Panduan Lengkap Cara Menanam Rumput Timothy Sebagai Pakan Ternak Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Menanam Rumput Timothy Sebagai Pakan Ternak Bagi Pemula – Rumput Timothy atau Timothy Grass (Phleum Pretense) merupakan tumbuhan yang berasal dari Eropa, Afrika Utara dan Asia Tengah. Rumput timothy ini juga sering dipakai sebagai pakan ternak ibarat domba dan lainnya atau binatang peliharaan ibarat kelinci dan lain sebagainya. Tanaman ini sanggup mengikuti keadaan dengan baik di aneka macam iklim bahkan wilayah yang sangat dingin. Orang yang pertama kali mempopulerkan rumput ini sebagai padang rumput pada Tahun 1700an yaitu Timothy Hanson.


Klasifikasi Rumput Timothy

Domain: Eukaryota

Kingdom: Plantae

Filum: Spermatophyta

Sub Filum: Angiospermae

Kelas: Monocotyledonae

Ordo: Cyperales

Keluarga : Poaceae

Genus: Phleum

Spesies: Phleum pratense


Cara Menanam Rumput Timothy


Persiapan Bibit Rumput Timothy


Rumput Timothy berkembang biak terutama dengan biji, yang bsa tetap disimpan kira-kira 4-5 tahun dalam keadaan dingin, kering. Proses kecambah tidak membutuhkan siklus suhu atau cahaya berulang, tapi mungkin lebih lambat. Rumput ini juga sanggup berkembang secara vegetatif melalui tillering atau lebih dikenal dengan stek.


Persiapan Lahan Tanam dan Penanaman Rumput Timothy


Lokasi tanam rumput timothy dipilih yang agak teduh dan tidak memerlukan perlakuan khusus. Pilih lahan dengan tanah yang berpasir ataupun tanah liat.


Lahan yang akan dipakai untuk menanam rumput timothy diolah terlebih dahulu. Bersihkan lahan dari gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya, sehabis itu gemburkan tanah pada lahan tanam dengan cara di cangkul atau dibajak, jikalau ph tanah tidak sesuai dengan ketentuan yaitu 6,5-7,0 maka sanggup dilakukan pengapuran terlebih dahulu.


Waktu yang umum untuk melaksanakan penanaman rumput timothy yaitu ketika animo semi dan animo panas. Cara menebar benih yang benar harus meliputi sekitar satu setengah dari keseluruhan luas permukaan tanah. Kedalaman benih tidak melebihi setengah inci. Jaga Kelembaban tanah dengan menyiram bertahap sampai benih tumbuh berkecambah. Pembenihan sebaiknya dilakukan pada animo semi atau final animo panas atau sanggup juga dilakukan pada awal animo gugur.


Cara Merawat Rumput Timothy


Pada masa kekeringan atau kelembaban kurang, rumput dihentikan terkena injak alasannya yaitu pendeknya akar. Selain itu, akarnya yang halus sangat sensitif pada masa ini. Untuk menghindari serangan hama, maka sanggup menyemprotkan pembasmi hama yang tidak beracun. Kumbang, belalang dan serangga lainnya merupakan hama yang paling sering merusak Timothy. Penyemprotan tersebut dilakukan sebulan sekali dan hindari memakai pembasmi serangga yang beracun alasannya yaitu sangat berisiko. Pada animo semi, berikan pupuk yang kaya nitrogen dan sekali lagi sehabis panen.


Panen dan Pasca Panen Rumput Timothy


Untuk mendapat hasil yang baik, panen pada ketika awal rumput mulai berbunga. Timothy sanggup dipanen sehabis 30-40 hari sehabis panen pertama dilakukan.


Setelah dipanen, untuk diproses menjadi materi pakan, rumput timothy harus mempunyai kadar air 12% atau kurang. Biasanya produsen pakan akan memakai alat untuk mengukur kelembaban untuk memastikan apakah sudah kering. Untuk mengurangi kelembaban sehingga sanggup kering dengan tepat dan tepat kelembaban sanggup dilakukan dengan memakai microwave.


Demikian artikel pembahasan ihwal “Panduan Lengkap Cara Menanam Rumput Timothy Sebagai Pakan Ternak Bagi Pemula“, agar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam Rumput Timothy Sebagai Pakan Ternak Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel