Cara Budidaya Kayu Sengon Untuk Pemula Yang Menguntungkan

Cara Budidaya Kayu Sengon Untuk Pemula



Cara Budidaya Kayu Sengon – Dalam hal ini sengon atau albasia ialah jenis kayu yang mempunyai nilai ekonomi cukup tinggi. Pohon sengon bisa mencapai tinggi sekitar 30-45 meter dengan diameter sebesar 70-80 cm. Kayu sengon mempunyai banyak manfaat untuk kebutuhan sehari-hari, menyerupai tiang bangunan rumah, pagar, perabotan rumah tangga, tangkai korek api, kertas dan lain sebagainya.


 Dalam hal ini sengon atau albasia ialah jenis kayu yang mempunyai nilai ekonomi cukup ting Cara Budidaya Kayu Sengon Untuk Pemula Yang Menguntungkan


Pohon sengon mempunyai prospek bisnis yang cukup bagus, kebutuhan akan pohon sengon mencapai lebih dari 500.000 m3 per tahun. Selain itu terdapat jaminan pemasaran yang memungkinkan sengon mempunyai harga jual yang tinggi baik di dalam maupun luar negeri, berikut ini yaitu cara budidaya pohon sengon.


Persiapan Pembibitan


Cara menanam sengon membutuhkan ketelatenan dan kesabaran yang cukup. Teknik budidaya sengon ialah melalui biji, jumlah biji sengon yang diharapkan tergantung dari luas lahan yang akan ditanam. Untuk mempercepat perkecambahan biji sengon dilakukan dengan cara merendam benih sengon pada air mendidih sekitar 15-30 menit, kemudian diinginkan benih dalam air hambar sekitar 24 jam.


Memilih Lokasi


Lokasi sengon memilih tingkat keberhasilan pertumbuhan sengon tersebut. Pilihlah lokasi daerah yang datar dan mempunyai sumber air yang gampang dijangkau. Pastikan kondisi tanahnya subur dan tidak mengandung tanah liat. Usahakan lokasi lahan akrab dengan jalan angkut untuk mempermudah pengangkutan dikala panen.


Persiapan Lahan


Persiapan lahan ialah kegiayan membersihkan lahan dari aneka macam tumbuhan pengganggu yang bisa mempengaruh pertumbuhan pohon sengon. Secara umum ada tiga cara yang dilakukan dalam persiapan lahan yaitu cara mekanik, smei mekanik dan manual.


Tahapan dalam kegiatan persiapan lahan yaitu pencucian lahan dan pengolahan lahan. Pembersihan lahan dilakukan dengan cara penebasan tumbuhan pengganggu menyerupai semak belukar dan padang rumput. Pengolahan lahan dilakukan dengan cara mencangkul dan membajak tanah untuk memperbaiki struktur tanah tersebut.


Proses Penanaman


Mula-mula dilakukan pembuatan ajir tanam dari bambu atau kayu, ajir bermanfaat untuk mempermudah penanaman bibit sengon alasannya yaitu sudah ada tanda di mana bibit harus ditanam. Kemudian lakukan pembuatan lubang pada ajir tadi. Lubang yang elok untuk menanam bibit sengon berukuran 30 x 30 x 30 cm. Selanjutnya lakukan pengangkutan biji dari lokasi persemaian ke penampungan bibit sementara. Langkah selanjutnya ialah penanaman bibit, cara tanam bibit dilakukan dengan hati-hati supaya bibit tidak cepat rusak.


Perawatan Tanaman


Secara umum ada 5 tahap kegiatan yang dilakukan pada perawatan tumbuhan yaitu penyulaman, penyiangan, pendangiran, pemangkasan dan penjarangan. Penyulaman ialah penggantian tumbuhan yang mati dengan tumbuhan baru.


Penyiangan ialah kegiatan membersihkan tumbuhan pengganggu yang berada di sekitar tumbuhan pokok. Pendangiran ialah penggemburan tanah untuk memperbaiki struktur tanah yang ada di sekitar tumbuhan pokok. Pemangkasan ialah pemotongan cabang pohon yang tidak berguna. Penjarangan ialah penebangan pohon untuk menunjukkan ruang perhiasan bagi tumbuhan sengon yang masih tinggal.


Panen Dan Pasca Panen


Pohon sengon akan siap panen pada usia 5-7 tahun, pada usia itu sengon sudah bisa dipakai untuk aneka macam kegiatan pertukangan, pembuatan kertas dan kayu bakar. Dalam memanen sengon dilakukan perencaan terlebih dahulu yang mencakup pembangunan jaringan angkutan, kebijakan finansial dan penetapan biaya finansial. Penebangan sengon dilakukan dengan tiga teknik yaitu takik balik, takik rebah, dan arah rebah.


Pastikan bila arah rebah sudah diperhitungkan dengan seksama untuk menghindari penurunan kualitas. Kemudian lakukan pencucian cabang, ranting dan pembagian batang. Selanjutnya dilakukan proses penyaradan. Proses ini memakai proteksi buruh tani dan hewan, acara pasca panen ada 2 yaitu pengangkutan dan pengolahan.


Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Budidaya Kayu Sengon Prospek Yang Menjanjikan sanggup mempunyai kegunaan dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, hingga jumpa dipostingan berikutnya.


Baca Juga:



Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Kayu Sengon Untuk Pemula Yang Menguntungkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel