Cara Mudah Menanam Alpukat Dalam Pot (Tabulampot Alpukat) Agar Cepat Berbuah Di Rumah

Cara Praktis Menanam Alpukat Dalam Pot (Tabulampot Alpukat) Agar Cepat Berbuah Di Rumah – Alpukat atau Apokat atau Avocad yaitu salah satu jenis buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko. Alpukat berasal dari famili Lauraceae dan genus Persea dengan nama latin Persea americana. Alpukat mempunyai pohon dengan ketinggian sanggup mencapai sekitar 20 meter, daunnya mempunyai panjang sekitar 12 cm-25 cm. Buah alpukat bertipe buni dengan biji berukuran 5 cm- 6,4 cm didalamnya, kulit buahnya berwarna hijau renta hingga ungu kecokelatan tergantung varietasnya serta permukaannya tidak rata. Daging buahnya bertekstur lembut dengan warna kuning muda pada cuilan erat biji dan berwarna hijau muda dibagian erat kulit buah.


Klasifikasi ilmiah Alpukat

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Laurales

Famili: Lauraceae

Genus: Persea

Spesies: P. americana


Alpukat mempunyai banyak manfaat, manfaat apokat diantaranya menyerupai sanggup mencegah risiko terkena penyakit stroke, sanggup menjaga kesehatan mata, sanggup membantu mengobati sakit Maag, sanggup membantu menurunkan kadar kolesterol dan masih banyak lagi yang lainnya. Karena banyak orang yang gemar mengkonsumsi alpukat ini serta banyaknya manfaat dari alpukat, sekarang banyak orang yang membudidayakan alpukat ini. Namun bagi anda yang

tidak mempunyai lahan luas untuk menanam apokat ini, anda sanggup menanam alpukat dalam pot  atau tabulampot alpukat, berikut cara selengkapnya:


Cara Menanam Alpukat Dalam Pot (Tabulampot Alpukat)


Persiapan Bibit Alpukat

Bibit pohon alpukat sanggup diperoleh dengan 3 cara yaitu dengan cara cangkok atau setek  batang, melalui biji, dan juga okulasi atau sambung pucuk.


Melalui Cangkok

Pilihlah cabang yang subur , tidak mempunyai banyak cabang baru, tidak terlalu renta ataupun muda, cabang tersebut merupakan cabang pohon indukan yang mempunyai riwayat buah yang baik mulai dari rasanya, ketahanananya terhadap serangan hama dan penyakit dan lain sebagainya.


Setelah cabang cangkok mempunyai akar, maka potonglah cuilan pangkal cabang sekitar 3 cm dari cangkokan. Jika sudah, selanjutya tanam cabang cangkok tersebut dalam polybag semai dengan terlebih dahulu epilog cangkokan dibuka. Letakkan bibit alpukat pada kawasan yang teduh, lakukan penyiraman secara rutin, serta lakukan perawatan lainnya hingga bibit cangkok mempunyai banyak akar dan sanggup dipindahtanamkan pada lahan tanam.


Melalui Biji

Apabila anda akan menanam alpukat dari biji, maka anda perlu penyemaian biji terlebih dahulu. Buah alpukat yang sudah renta di belah kemudian bijinya diambil, selanjutnya biji dijemur selama sekitar 3 jam sehabis itu letakkan pada kawasan yang teduh. Semailah biji benih pada polybag semai, lakukan perawatan pada biji benih hingga tumbuh menjadi bibit dengan ketinggian sekitar 1 meter atau siap di pindah tanamkan pada lahan tanam.


Melalui Sambung Pucuk atau Okulasi

Apabila anda ingin pohon alpukat yang anda semai dari biji sanggup cepat berbuah, anda sanggup menentukan cara sambung pucuk ini. Caranya ambillah tunas pohon alpukat yang telah berbuah sebagai batang atas dan pohon alpukat hasil semai biji menjadi batang bawah.


Namun jikalau anda tidak mau repot, anda sanggup membeli bibit alpukat tersebut di toko tanaman.


Cara Menanam Alpukat Dalam Pot


Pot yang dipakai untuk menanam alpukat ini perlu berukuran besar sebab tanaman  alpukat akan tumbuh membesar, pot yang dipakai kira-kira berdiameter sekitar 40 cm dengan tinggi sekitar 45 cm.


Selanjutnya, isi pot dengan media tanam berupa cempuran tanah bakar dengan pasir dan  pupuk kandang, serta pupuk jenis kimia lainnya. Perbandingan yang di anjurkan yaitu berbanding sama dengan tanahnya.


Biasanya, penanaman dilakukan pada malam hari, sebab pada malam hari suhu udara hambar sehingga tumbuhan sanggup tumbuh dengan subur. Karena tumbuhan alpukat tersebut memang menyukai udara yang hambar dan lembab.


Cara Merawat Tabulampot Alpukat


Setelah penanaman dilakukan, lakukan perawatan secara rutin. Lakukan penyiraman dan pemupukan secara teratur setiap harinya, penyiraman dan pemupukan dilakukan harus sesuai takaran yang di anjurkan.


Selain itu, lakukan pula pemangkasan setiap 3 bulan sekali supaya tumbuhan tidak gampang terjangkit hama dan penyakit, dan jangan lupa semprotkan cairan pestisida secara teratur.


Lakukan pula pergantian pot harus dilakukan setiap 2 tahun sekali, sebab tumbuhan alpukat ini cepat tumbuh membesar sehingga membutuhkan pot yang lebih besar dari sebelumnya. Selain pot, lakukan pula pergantian media tanam yang sanggup dilakukan setiap 4-6 tahun sekali.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Praktis Menanam Alpukat Dalam Pot (Tabulampot Alpukat) Agar Cepat Berbuah Di Rumah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Menanam Alpukat Dalam Pot (Tabulampot Alpukat) Agar Cepat Berbuah Di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel