Cara Budidaya dan Perawatan Kuda Laut Hingga Panen

Cara Budidaya Kuda Laut Bagi Pemula Yang Menguntungkan



Cara Budidaya Kuda Laut – Dalam hal ini terdapat beberapa langkah budidaya kuda bahari yang bisa kalian aplikasikan, memang cukup rumit langkah-langkah yang harus kalian kerjakan dalam hal budidaya kuda laut. Langkah-langkah budidaya kuda bahari terdiri dari pemeliharaan induk, pemijahan dan pengeraman, perawatan juwana, penebaran benih, sumbangan pakan dan penggantian air.


Cara Budidaya Kuda Laut Bagi Pemula Yang Menguntungkan Cara Budidaya dan Perawatan Kuda Laut Hingga Panen


Pemeliharaan Induk


Induk-induk kuda bahari yang diambil pribadi dari bahari merupakan indukan yang paling baik alasannya pastinya para indukan kuda bahari ini mempunyai kualitas yang baik. Induk-induk ini lalu dipelihara di kolam khusus yang ditempatkan di laboratorium, di dalam kolam tersebut kalian pasang sebuah piramida yang terbuat dari bambu.


Piramid bambu tersebut nantinya akan menjadi media induk-induk untuk meletakan telur-telurnya. Agar induk-induk kuda bahari tetap sehat kalian perlu memberi mereka pakan sebanyak 2-3 kali sehari yaitu di pagi, siang dan sore hari. Pakan yang bisa kalian berikan untuk para indukan kuda bahari ini berupa udang jambret ataupun udang rebon.


Pemijahan Dan Pengeraman


Di bak/kolam terkontrol induk-induk kuda bahari bisa memijah secara alami tanpa dibantu oleh campur tangan manusia. Telur-telur hasil pijahan lalu akan dierami oleh kuda bahari jantan. Pada dikala fase pemijahan kalian boleh memisahkan atau juga boleh menggabungkan induk-induk kuda bahari jantan yang sedang mengeram alasannya intinya induk-induk kuda bahari jantan ini tidak akan saling mengganggu.


Lamanya pengeraman bisa mencapai 10 hari atau lebih tergantung pada kondisi telur yang sedang dierami. Selama proses pengeraman sebaiknya para induk jantan dihindarkan dari hal-hal yang sanggup menjadikan meraka stress alasannya pastinya akan kuat pada Juwana yang sedang dierami. Bisa saja Juwana akan dikeluarkan lebih awal “Juwana Prematur” jikalau induk jantan mengalami stress.


Kelahiran Juwana


Jika sudah memasuki masa pengeraman di hari ke-9 silahkan kalian pindahkan induk-induk jantan dari kolam terkontrol alasannya di hari ke-10 Juwana akan dikeluarkan dari kantung badan sangat induk jantan. Pengeluaran Juwana oleh induk jantan kuda bahari biasanya dilakukan pada malam hari. Seusai Juwana dikeluarkan, langkah selanjutnya adalah memindahkan induk jantan ke kolam pemeliharaan.


Penebaran Benih


Juwana/kuda bahari muda ini sanggup hidup baik dikolam yang terlindungi dari sinar matahari maupun kolam yang terkena sinar matahari secara langsung.


Pemberian Pakan


Ada beberapa jenis pakan kuda bahari yang bisa kalian gunakan yaitu Nauplii Copepoda, Artemia dan Fitoplankton. Ketiga jenis pakan Juwana ini diberikan sesuai dengan umur Juwana. Misalnya Juwana yang berumur 5-8 hari sebaiknya diberi pakan jenis Nauplii Copepoda sedangkan Juwana yang berumur 14 hari atau lebih sempurna diberikan pakan Artemia. Pemberian pakan di usia 1-15 hari ini sangat penting alasannya Juwana usia ini sedang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat.


Air kolam yang menjadi media hidup kuda bahari muda juga tidak kalah pentingnya dengan beberapa komponen di atas. Kalian perlu mengganti air kolam secara rutin. Sebaiknya pergantian air kolam dilakukan setiap tiga hari sekali hingga kuda bahari muda berumur 30 hari. Kalian juga perlu melaksanakan penyiponan untuk membersihkan segala jenis kotoran dan sisa pakan yang melekat pada kolam. Jika kotoran dan sisa pakan yang membusuk akan mengurangi kualitas air kolam. Dengan memperhatikan langkah-langkah budidaya kuda bahari di atas, bisnis penjualan kuda bahari kalian sanggup dipastikan sukses.


Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Budidaya Kuda Laut Hasil Yang Menguntungkan sanggup berkhasiat dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, hingga jumpa dipostingan berikutnya.


Baca Juga:



Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya dan Perawatan Kuda Laut Hingga Panen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel