6 Panduan Lengkap Cara Cepat Budidaya Tanaman Brotowali Di Rumah Bagi Pemula

6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Brotowali Di Rumah Bagi Pemula – Bratawali, Brotowali atau Akar Aliali (Tinospora crispa) merupakan tumbuhan obata tradisional Indonesia yang sanggup ditanam di pekarangan atau tumbuh liar di hutan. Nama lain brotowali ialah andawali, antawali, putrawali atau daun gadel.


Tanaman Brotowali merupakan tumbuhan perdu memanjat dengan tinggi batang mencapai 2,5 meter. Batang brotowali berukuran sebesar jari kelingking, berbintil rapat yang rasanya pahit. Daun brotowali tunggal dengan bentuk ibarat jantung atau agak bulat ibarat telur dengan ujung lancip dengan ukuran sekitar 7-12 cm untuk panjangnya dan 5-10 cm untuk lebarnya. Bunga brotowali berukuran kecil dengan warna hijau muda.


Klasifikasi ilmiah

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Ranunculales

Famili: Menispermaceae

Genus: Tinospora

Spesies: T. crispa


Tanaman brotowali kaya kandungan kimia diantaranya ibarat alkaloid (berberina dan kolumbina yang terkandung di akar dan batang, damar lunak, pati, glikosida pikroretosid, zat pahit pikroretin, hars, berberin, palmatin, kolumbin (akar), kokulin (pikrotoksin).


Tanaman brotowali mempunyai banyak manfaat, rebutsan batang brotowali yang sangat pahit sanggup dijadikan obat rematik, mengurangi gula darah, menurunkan panas, dan membantu mengurangi tanda-tanda kencing manis.


Cara Budidaya Brotowali


Syarat Tumbuh Tanaman Brotowali


Tanaman brotowali sanggup tumbuh dengan baik pada tempat dataran rendah sampai dataran tinggi dengan ketinggian 1.700 m diatas permukaan laut. Tanaman ini nisas tumbuh liar di hutan, ladang atau halaman rumah. Tanaman brotowali menyukai tempat terbuka dan memerlukan banyak sinar mata hari.


Persiapan Lahan Tanam Brotowali


Lahan yang akan dijadikan tempat tanam brotowali perlu di siapkan sebulan sebelum tanam. Buatlah lubang tanam dengan ukuran 20 cm x 20 cm x 30 cm. Jika lubang tanam sudah jadi, setiap lubang tanam diberi pupuk sangkar sebanyak 0,5 sampai 1kg dicampur dengan tanah.


Tanaman brotowali membutuhkan tiang panjat, tiang panjat tersebut sanggup berupa tiang panjat hidup ataupun tiang panjat mati. Tiang panjat tersebut ditanam disamping lubang tanam sebelum dilakukan penanaman.


Persiapan Bibit Brotowali


Brotowali sanggup diperbanyak melalui stek batang supaya pertumbuhan tumbuhan seragam. Stek batang diambil dari batang yang sehat dan cukup tua. Panjang stek batang sanggup 5 cm, 10 cm, atau 15 cm.


Bibit stek tersebut kemudian ditanam di polybag tanam yang berisi media tanam berupa adonan pupuk sangkar dan tanah dengan perbandingan 1 : 1. Stek batang ditunaskan selama 3-4 minggu. Untuk mempercepat pertumbuhan tunas sanggup dipakai atonik atau air kelapa.


Cara Menanam Brotowali


Jika semua sudah siap, lakukan penanaman segera. Lepaskan polybag bibit brotowali dengan hati-hati. Selanjutnya, masukan bibit ke dalam lubang tanam kemudian tutup kembali dengan media tanam di sekitar bibit kemudian padatkan. Agar kelembapan tanah terjaga dan juga pertumbuhan gulma terhambat, sebaiknya diberi mulsa dari jerami, serasah atau dedaunan kering.


Cara Pemeliharaan Brotowali


Lakukan pemupukan dengan memakai pupuk organik baik itu pupuk sangkar maupun pupuk kompos. Lakukan pula penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tumbuhan brotowali. penyiangan ini sanggup dilakukan secara manual maupun dengan penggunaan herbisida.


Pemanenan Brotowali


Barang brotowali sanggup mulai dipanen jikalau sudah berwarna cokelat kehitaman. Cara panen brotowali dilakukan dengan cara memangkas batang brotowali. Setelah itu potong ksar batang dan keringkan.


Demikian artikel pembahasan tentang”6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Brotowali Di Rumah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "6 Panduan Lengkap Cara Cepat Budidaya Tanaman Brotowali Di Rumah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel