Panduan Cara Menanam dan Merawat Kubis/Kol Dalam Pot/Polybag Yang Benar Agar Cepat Panen

Panduan Cara Menanam dan Merawat Kubis/Kol Dalam Pot/Polybag Yang Benar Agar Cepat Panen – Kubis, Kol, atau Kobis merupakan sejenis sayuran daun yang masuk dalam kelompok kultivar Brassica oleracea (Brassica oleracea var. capitata, var. tuba, var. sabauda atau var. acephala). Terdapat 3 macam warna kubis ialah hijau sangat pucat sehingga disebut forma alba (putih), kubis dengan warna hijau (forma viridis) dan ungu kemerahan (forma rubra).


Kubis segar mengandung banyak sekali vitamin menyerupai vitamin A, beberapa vitamin B, vitamin C dan juga vitamin E. Selain itu juga mengandung banyak sekali mineral menyerupai kalium, kalsium, fosfor, besi dan juga natrium.


Cara Menanam dan Merawat Kubis Dalam Pot/Polybag


Persiapan dan Penyemaian Bibit Kubis


Sebelum ditanam ke dalam pot/polybag, benih kubis perlu dilakukan penyemaian. Siapkan tray atau polybag berukuran kecil sekitar10 x 10 atau 10 x 12 atau 10 x 15 sebagai daerah penyemaian. Media semai yang dipakai ialah adonan tanah dengan pupuk sangkar atau kompos dengan perbandingan 1: 1, aduk merata kemudian masukan ke dalam baki atau polybag. Selanjutnya, letakkan pada daerah yang teduh semoga tidak terkena hujan tapi masih terkena sinar matahari.


Selanjutnya, bibit disemai dalam baki atau polibag yang telah berisi media tanam, kemudian tutup kembali dengan media tanam tersebut sedalam setengah sentimeter.


Lakukan penyiraman secara teratur ialah setiap dua hari sekali apabila isu terkini cukup baik namun apabila isu terkini kemarau lakukan sebanyak 1-2 kali sehari, sehabis 4-6 ahad sehabis tanam atau sudah tumbuh sekitar 5-6 lembar daun, bibit sanggup dipindahkan kedalam pot atau polybag.


Cara Menanam Kol/Kubis Dalam Pot


Beberapa hari sebelum tanam, siapkan terlebih dahulu media tanam berupa adonan tanah, pupuk sangkar dan kompos kemudian masukkan dalam pot atau polybag tanam yang akan dipakai kemudian diamkan beberapa hari.


Jika sudah, lakukan penanaman segera. Ambil bibit di daerah semai, kemudian tanam dalam media tanam pada pot atau polybag yang telah disiapkan sedalam leher akar.


Berikan mulsa berupa dedaunan kering atau plastik, kemudian letakkan pot atau polybag tanam tersebut pada daerah terbuka.


Cara Merawat Kubis/Kol Dalam Pot


Apabila tumbuhan masih kecil, penyiraman sanggup dilakukan setiap 1-2 hari sekali, namun jikalau sudah tumbuh besar maka penyiraman sanggup dilakukan setiap 1-2 kali sehari.


Selain penyiraman, lakukan pula pemupukan. Pemupukan tersebut sanggup dilakukan pada ahad ke 3 atu 4 sehabis tanam apabila pemupukan tersebut memakai pupuk kimia,berikan pupuk kompos atau pupuk kandang. Jika memakai pupuk NPK maka pemupukan sanggup dilakukan pada ahad ke 2,4 dan 8 sehabis tanam. Pemupukan ini dilakukan dengan menciptakan lubang disekitar tumbuhan kemudian pupuk diletakkan pada lubang tersebut dan ditimbun kembali.


Pemanenan Kubis/Kol


Pemenenan kubis atau kol ini sanggup dilakukan sehabis lima bulan sehabis tanam, atau jikalau tumbuhan sudaj bulat, padat dan keras.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Cara Menanam dan Merawat Kubis/Kol Dalam Pot/Polybag Yang Benar Agar Cepat Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Cara Menanam dan Merawat Kubis/Kol Dalam Pot/Polybag Yang Benar Agar Cepat Panen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel