Panduan Cara Menanam dan Budidaya Bunga Sambang Darah Di Rumah Bagi Pemula

Panduan Cara Menanam dan Budidaya Bunga Sambang Darah Di Rumah Bagi Pemula – Sambang darah (Excoecaria cochinchinensis) yaitu tumbuhan berguna obat bersifat beracun dan berasal dari China dan Asia Tenggara. Nama lain tumbuhan sambang darah ini di Indonesia yaitu daun remek daging, daun sambang darah, ki sambang. Habitat sambang nyawa atau tempat yang banyak ditemukan tumbuhan bunga sambang nyawa yaitu  hutan dan ladang pada tempat terbuka atau sedikit terlindung.


Klasifikasi ilmiah Sambang darah

Kingdom: Plantae

(tidak termasuk): Angiospermae

(tidak termasuk): Eudikotil

(tidak termasuk): Rosidae

Ordo: Malpighiales

Famili: Euphorbiaceae

Genus: Excoecaria

Spesies: E. cochinchinensis


Tanaman sambang darah ini berupa tumbuhan perdu kecil dengan ketinggian sanggup mencapai 0,5-3 meter. Tanaman ini mempunyai batang berkayu dengan banyak percabangan, ketika terkena tabrakan maka akan keluar getah putih beracun. Daun sambang darah tunggal dan agak panjang dengan letak saling berhadapan atau berseling, bentuk daunnya jorong sampai lanset memanjang dengan warna hijau bau tanah dibagian atas dan merah gelap dibagian bawahnya. Bunga sambang darah tergolong bunga beragam berwarna kuning, berukuran kecil tersusun tandan dan muncul daru ujung cabang/batang.


Tanaman sambang darah mengandung asam shikimat, tanin, asam behenat, asam palmat, asam sterat, excolabdone A, B, & C, triterpenoid eksokarol, excoecariodes A dan B. Bagian yang dipakai dalam pengobatan yaitu daun, ranting dan akarnya. Sifat tumbuhan ini pedas, hangat dan beracun. Tanaman ini juga sanggup dimanfaatkan untuk membunuh benalu (parasitisid), penghilang gatal, hemostatis (penghenti pendarahan), mengobati luka berdarah, psoriasis, eksema, dan neurodermatitis.


Selain dipakai untuk tumbuhan obat, tumbuhan sambang darah ini juga dijadikan sebagai tumbuhan hias. Tanaman sambang darah ini sanggup tumbuh pada tempat dengan ketinggian 300 mdpl dan sanggup diperbanyak dengan cara cangkok, stek atau biji.


Cara Menanam dan Budidaya Sambang Darah


Pembibitan Bunga Sambang Darah


Bunga sambang darah ini sanggup diperbanyak dengan cara cangkok, stek atau biji. Namun alasannya tergolong tumbuhan semak berkayu, tumbuhan ini banyak diperbbanyak dengan cara stek batang tanpa akar maupun dengan akarnya.


Cara Menanam Bunga Sambang Darah


Pertama, siapkan media tanam yang berasal dari gabungan tanah dan pupuk kandang/kompos dengan perbandingan 1:1. Setelah itu, bibit sanggup segera ditanam pada media tanam yang telah disiap. Tanaman akan tumbuh baik bila jarak penanamannya diatur dengan baik, alasannya tumbuhan ini mempunyai banyak percabangan dan berdaun rimbun.


Cara Merawat Bunga Sambang Darah


Perawatan yang perlu dilakukan pada bunga sambang nyawa ini yaitu penyiraman, pemupukan dan pemangkasan. Penyiraman dilakukan secara terencana ketika tumbuhan membutuhkan air saja. Sedangkan pemupukan harus dilakukan minimal dua bulan sekali, kemudian pemangkasan sanggup dilakukan apabila tumbuhan ingin dibuat sesuai harapan kalian.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Cara Menanam dan Budidaya Bunga Sambang Darah Di Rumah Bagi Pemula“,  semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Cara Menanam dan Budidaya Bunga Sambang Darah Di Rumah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel