Cara Menanam Rambutan Dalam Pot (Tabulampot Rambutan) Bagi Pemula Agar Berbuah Lebat TERBUKTI

Cara Menanam Rambutan Dalam Pot (Tabulampot Rambutan) Bagi Pemula Agar Berbuah Lebat – Rambutan (Nephelium lappaceum) ialah salah satu jenis tumbuhan tropis yang masuk dalam suku Sapindaceae atau lerak-lerakan yang berasal dari kawasan kepulauan di Asia Tenggara.


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Plantae

(tidak termasuk): Angiospermae

(tidak termasuk): Eudikotil

(tidak termasuk): Rosidae

Ordo: Sapindales

Famili: Sapindaceae

Genus: Nephelium

Spesies: N. lappaceum


Pohon rambutan menyukai suhu tropika hangat yaitu suhu berkisar 25°C, tinggi pohon sanggup mencapai 8 meter dengan tajuk melebar sampai jari-jari 4m. Bentuk Daun rambutan beragam menyirip dengan anak daun 5-9, Buah rambutan terbungkus oleh kulit yang mempunyai “rambut” di belahan luar atau eksokarp. Buahnya mempunyai warna hijau ketika masih muda dan ketika ranum warna buahnya berangsur kuning sampai merah. Bagian dalam buah atau endokarp mempunyai warna putih yang menutupi menutupi daging buah. Bagian buah yang dimakan daging buahnya, tapi bahwasanya ialah salut biji atau aril yang sanggup menempel berpengaruh pada kulit paling luar biji atau lepas. Buahnya mempunyai bentuk bundar telur dengan variasi tergantung pada umur, posisi pada pohon, dan ras lokal.


Pertumbuhan rambutan dipengaruhi oleh ketersediaan air. Setelah masa berbuah selesai, pohon rambutan akan merona (flushing) menghasilkan cabang dan daun baru. Tahap ini sangat terang terlihat dengan warna pohon yang hijau muda sebab didominasi oleh daun muda. Pertumbuhan ini akan berhenti ketika ketersediaan air terbatas dan tumbuhan beristirahat tumbuh.


Tedapat aneka macam jenis rambutan diantaranya Rapiah, Bahrang, Lebak bulus, Sibatuk Ganal, Nona, Binjai, Antalagi, Sibongkok, Garuda, Tangkue Lebak, Narmada, Aceh, Simacan, Sinyonya dan lain sebagainya.


Rambutan mempunyai banyak manfaat, manfaat rambutan diantaranya sanggup mendongkrak energi tubuh, menjaga tubuh dari aneka macam radikal bebas, membantu menurunkan berat badan, sebagai penangkal Anemia,mencegah kanker, menguatkan sistem imun tubuh, membantu menyehatkan ginjal.


Jika anda tidak mempunyai lahan yang luas untuk melaksanakan budidaya atau menanam rambutan anda sanggup menanam rambutan di pot atau polybag (Tabulampot Rambutan). Berikut cara menanam atau budidaya rambutan dalam pot atau polybag:


Cara Menanam Rambutan Dalam Pot/Polybag


Persiapan Bibit Rambutan


Tanaman rambutan sanggup di perbanyak melalui beberapa cara menyerupai melalui biji, cangkok, okulasi dan penyusuan. Apabila memperbanyak dengan cara biji maka rambutan akan berbuah seterlah 8 tahun penanaman dan apabila dengan cara vegetatif menyerupai cangkok ataupun okulasi, rambutan akan berbunga sehabis 4 tahun.


Persiapan Pot dan Media Tanam


Pot untuk tabulampot rambutan sebaiknya pot yang terbuat dari tanah liat dengan ukuran diubahsuaikan dengan ukuran bibit rambutan yang akan ditanam. Selain pot tanah, kalian sanggup menanam tabulampot rambutan ini dengan memakai drumyang telah dilubangi belahan bawahnya kemudian diberi ganjalan berupa watu bata atau batako supaya pembuangan airnya lancar.


Media tanam yang sanggup dipakai untuk tabulampot rambutan diantaranya adonan tanah yang gembur, pasir dan pupuk sangkar dengan perbandingan 5 : 1 : 2. Atau sanggup juga berupa adonan campuran pupuk kandang, pasir dan sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Selain itu sanggup bisa juga adonan tanah dengan pupuk sangkar dengan perbadingan 1 : 2 atau adonan sekam dan pasir dengan perbandingan 1 :1.


Penanaman Rambutan Dalam Pot


Pertama masukkan pecahan watu bata dio baian dasar drum sampai seperemmpat belahan kemudian belahan atas diberi selapis ijuk/humus/dedaunan kering.


Selanjutnya masukkan media tanam hinga 2 cm di bawah bibit drum kemudian siram sampai cukup basah.


Kemudian buatlah lubang tanam di media tanam dalam drum dengan ukuran diubahsuaikan dengan ukuran bibit, kemudian beri pupuk NPK sebanyak 100 gram. Lalu buka polybag bibit dan masukkan bibit ke dalam lubang tanam secara perlahan supaya tidak rusak, kemudian tutup kembali lubang tanam dengan media tanam disekitar tumbuhan dan padatkan.


Diram sampai media tanam cukup basah. Sementara waktu, tumbuhan rambutan ditutup kantung plastik tranparan dan letakkan di tempat yang teduh. Jika bibit sudah tumbuh tunas gres barulah tutup dilepaskan.


Perawatan Rambutan


Lakukan pemupukan secara teratur sampai tumbuhan berumur 2 tahun. Pemupukan tersebut dilakukan dengan memakai pupuk organik dan juga pupuk NPK sebanyak 25 gram/drum. Setelah berumur 3 tahun dab seterusnya, diberikan pupuk NPK sebanyak 100 gram/drum dengan cara derma pupuk yaitu dengan membenamkannya sedalam 10 cm kemudian siram sampai cukup basah.


Untuk membentuk kanopi tumbuhan supaya pendek maka perlu dilakukan pemangkasan. Pemangkasan ini dilakukana saaat tumbuhan berumur kurang dari satu tahun.


Selain itu perawatan yang perlu dilakukan yaitu penyiraman dan juga penggemburan media tanam.


Masa Panen Buah Rambutan


Rambutan yang siap panen akan berwarna merah dan adajuga yang berwarna kuning yaitu jenis rambutan aceh kuning. Buah rambutan biasanya dipanen saat  buah sudah masak di pohon sebab kalau di petik sebelum matang tidak akan matang sehabis pemetikan.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Rambutan Dalam Pot (Tabulampot Rambutan) Bagi Pemula Agar Berbuah Lebat“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampa jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Rambutan Dalam Pot (Tabulampot Rambutan) Bagi Pemula Agar Berbuah Lebat TERBUKTI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel