6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Pepaya Merah Delima Agar Cepat Berbuah Dan Panen

6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Pepaya Merah Delima Agar Cepat Berbuah Dan Panen – Pepaya (Carica papaya) atau betik yakni tumbuhan yang berasal dari genus Carica yang berasal dari Meksiko penggalan selatan dan penggalan utara Amerika Selatan, namun sekarang sudah tersebar luas dan banyak ditanam di seluruh kawasan tropis untuk diambil buahnya.


Klasifikasi ilmiah Pepaya

Kerajaan: Plantae

(tidak termasuk): Angiospermae

(tidak termasuk): Eudikotil

(tidak termasuk): Rosidae

Ordo: Brassicales

Famili: Caricaceae

Genus: Carica

Spesies: C. papaya


Terdapat aneka macam jenis pepaya, diantaranya menyerupai pepaya california, pepaya calina, pepaya merah delima dan lain sebagainya. Nah kali ini kita akan membahas wacana cara budidaya pepaya merah delima. Berikut selengkapnya:


Cara Budidaya Pepaya Merah Delima


Syarat Tumbuh Pepaya Merah Delima


Tanaman pepaya merah delima sanggup tumbuh dengan baik pada kawasan dataran rendah maupun dataran tinggi hingga ketinggian 700 mdpl dengan curah hujan sekitar 1500-2000 mm/tahun dan suhu sekitar 22-30°C. Tanaman ini akan tumbuh dan maksimal pada tanah yang kaya akan kandungan materi organik, mempunyai sistem drainase yang baik den mempunyai pH sekitar 6,5-7.


Pepaya merah delima ini harus mendapatkan sinar matahari secara penuh, dengan banyak mendapatkan sinar matahari maka tumbuhan akan lebih cepat berbunga dan berbuah serta buah cepat masak dan lebih manis.


Persiapan Bibit pepaya Merah Delima


Bibit pepaya merah delima sanggup diperoleh dari biji. Biji tersebut dikecambahkan terlebih dahulu dengan cara merendamnya selama satu malam, kemudian simpan dalam wadah tertutup dengan dilapisi tisu atau kain berair kemudian ditempatkan pada ruangan bersuhu sekitar 30°C. Biji akan berkecambah sesudah 6-12 hari kemudian. Selanjutnya, pindahkan kecambah tersebut ke polybag tanam yang telah diisi media tanam berupa tanah, pupuk sangkar dan tricoderma. Setelah bibit berumur 30-40 hari atau telah mempunyai 5-8 helai daun, bibit sanggup dipindah tanamkan ke lahan sebenarnya.


Persiapan Lahan Tanam Pepaya Merah Delima


Lahan yang akan dipakai untuk budidaya dibersihakan terlebih dahulu dari gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya. Setelah itu, gemburkan tanah dengan cara dicangkul.


Selanjutnya, buatlah bedengan dengan ukuran sekitar 6 m untuk panjangnya, 1-1,5 m untuk lebarnya dan tinggi sekitar 20 cm. Berikan jarak antar bedengan sekitar 50 cm.


Kemudian, buatlah lubang tanam dengan ukuranb sekitar 40 cm x 40 cm x 40 cm dan berikan jarak tanam sekitar 2 x 2 m. Kemudian, isi lubang tanam tersebut dengan adonan pupuk sangkar dan dolomit, kemudian diamkan selama 1-2 minggu. Kemudian tambahkan pupuk dasar TSP dan juga insektisida.


Cara Menanam Pepaya Merah Delima


Setelah semua siap, selanjutnya lakukan penanaman. Pindahkan bibit dari polybag ke lubang tanam secara hati-hati, usahakan media tanamnya jangan hingga rusak. Masukkan bibit dalam lubang tanam kemudian timbun kembali dengan tanah lapisan atas. Dalam satu lubang tanam sanggup ditanami 2 bibit pepaya.


Cara Merawat Tanaman Pepaya Merah Delima


Lakukan pemberian mulsa pada tumbuhan pepaya tersebut, mulsa tersebut sanggup berupa jerami. Pemulsaan tersebut bertujuan untuk menjaga kelembaban tanah dan juga menekan pertumbuhan gulma.


Lakukan pemupukan dengan memakai pupuk NPK ataupun pupuk adonan tunggal. Pemupukan tersebut dilakukan dengan meletakkanya di sekeliling tanaman. Setelah itu lakukan penyiraman. Selain diletakkan pribadi ke tanah, pupuk sanggup diencerkan dulu dalam air gres disiramkan. Pemupukan dan penambahan dolomit sanggup dilakukan setiap 3-4 bulan.


Jika tumbuhan sudah mulai berbunga, maka lakukan penyelesian pada bunga. Pilihlah bunga yang tepat dengan ciri mempunyai serbuk sari dan putik. Lakukan pula penyeleksian pada buah dikala berumur 2 ahad seterlah bunga mekar, buang buah yang cacat fisik.


Masa Panen Pepaya Merah Delima


Pemanenan pepaya merah delima sanggup dilakukan sesudah tumbuhan berumur 8 bulan sesudah tanam. Pemanenan ini dilakukan dikala buah masih mengkal dengan warna kuning 5-10% untuk pasaran lokal dan 5% untuk pasaran jauh. Panen pepaya merah delima ini sanggup dilakukan setiap seminggu sekali.


Demikian artikel pembahasan tentang”6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Pepaya Merah Delima Agar Cepat Berbuah Dan Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampa jumpa




Belum ada Komentar untuk "6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Pepaya Merah Delima Agar Cepat Berbuah Dan Panen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel