Cara Mudah Menanam dan Merawat Tanaman Cemara Udang Di Pekarang Rumah Bagi Pemula

Cara Praktis Menanam dan Merawat Tanaman Cemara Udang Dari Bibit Stek Di Pekarang Rumah Bagi Pemula – Cemara udang atau Australian pine (Casuarina equisetifolia) merupakan salah satu jenis tumbuhan hias landscape yang banyak digemari oleh pecinta tumbuhan hias dan biasanya dijadikan sebagai tumbuhan penghias taman dan kebun. Cemara udang merupakan jenis cemara yang mempunyai daun dengan ujung lancip menyerupai jarum dan mempunyai batang yang besar dan keras.


Cemara udang mempunyai keunikan yang menimbulkan tumbuhan ini menjadi populer. Cemara udang ini juga sangat gampang di buat menjadi bonsai.


Cemara udang atau cemara bahari daam bahasa inggris dikenal dengan nama Beach She-Oak dan Ironwood, namun pohon ini juga dikenal dengan nama Horsetail She-Oak. Tanaman cemara udang merupakan tumbuhan orisinil Aisa Tenggara dan Australia Utara, namun sekarang sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia yang beriklim tropis dan sub tropis.


Pohon cemara udang mempunyai daun yang kecil, silindris, dan bersisik, biasanya berwarna hijau muda sampai keabu-abuan. Batang pohon cemara udang tertutupi oleh kulit kayu yang keras dan bertekstur bergairah dengan warna batang cokelat kemerahan sampai abu-abu. Akar pohon ini sangat rapat berfungsi untuk mencengkeram substrat yang tidak stabil.


Klasifikasi Ilmiah Cemara Udang

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Sub-kelas: Hamamelididae

Ordo: Casuarinales

Famili: Casuarinaceae

Genus: Casuarina

Spesies: C. equisetifolia


Karena gampang dijadikan bonsai, banyak orang yang membudidayakan cemara udang ini. Berikut cara budidaya atau menanam cemara udang:


Cara Budidaya Cemara Udang


Persiapan Bibit Pohon Cemara Udang


Bibit pohon cemara udang sanggup di peroleh dengan cara cangkok. Pilih batang pohon Cemara Udang yang tidak terlalu renta yaitu sekitar umur 3-5 tahun, kuat, subur dan tidak berpenyakit. Lebih baik lagi kalau mempunyai banyak buah. Pencangkokan ini baik dilakukan pada dikala isu terkini penghujan.


Lakukan proses cangkok dengan cara kelupas kulit cabang atau batang sampai kambiumnya terlihat. Panjang cabang atau batang yang dikuliti yaitu sekitar 8-10 cm. Buang kambium batang atau kepingan yang hijau berlendir. Jika sudah, selanjutnya bungkus kepingan yang dikuliti tadi dengan plastik bening berisi cocopeat yang telah diberi zat pemicu perakaran.


Cara Menanam Cemara Udang


Biasanya dalam waktu 6 bulan pencangkokan cemara udang sudah berhasil ditandai dengan munculnya akar-akar serabut yang terlihat dalam plastik bening cangkok dan siap dipisahkan dari tumbuhan induk.


Jika sudah dipisahkan dengan tumbuhan induk, tanam bibit cangkok cemara udang yang dalam media tanam berupa adonan dari tanah merah dan pupuk sangkar atau pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1.


Cara Merawat Cemara Udang


Perawatan cemara udang sanggup dilakukan dengan memperlihatkan pupuk rutin cukup 1 bulan sekali memakai pupuk kompos atau pupuk NPK dengan takaran 3 sdt/pohon, lakukan pula pemotongan pada dahan kering serta pembentukan daun selama 3 bulan sekali, serta lakukan penyiraman sebanyak 2 kali sehari yaitu setiap pagi dan sore.


Tanaman cemara ini harus kena sinar matahari langsung, alasannya ialah kalau tidak maka daunnya akan memerah dan kering. Untuk memaksimalkan pertumbuhan, lakukan pemangkasan minimal sebulan sekali.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Praktis Menanam dan Merawat Tanaman Cemara Udang Di Pekarang Rumah Bagi Pemula“, supaya bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Menanam dan Merawat Tanaman Cemara Udang Di Pekarang Rumah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel