Cara Budidaya Tanaman Cemara Norfolk Di Rumah Bagi Pemula Agar Sukses

Cara Budidaya Tanaman Cemara Norfolk Di Rumah Bagi Pemula Agar Sukses – Cemara merupakan tumbuhan yang sanggup tumbuh sampai ketinggian sekitar 6 meter, memiliki cabang dan ranting yang tersusun rapi serta tertutup daun yang mempunyai bentuk seperti jarum yang tumpul. Daun muda cemara mempunyai panjang sekitar 1-1,5 cm, tebal sekitar 1 mm dan berwarna hijau. Semakin tinggi pohon cemara maka cabangnya tidak simetris.


Permukaan batang pohon cemara ini berangasan dan mengandung resin yang sanggup dimanfaatkan di industri kosmetika. Salah satu jenis pohon cemara yang sering dijadikan tumbuhan hias yaitu cemara norfolk. Cemara norfolk ini mempunyai bunga dengan benang sari yang banyak yang sanggup menghasilkan buah berbentuk runcing dengan diameter sekitar 10-13 cm. Bentuk pohon cemara menyerupai piramida jadi sering dimanfaatkan sebagai pohon natal.


Klasifikasi Ilmiah Cemara Norfolk

Kingdom: Plantae

Divisi: Spermatophyta

Subdivisi: Gymnospermae

Classi: Coniferae / Coniferinae

Ordo: Araucariales

Familia: Araucariaceae

Genus: Araucaria

Species: Araucaria heterophylla


Cemara norfolk menyukai kondisi lingkungan dengan intesitas cahaya matahari penuh, tanah gembur, drainase yang baik dan menyukai dataran rendah. Pohon cemara ini tahan terhadap angin. Perbanyakan cemara norfolk sanggup dilakukan dengan cara cangkok batang dan melalui biji cemara.


Cara Menanam dan Merawat Cemara Norfolk


Syarat Tumbuh Dan Perlakukan


Tanaman cemara ini sanggup tumbuh dengan baik apabila mendapatkan cahaya matahari atau cahaya tidak langsung. Jika tumbuhan ini hanya mendapat cahaya buatan, minimal cahaya yang diharapkan harus berkekuatan 400 f.c


Tanaman ini membutuhkan suku lingkungan pada siang hari sekitar 68°F-72°F, malam hari 50°F-55°F. Namun  toleran terhadap suhu 45°F-85°F.


Cemara Norflok tumbuh apabila media tanamnya berupa campuran  tanah, pupuk sangkar atau kompos, dan pasir. Media tanam sebanyak 4,5 kg harus ditambah 1,5 sdt super-phosphat 20%, 1 sdm kapur dan  2 sdt pupuk 5-10-5. Dan pastikan media tanam tersebut tetap terjaga kelembapannya.


Untuk pemupukan  sanggup dilakukan setiap 1-3 bulan sekali. Sedangkan tumbuhan yang gres dibeli, pemupukan sanggup dilakukan sesudah 4-6 bulan.


Pengepotan kembali sanggup dilakukan sesudah tumbuhan tumbuh lebat, akar memenuhi pot dan keluar. Dalam kurun waktu 3-4 tahun, tumbuhan sudah harus diganti pot dan juga media tanam yang lebih banyak sesuai dengan perkembangan tanaman.



Cara Menanam Cemara Norfolk


Pohon cemara norfolk ini dapar diperbanyak melalui biji dan juga stek. Berikut cara menyetek cemara norfolk:


Bagian yang dijasikan bibit stek yaitu bab pucuk batang. Pastikan tumbuhan yang akan distek sudak mempunyai cabang minimal sebanyak 6 tingkat. Sedangkan ujung tumbuhan di potong pada bagai ruas batang pertama atau kedua sepanjang 20-30 cm.


Setelah itu, olesi batang stek dengan zat perangsang tumbuh akar. Setelah itu bibit stek sanggup pribadi ditanam pada media semai berupa humus andam atau yang lainnya.


Setelah beberapa lama, biasanya bekas penggalan tersebut akan tumbuh 2-3 tunas baru. Jika panjang tunas sudah mencapai 20-30 cm, tunas tersebut sanggup dijadikan materi stek.


Gunakan media tanam berupa adonan tanah humus dan sedikit sekam. Setelah berumur 3-4 bulan, akar bibit stek akan muncul dan sanggup dipindahkan ke pot pembibitan sesudah 1-2 bulan.


Cara Merawat Pohon Cemara Norfolk


Perawatan yang perlu dilakukan pada tumbuhan cemara ini yaitu penyiraman dan pemupukan. Penyiraman sanggup dilakukajn secara rutin kecuali pada trend hujan. Sedangkan pemupukan sanggup dilakukan dengan memakai pupuk sangkar atau pupuk kimia dengan frekuensi tunjangan tergantung lamanya pupuk tersebut habis.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Tanaman Cemara Norfolk Di Rumah Bagi Pemula Agar Sukses“, supaya bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Tanaman Cemara Norfolk Di Rumah Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel