Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Philodendron Bagi Pemula dengan Benar dan Tepat

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Philodendron Bagi Pemula – Philodendron yaitu sejenis tumbuhan dari suku Araceae, Tanaman Philodendron ini mempunyai banyak spesies. Philodendron ini banyak dijumpai di hutan tropis ibarat Indonesia dan biasanya tumbuh di daerah yang lembap, ibarat rawa, tepi sungai sampai pinggir jalan. Karena keindahan dan warna daunnya, Philodendron ini banyak digemari para pecinta tumbuhan hias baik sebagai tumbuhan hias dalam ruangan maupun pekarangan atau tanam.


Terdapat aneka macam jenis Philodendron, diantaranya Philodendron Burgundy, Philodendron Florida, Philodendron hastatum, Philodendron hastatum, Philodendron Cordatum, Philodendron soledad, Philodendron black cardinal, dan Philodendron Cherry red.


Klasifikasi ilmiah

Kingdom: Plantae

(tidak termasuk): Angiospermae

(tidak termasuk): Monokotil

Ordo: Alismatales

Famili: Araceae

Subfamili: Aroideae

Bangsa: Philodendreae

Genus: Philodendron


Jika anda ingin menanam tumbuhan ini disarankan menanamnya di pot semoga tampilannya lebih menarik. Berikut cara menanam Philodendron selengkapnya:


Cara Menanam Tanaman Hias Philodendron


Pemilihan Pot Tanam


Pemilihan pot sangat penting dilakukan alasannya yaitu itu merupakan daerah tumbuh tumbuhan yang akan kita tanam. Pilihlah pot yang sesuai dengan ukuran tumbuhan yang akan kita tanam. terdapat aneka macam jenis pot mulai dari pot tanah liat, pot plastik, pot semen, pot porselin dan lain sebagainya.


Persiapan Media Tanam


Philodendron termasuk tumbuhan yang memerlukan media porous. Media tanam yang dipakai untuk menanam Philodendron ini harus subur, gembur, dan kaya materi organik. Syarat lainnya yaitu mempunyai derajat keasaman atau pH sekitar 6,5-7.


Untuk memperoleh media tanam yang ideal dibutuhkan beberapa materi ibarat tanah, pasir, sekam bakar, cacahan pakis, coco pea, kompos, pupuk kandang, dan juga humus. Tapi tanah yaitu materi paling umum dipakai sebagai media tanam.


Tanah yang baik yaitu tanah lapisan paling atas (top soil) alasannya yaitu gembur, subur, dan banyak mengandung materi organik. Pasir sebaiknya mempunyai butir yang agak bergairah dan lebih besar untuk membantu sirkulasi udara dan membuang kelebihan air. Sebelum digunakan, pasir harus dicuci dan di jemur sampai kering.


Pupuk sangkar yang akan dipakai sanggup berasal dari kotoran sapi, ayam atau kambing. Namun perlu diperhatikan, kotoran tersebut perlu diolah terlebih dahulu semoga penguraian zat renik terhenti atau sampai kotoran tersebut tidak berbau, panas, bertekstur remah atau kering, dan berwarna cokelat.


Kompos yaitu pupuk yang berasal dari pelapukan sisa-sisa tumbuhan (dedaunan, rerumputan dan sampah, pupuk kompos ini juga sebaiknya sudah masak atau telah bertekstur halus dan berwarna cokelat. Untuk mencegah cendawan atau bakteri, pupuk sangkar dan humus disterilkan dengan cara mengukusnya selama 0,5-1 jam.


Cara Menanam dan Merawat Philodendron


Tanaman philodendron sanggup diperbanyak dengan dua cara yaitu dengan cara stek dan cara penyilangan. Tapi umumnya yang dipakai yaitu cara stek atau pemotongan alasannya yaitu dianggap lebih efektif.


Pemotongan tumbuhan philodendron sebaiknya dilakukan pada tumbuhan yang sehat dan mempunyai batang berwarna coklat. Pemotongan batang sanggup dilakukan dengan memakai pisau. Potong batang minimal 3-5 cm. Tapi pastikan batang yang dipotong tersbeut sudah mempunyai tunas.


Setelah itu, tanam batang pada media tanam berupa pasir. Sebaiknya pasir dicuci higienis terlebih dahulu. Setelah itu tanam dan beri air. Usahakan untuk tidak memberi air terlalu banyak alasannya yaitu sanggup menyebabkan kebusukan pada tanaman.


Setelah tumbuhan tumbuh dan berakar, sanggup eksklusif dipindah ke media pot yang berisi gabungan tanah dengan humus atau kompos. Lakukan perawatan secara rutin semoga tumbuhan tumbuh dengan baik.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Philodendron Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Philodendron Bagi Pemula dengan Benar dan Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel