Cara Mudah Menanam dan Merawat Cemara Kipas Untuk Tanaman Hias Pekarangan Rumah

Cara Praktis Menanam dan Merawat Cemara Kipas Untuk Tanaman Hias Pekarangan Rumah – Cemara Kipas yakni tumbuhan hias yang masuk dalam suku Cupressaceae (Cemara-cemaraan). Tanaman ini biasanya ditanam di pekarangan rumah. Habitus tumbuhan cemara ini membentuk kerucut dan bentuk daunnya mempunyai bentuk menyerupai kipas. Cemara kipas ini juga sering dijadikan cemara hias perayaan natal.


Klasifikasi Ilmiah

Kingdom: Plantae

Super Divisi: Spermatophyta

Divisi: Coniferophyta

Kelas: Pinopsida

Ordo: Pinales

Famili: Cupressaceae

Genus: Thuja

Spesies: Thuja orientalis L.


Cemara kipas mempunyai batang tegak, silindris dan ramping. Permajemuk berbentuk kipas, bersisik dan berwarna hijau tua.


Banyak orang menanam cemara kipas sebagai tumbuhan hias atau penghijau. Selain itu, cemara kipas ini juga sanggup dijadikan obat tradisional untuk penyakit kudis, salesma, amenore, rematik, demam dan batuk. Sedangkan batangnya dimanfaatkan sebagai materi pembuat pagar, tiang ataupun perahu.


Cara Menanam dan Merawat Cemara Kipas


Cara Pembibitan Cemara Kipas


Pembibitan cemara kipas sama menyerupai cemara afrika yaitu dengan cara cangkok. Pilihlah batang yang sudah remaja dan mempunyai panjang lebih dari 30 cm. Lalu potong dan kerat kulit batangnya, sehabis itu bungkus tanah kemudian dibalut plastik bening supaya pertumbuhan akarnya sanggup dipantau. Lakukan penyiraman setiap sehari sekali supaya akar cepat tumbuh dengan baik. Setelah akar tumbuh banyak, segera potong batang tersebut dan diamkan 24 jam di daerah lembab atau lembap dan selanjutnya batang gres sanggup ditanam.


Cara Menanam Cemara Kipas


Siapkan media tanam bibit berupa adonan tanah dan pupuk sangkar dengan perbandingan 1:1. Tanam bibit dalam lubang tanam yang dibentuk dengan kedalaman sekitar 20-25 cm. Timbun kembali bibit dengan media tanam yang telah dibentuk kemudian padatkan media tanam tersebut supaya tumbuhan sanggup tumbuh tegak dan tidak gampang roboh. Lakukan penyiraman pada media tanam dengan air supaya kelembapan dan kesejukan media tanam tetap terjaga.


Cara Merawat Cemara Kipas


Lakukan penyiraman secukupnya setiap 2-3 hari sekali. Untuk pemangkasan, sanggup dilakukan kalau diharapkan alasannya tumbuhan cemara kipas mempunyai batang yang jarang dibandingkan dengan jenis cemara lain dan tumbuhnya juga teratur. Lakukan pula pemupukan bersamaan dengan penyiangan yaitu setiap 2-2,5 bulan sekali.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Praktis Menanam dan Merawat Cemara Kipas Untuk Tanaman Hias Pekarangan Rumah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Menanam dan Merawat Cemara Kipas Untuk Tanaman Hias Pekarangan Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel