Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Tanaman Pisang Kipas Yang Baik dan Benar Bagi Pemula

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Pisang Kipas Bagi Pemula – Pisang kipas (Revenala madagascariensis) atau lebih dikenbal dengan nama treveller’s tree atau traveller’s palm yakni spesies tumbuhan yang berasal dari Madagaskar. Di Indonesia, tumbuhan ini disebut dengan pisang kipas alasannya yakni bentuk tumbuhan ini menyerupai dengan pohon pisang dengan daun tersusun rapi menyerupai kipas, tapi tumbuhan pisang kipas initermasuk dalam familiki Musaceae atau tumbuhan pisang-pisangan dan masuk dalam genus Revenala.


Tanaman pisang ini disebut dengan traveller palm alasannya yakni sarung batang tumbuhan ini sanggup menahan air hujan yang sanggup dipakai sebagai air minum darurat oleh para penjelajah, tapi air tersebut seharusnya melalui proses pemurnian alasannya yakni air tersebut berwarna hitam dan bau.


Klasifikasi Pisang Kipas

Kingdom: Plantae

Subkingdom: Tracheobionta

Superdivisi: Spermatophyta

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Liliopsida

Subkelas: Commelinidae

Ordo: Zingiberales

Famili: Musaceae

Genus: Revenala

Spesies: Revenala madagascariensis


Pisang kipas ini umumnya ditanam sebagai tumbuhan hias yang sanggup mempercantik lingkungan. Jika anda ingin menanam pisang kipas ini sebagai tumbuhan hias di pekarangan rumah anda, berikut cara selengkapnya:


Cara Menanam dan Merawat Tanaman Pisang Kipas


Persiapan Bibit Pisang Kipas


Perbanyakan bibit pisang kipas sama dengan perbanyakan pisang biasa yaitu melalui perbanyakan tunas. Caranya, ambil dan pisahkan tunasnya dari bonggol indukan dengan hati-hati. Tunas tersebut eksklusif sanggup ditanam atau disimpan ditempat lembap dan lembab dulu.


Cara Menanam Pisang Kipas


Sama menyerupai halnya menyerupai menanam pisang pada umumnya, menanam pisang kipas inipertama yaitu menciptakan lubang tanam dengan kedalaman minimal sekitar ¼ dari panjang batang tunas. Setelah itu, masukkan pupuk sangkar atau kompos dengan perbandingan 1:1 dengan tanah galiannya. Selanjutnya diamkan selama minimal sekitar 2-4 hari supaya pupuk meresap kemudian gres campurkan sebagian tanah dengan pupuk kemudian tanam bibit dan tutup dengan tanah sisa galian tadi. Padatkan supaya tumbuhan tidak gampang roboh, kemudian siram supaya tanah lembab.


Cara Merawat Pisang Kipas


Lakukan penyiraman seperlunya saja, alasannya yakni tumbuhan ini sanggup tumbuh dengan baik walaupun tanpa banyak air. Lakukan pula pemupukan, pemupukan tersebut setidaknya dilakukan setiap 3-3,5 bulan sekali. Selain itu, lakukan pula perampalan batang yang sudah kering supaya pohon pisang kipas tetap terlihat cantik.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Tanaman Pisang Kipas Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Tanaman Pisang Kipas Yang Baik dan Benar Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel