7 Panduan Lengkap Cara Budidaya Cabe Merah Keriting Yang Baik Dan Benar Agar Sukses

7 Panduan Lengkap Cara Budidaya Cabe Merah Keriting Yang Baik Dan Benar Agar Sukses – Cabe Merah (Capsicum annuum) yaitu salah satu jenis sayuran yang berasal dari suku Solanaceae dan genus Capsicum. Tanaman cabai merah berasal dari benua amerika yang beriklim subtropis dan tropis. Biasanya cabai merah dipakai sebagai bumbu penguat rasa pedas pada kuliner menyerupai rendang atau lain sebagainya.


Banyak orang yang mencoba membudidayakan cabai merah keriting ini. Cabe merah keriting merupakan salah satu komoditas yang menjanjikan, terkadang pada waktu tertentu harga cabai keriting sanggup sangat tinggi. Walaupun tidak gampang untuk membudidayakannya dan harus berhadapan dengan harganya yang naik turun, cuaca yang tidak menentu dan serangan hama.


Namun bila anda ingin membudidayakan cabai keriting ini, berikut panduan budidaya selengkapnya.


Cara Budidaya Cabe Merah Keriting


Syarat Tumbuh Cabe Merah Keriting


Tanaman cabai merah keriting sanggup tumbuh baik di tempat dataran rendah maupun dataran tinggi dengan ketinggian mencapai 2000 mdpl, beriklim tropis, dan bersuhu lembab sekitar 16°C-23°C.


Tanaman cabai ini juga sanggup tumbuh di hampir semua jenis tanah, namun tanah yang paling baik untuk budidaya cabai merah keriting ini yaitu tanah yang kaya organik, gembur, subur, tidak gampang menggenang dengan pH tanah sekitar 5,5-6,8.


Persiapan Bibit Cabe Merah Keriting


Cabe merah keriting mempunyai banyak varietas, jadi pilihlah varietas cabai merah keriting yang sesuai dengan tempat anda. Bibit tersebut sanggup anda siapkan sendiri atau membelinya di toko pertanian.


Pembenihan dan Penyemaian Cabe Merah Keriting


Jika bibit sudah siap, selanjutnya lakukan penyemaian dalam polybag. Siapkan terlebih dahulu media semai berupa adonan tanah, arang sekam dan kompos dengan perbandingan 2 : 1 : 1 atau sanggup juga hanya adonan tanah dan kompos dengan perbandingan 1 : 1. Sebelum dicampur semua media tersebut harus diayak dahulu semoga halus. Kemudian, masukan media semai ke dalam polybag semai.


Tempat penyemaian diberi naungan semoga tidak terkena sinar matahari secara langsung, hujan, bila perlu di tutup tempat penyemaian dengan jaring semoga terhindar dari serangga dan hama.


Sebelum bibit cabai merah keriting di semai, rendam biji cabai merah keriting direndam terlebih dahulu dengan air hangat minimal sekitar 3 jam. Selanjutnya masukkan biji cabai merah keriting tersebut ke polybag yang sudah disiapkan tadi sedalam o,5 cm kemudian tutup kembali dengan media semai disekitarnya. Setelah itu, siram semoga kelembaban media tetap terjaga.


Lakukan penyiraman secara rutin yaitu setiap pagi dan sore hari. Cara penyiraman yang benar yaitu penyiraman dilakukan secukupnya saja kemudian polybag ditutu dengan koran semoga kelembabannya terjaga. Buka koran tersebut sesudah 3 hari biji tumbuh. Setelah berumur 21-23 hari atau telah mempunyai 3-4 helai daun, bibit cabai merah keriting sanggup dipindah ke lahan tanam yang sebenarnya.


Persiapan Lahan Tanam


Lahan tanam yang akan dipakai untuk budidaya cabai merah keriting perlu diolah terlebih dahulu. Bersihkan gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya, sesudah itu tanah pada lahan digemburkan terlebih dahulu dengan cara di cangkul sedalam 20-40 cm.


Jika sudah, buatlah bedengan dengan tinggi sekitar 30-40 cm dan lebar sekitar 1 meter dengan panjang bedengan diadaptasi lahan. Setiap bedengan diberi jarak sekitar 60 cm.


Karena pH tanah yang baik untuk menanam cabai merah keriting yaitu 6-7, jadi bila terlalu asam maka perlu dilakukan pengapuran bersamaan dengan pembuatan bedengan. Jika bedengan sudah tamat dibuat, lakukan pemupukan dasar dengan memakai pupuk sangkar atau pupuk kompos, tambahkan pula pupuk KCl dan Urea.


Untuk meminimalisir abrasi dan gulma serta menjaga kelembaban dan kebersihan bedengan maka bedengan perlu diberikan mulsa berupa plastik hitam perak.


Buatlah lubang tanam di bedengan dengan kedalaman dan diameter sekitar 10 cm. Setiap lubang tanam di beri jarak sekitar 60-70 cm, lebih baik lagi lubang tanam dibentuk zigzag.


Cara Menanam Cabe Merah Keriting


Jika semuanya sudah siap dan bibit sudah berumur 3 ahad atau telah mempunyai 3-4 helai daun, maka lakukan penanaman segera. Sobek polybag semai kemudian masukkan bibibt beserta media semainya ke dalam lubang tanam yang telah dibentuk dan tutup lembali dengan media tanam. Setelah itu, lakukan penyiraman semoga kelembabannya terjaga.


Cara Merawat Cabe Merah Keriting


Lakukan penyiraman secara teratur dengan cara penggenangan atau memakai gembor. Jika mengguanakan teknik penggenangan maka lakukan penggenangan lahan tanam setiap 2 ahad sekali. Lakukan penyulaman pada ahad pertama sesudah tanam, apabila ada tumbuhan yang mati atau rusak segera ganti semoga tumbuh seragam.


Setelah berumur 7 hari tanam, tumbuhan cabai merah keriting perlu diberi ajir semoga tetap bangun tegak. Jika tumbuhan cabai sudah tumbuh tinggi atau telah berumur sekitar 1 bulan tanam maka ikatkan dengan ajir. Lakukan pemotongan tunas ketika tumbuhan berumur 3 ahad bagi tumbuhan cabai yang ditanam di dataran rendah dan sekitar 1 bulan bagi tumbuhan cabai di dataran tinggi Buang tunas yang ada di ketiak daun, pemotongan ini dilakukan sampai cabang utama tumbuhan terbentuk dengan ditandai munculnya bunga pertama.


Lakukan pemupukan dengan memakai pupuk cair setiap 2 ahad sekali. Pemupukan ini dilakukan sebanyak 8 kali sampai pemanenan. Selain dengan pupuk cair, pemupukan juga sanggup dilakukan dengan memakai pupuk NPK. Selain itu, lakukan pula penyiangan pada gulma (jika ada).


Masa Penen Cabe Merah Keriting


Pemanenan cabai merah keriting ini sanggup dilakukan sesudah tumbuhan cabai berumur sekitar 75-85 hari. pemanenan ini sanggup dilakukan setipa 2-5 hari sekali. Waktu yang baik untuk memanen cabai merah keriting ini yaitu pada pagi hari sekitar pukul 5-7 pagi.


Demikian artikel pembahasan tentang”7 Panduan Lengkap Cara Budidaya Cabe Merah Keriting Yang Baik Dan Benar Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa.




Belum ada Komentar untuk "7 Panduan Lengkap Cara Budidaya Cabe Merah Keriting Yang Baik Dan Benar Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel