Panduan Lengkap Cara Budidaya Jagung Manis Organik Agar Cepat Panen Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Budidaya Jagung Manis Organik Agar Cepat Panen Bagi Pemula – Jagung Manis (Zea Mays Saccharata) yaitu salah satu jenis jagung yang banyak digemari masyarakat. Jagung anggun ini lebih gampang dikonsuimsi, cukup dengan direbus atau dibakar. Jagung ini juga baik bagi orang yang menjalani gaya hidup sehat alasannya rendah kalori.


Nah kali ini kita akan membahas cara budidaya jagung anggun organik. Berikut selengkapnya:


Cara Budidaya Jagung Manis Organik


Syarat Tumbuh Jagung Manis


Tanaman jagung anggun sanggup tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi sampai ketinggian sekitar 3000 mdpl serta tanam lahan yang dipakai untuk membudidayakan jagung anggun mengandung unsur hara menyerupai kalium, nitrogen dan fosfat yang tinggi dan tanah mempunyai pH sekitar 5-8.


Persiapan Bibit Jagung Manis


Benih bibit jagung anggun harus dipilih yang sehat, tidak mengandung penyakit dan berkualitas. Karena pemilihan bibit tersebut ajab besar lengan berkuasa pada hasil budidaya nantinya.


Persiapan Lahan Tanam Jagung Manis


Bersihkan lahan tanam dari gulma dan tumbuhan pengganggu lainnya. Selanjutnya, gemburkan tanah dengan cara dicangkul kemudian diamkan selama sekitar 5-7 hari.


Jika lahan tanam mempunyai kadar asam atau pH tanah yang tinggi yaitu kurang dari 5 maka lakukan pengapuran dengan memakai dolomit. Selanjutnya lakukan pemupukan dasar dengan memakai pupuk kandang.


Jika lahan tanam lahan bekas sawah maka sanggup dilakukan penanaman pribadi namun pastikan lahan tersebut mempunyai sistem drainase yang baik. Atau sanggup juga dengan menciptakan bedengan terlebih dahulu.


Buatlah bedengan dengan ukuran sekitar 1 meter untuk lebarnya dan 20-30 cm untuk panjangnya. Setelah itu, buatlah lubang tanam dengan cara ditugal sedalam 5 cm. Buat jarak antar lubang tanam sekitar 50-70 cm biar nantinya jagung sanggup tumbuh dengan baik.


Cara Menanam Jagung Manis


Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Masukkan 1-2 benih jagung anggun ke dalam lubang tanam yang telah dibuat. Lalu tutup lubang tanam dengan pupuk kompos dan lakukan penyiraman secukupnya. Penanaman ini sebaiknya dilakukan pada awal trend penghujan.


Cara Merawat tumbuhan Jagung Manis


Jika ada tumbuhan yang mati atau tidak tumbuh dengan baik maka segera lakukan penyulaman dengan menggantinya dengan bibit lain biar tumbuhan jagung tetap tumbuh seragam, penyulaman ini setidaknya dilakukan seminggu sehabis tanam.


Lakukan pula penyiangan pada gulma yang tumbuh disekitar tumbuhan jagung. Bersamaan dengan penyiangan, lakukan pula pembubunan atau menaikan tanah yang turun akhir air hujan atau penyiraman ke bedengan kembali.


Penyiraman sanggup dilakukan beberapa hari sekali, namun jikalau pada trend kemarau maka perhatikan, jikalau tanah kering maka lakukan penyiraman.


Sete;ah tumbuhan jagung berumur 2 bulan maka lakukan pemupukan susulan. Pemupukan tersebut dilakukan dengan memakai pupuk kandang.


Masa Panen Jagung Manis


Pemanenan jagung anggun sanggup dilakukan sehabis jagung berumur sekitar 65-75 hari. Cara memanen jagung nais ini cukup dengan memutar tongkol jagung. Jika sudah dipanen, jagung sanggup dikonsumsi dan batang dan daunnya sanggup dijadikan pakan ternak.


Demikian artiklel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Jagung Manis Organik Agar Cepat Panen Bagi Pemula “, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa



 



Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Jagung Manis Organik Agar Cepat Panen Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel