitam. Berikut selengkapnya:


Cara Budidaya Cincau Hitam


Persiapan Lahan Tanam


Sebelum melaksanakan penanaman, lahan yang akan dipakai untuk menanam atau budidaya dibersihkan terlebih dahulu dari tumbuhan pengganggu ibarat gulma dan rumput liar sampai ke akarnya. Setelah itu, cangkul tipis lahan tersebut, kalau sudah jangan lupa buat lubang tanam dengan jarak 50 cm × 50 cm, kemudian lakukan pemupukan dasar di setiap lubang tanam. Dibutuhkan sekitar 6 – 9 ton pupuk sangkar untuk 1 hektar lahan.


Persiapan Pembibitan Cincau Hitam


Pilihlah bibit yang berasal dari rumpun cincau hitam yang sudah renta dan dipastikan sudah mempunyai air dengan tinggi pohon sekitar 15 cm sampai 20 cm, sehabis itu siapkan sebanyak 2,5 ton sampai 3 ton setek cincau hitam untuk 1 hektarnya.


Penanaman Cincau Hitam


Tanaman cincau hitam ini selama pertumbuhannya membutuhkan cukup air dan kondisi tanah pastikan cukup berair pula. Penanaman bibit cincau hitam ini sebaiknya ketika awal animo hujan tiba. Tanam sebanyak 2 sampai 3 bibit setek tumbuhan cincau pada setiap lubang tanam yang telah disiapkan. Jika bibit cincau hitam tersebut sudah berusia sekitar 5 sampai 20 hari dari penanaman akan muncul daun-daun gres yang berwarna hijau.


Pemeliharaan Cincau Hitam


Dalam tahap pemeliharaan yang perlu dilakukan yaitu:


Pemupukan I

Saat tumbuhan telah berusia sekitar satu bulan sebaiknya tumbuhan diberi pupuk dengan memakai pupuk N dan P yang perbandingan 2:1. Umumnya 1 hektar tanah membutuhkan pupuk sebanyak 132 kg untuk pupuk N dan sebanyak 68 kg untuk pupuk P. Tiap tumbuhan di beri pupuk sebanyak 0,5 sampai 1 sendok makan yang diletakkan pada lubang sejauh 10 cm sampai 15 cm dari tanaman.


Pemupukan II

Setelah tumbuhan berusia 2 bulan lakukan pemupukan kedua. Biasanya pemupukan ini eksklusif disebarkan pada tumbuhan cincau hitam dengan barisan tumbuhan sejauh 20-25 meter dari induk tumbuhan cincau hitam.


Penyiangan

Lakukan penyiangan pada tumbuhan pengganggu ibarat gulma atau rumput liar yang tumbuh disekitar tumbuhan cincau hitam biar pertumbuhan tumbuhan cincau tidak terganggu.


Hama dan Penyakit

Hama yang sering menyerang tumbuhan cincau yakni hama ulat daun, uret, ulat jengkal, tayap putih. Jika kondisinya belum parah, ulat sanggup di ambil secara manual, namun ketika kondisi parah eksklusif saja gunakan pestisida dengan cara di semprot.


Sedangkan penyakit yang biasa menyerang tumbuhan cincau yakni penyakit abu batang. Penyakit tersebut menyerang usia tumbuhan sekitar 10-20 hari, ketika penyakit ini menyerang eksklusif sanggup diatasi dengan memakai fungisida.


Masa Panen Cincau Hitam


Tanaman cincau hitam ini biasanya akan tumbuh bunga ketika berusia sekitar 4 bulan sehabis tanam. Dalam pemanenannya, tumbuhan yang sudah berusia renta dipotong memakai sabit atau alat lainnya kemudian di jemur sampai kering. Anakkan tumbuhan cincau yang masih muda sanggup dibiarkan saja biar sanggup tumbuh ibarat tumbuhan induk. Biasanya 1 hektar tumbuhan cincau hitam sanggup menghasilkan sekitar 7,5-9 ton cincau lembap atau 1,5 ton cincau kering.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Tanaman Cincau Hitam Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Cepat Budidaya Tanaman Cincau Hitam Bagi Pemula Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel