Panduan Cara Menanam dan Budidaya Tanaman Bunga Landep “Tanaman Obat Rematik”

Panduan Cara Menanam dan Budidaya Tanaman Bunga Landep “Tanaman Obat Rematik” – Tanaman Landep atau porcupine flower (Barleria prionnitis) merupakan salah satu jenis tumbuhan obat keluarga (toga) yang berasal dari India, Sri Lanka dan Afrika Tengah. Tanaman landep ini merupakan tumbuhan yang tumbuh liar.


Klasifikasi Tumbuhan Landep

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)

Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)

Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)

Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)

Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)

Sub Kelas: Asteridae

Ordo: Scrophulariales

Famili: Acanthaceae

Genus: Barleria

Spesies: Barleria prionitis L.


Tanaman landep mempunyai bermacam-macam manfaat, manfaat tumbuhan landep ialah sanggup membantu mengobati rematik, encok, sakit perut, cacingan, kurap, perut dan busung, menurunkan demam serta mencegah kerusakan gigi. Sedangkan bunga landep yang berwarna kuning manis ini bermanfaat sebagai peluruh kencing. Selain itu, daun landep juga bermanfaat untuk menyuburkan dan menjaga kehitaman rambut ialah dengan cara menumbuk halus daun landep kemudian gunakan untuk keramas, diamnkan beberapa menit sampai kering kemudian bilas, lakukan hal ini selama 2-3 bulan maka karenanya akan terlihat.


Cara Menanam dan Budidaya Bunga Landep


Pembibitan Bunga Landep


Pembibitan bunga landep sanggup dilakukan dengan memakai biji maupun tunas. Ambil biji yang telah benar-benar tua, kemudian jemur sampai kering. Kemudian, simpan beberapa ketika dan sanggup pribadi di tebar ke lahan tanam. Jika sudah mempunyai rumpun, tumbuhan induk sanggup diperbanyak dengan memakai tunas. Pisahkan tunas yang akan dijadikan bibit dari tumbuhan induknya.


Penanaman Bunga Landep


Pertama, siapkan terlebih dahulu media tanam berupa gabungan antara tanah gembur dengan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1. Selanjutnya, bibit sanggup pribadi ditanam ke media tanam. Tebarkan biji benih bunga secara merata kemudian tutup kembali fengan tanah tipis saja semoga tumbuhan cepat tumbuh. Jika memakai bibit, pribadi saja tanam. Lakukan penyiraman setiap hari secara rutin ialah pada pagi dan sore hari.


Perawatan Bunga Landep


Perawatan yang perlu dilakukan pada tumbuhan bunga landep ialah cukup penyiraman dan pemupukan terencana saja. Penyiraman sanggup dilakukan 1-2 ahad sekali, penyiraman tersebut dilakukan sepecukupnya saja. Sedangkan pemupukan sanggup dilakukan setiap 1,5-2 bulan sekali dengan memakai pupuk kandang/kompos.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Cara Menanam dan Budidaya Tanaman Bunga Landep “Tanaman Obat Rematik”“,  semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Cara Menanam dan Budidaya Tanaman Bunga Landep “Tanaman Obat Rematik”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel