Panduan Lengkap Cara Cepat Budidaya Tanaman Akar Manis Bagi Pemula


Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Akar Manis Bagi Pemula – Akar bagus atau Licorice atau Liquorice merupakan akar Glycyrrhiza glabra. Tanaman akar  bagus ini merupakan salah satu jenis tumbuhan polong-polongan yang berasal dari Eropa  Selatan dan beberapa wilayah Asia.


Klasifikasi Ilmiah Akar Manis

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Fabales

Famili: Fabaceae

Subfamili: Faboideae

Bangsa: Galegeae

Genus: Glycyrrhiza

Spesies: G. glabra



Akar bagus termasuk tumbuhan tahunan berbentuk terna dan sanggup tumbuh sampai satu meter  dengan daun yang tumbuh menyerupai sayap (pinnate) yang panjangnya 7-15 cm. Daunnya inflorescens atau berkelompok dalam satu cabang, warna daunnya keunguan sampai putih kebiru-biruan dan berukuran panjang 0,8-1,2 cm. Buah akar bagus berpolong dan berbentuk panjang sekitar 2-3 cm dan mengandung biji.


Manfaat akar bagus diantaranya melegakan sakit tenggorokan, meringankan batuk, tukak lambung, sakit perut, bronkitis bahkan kolesterol.


Tanaman akar bagus ini sering dijadikan sebagai tumbuhan obat. Jika anda ingin melakukan  budidaya atau menanam tumbuhan akar manis, berikut selengkapnya:


Cara Budidaya Tanaman Akar Manis


Persiapan Lahan Dan Bibit Akar Manis


Tanaman akar bagus tolong-menolong sanggup tumbuh di semua jenis tanah, manun tumbuhan akan bagus akan tumbuh dengan baik pada tanah berbatu. Selain ditanam pada tanah langsung, tumbuhan akar bagus juga sanggup ditanam dalam pot, anda sanggup memakai pot kecil yang sudah diberi gabus, tanah, sekam, sedikit bebatuan dan juga cacahan daun yang tersusun rapi di atasnya.


Setelah media tanam siap, siapkan juga biji bibit tumbuhan akar manis. Biji bibit tumbuhan akar bagus tersebut sanggup diperoleh di toko tanaman.


Penanaman Tanaman Akar Manis


Jika biji bibit sudah diperoleh, jangan pribadi lakukan penanaman. Biarkan tanah pada lahan tanam akar bagus lembab terlebih dahulu, dengan begitu biji akar bagus yang ditanam tidak kering dan sanggup tumbuh dengan baik. Jika tanah pada lahan tanam sudah lembab, selanjutnya taburkan biji akar bagus pada tanah lahan tanam yang sudah disiapkan secara merata. Setelah itu, taburkan pupuk organik diatasnya tipis saja jangan terlalu banyak.


Perawatan Tanaman Akar Manis


Jaga lahan tanam biar tetap lembab biar tumbuhan akar bagus sanggup tumbuh dengan baik. Lakukan penyiraman dengan memakai water spray. Selain penyiraman lakukan pula pemupukan secara teratur.


Masa Panen Tanaman Akar Manis


Sebelum mencapai usia matang, tumbuhan akar bagus sudah sanggup dimanfaatkan kalau sudah tumbuh dengan baik atau tumbuhan telah mencapai ketinggian lebih dari satu meter. Pada demam isu kemarau, akan ada bunga berwarna ungu yang menanadakan bahwa tumbuhan tersebut telah berkembang dengan baik. Akar bagus yang sudah dipanen sanggup dimanfaatkan sebagai obat tradisional atau diolah menjadi permen.


Demikian artikel tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Akar Manis Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Cepat Budidaya Tanaman Akar Manis Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel