Cara Proses Pembenihan Udang Vannamei Bagi Pemula

Cara Proses Pembenihan Udang Vannamei Bagi Pemula



Pembenihan Udang Vannamei – Litopenaeus Vannamei atau yang lebih dikenal dengan Udang Vannamei termasuk salah satu famili dari Penaeidae yang akhir-akhir ini menjadi banyak perbincangan dan diminati oleh banyak orang. Tubuh udang ini terbagai menjadi 3 bab utama yaitu kepala dan dada “Cephalothorax”, tubuh “abdomen” serta ekor.


Cara Proses Pembenihan Udang Vannamei Bagi Pemula Cara Proses Pembenihan Udang Vannamei Bagi Pemula


Di samping itu, tubuhnya dilapisi oleh kerangka luar yang sangat keras, spesies yang mempunyai rostrum yang mirip lengan pada bab ujung chepalothorax di atas mata dan antennule ini juga banyak mempunyai keunggulan sehingga akan mempermudah dalam perjuangan budidayanya, contohnya tahan terhadap penyakit, mempunyai proses pertumbuhan yang cepat, jangka waktu pemeliharaan yang pendek yaitu antara 90 hingga 100 hari, ekonomis dalam sumbangan pakan serta tingkat bertahan hidup yang cukup tinggi.


Perawatan Induk


Selama proses perawatan induk, seseorang harus memperhatikan beberapa hal mirip suhu, pH, kedalaman air dan oksigen yang masuk ke dalamnya. Kemudian dalam pemilihannya perlu diperhatikan beberapa hal, antara lain induk mempunyai gerakan yang sangat lincah dan warna tubuh yang jernih, semua organ tubuh lengkap serta bentuk tubuh yang ramping dan memanjang.


Kolam perawatan yang dipakai juga telah dipersiapkan secara baik dengan memperlihatkan pupuk urea dan TPS setiap satu ahad sekali yang membantu pertumbuhan plankto sebagai pakan alami untuk udang tersebut. Di samping itu juga diberikan urea serta fermentasi probiotik semoga sanggup menjaga keseimbangan plangton dalam kolam tersebut.


Dalam proses pemeliharaan mirip ini, keadaan suhu harus dijaga semoga tetap dalam suhu normal antara 28 – 30 derajat celcius alasannya yaitu jikalau suhu terlalu tinggi maka akan terjadi reaksi kimia yang meningkatkan pH dan NH3.


Perkawinan Induk


Dalam proses perkawinan induk, harus dilakukan dengan jumlah perbandingan yang seimbang sehingga benih yang dihasilkan akan menjadi maksimal. Induk yang telah dalam usia siap meminjah harus dipindahkan ke dalam kolam pemijahan sesudah dilakukan penyortiran induk terbaik. Di samping itu, ukuran kolam juga harus diperhatikan sehingga akan efektif terhadap proses peminjahan ini.


Dalam proses ini juga perlu diperhatikan untuk duduk masalah pengisian air dalam kolam yaitu dengan memasang filter untuk kemudian menyaring telur yang kemudian akan dipindahkan untuk proses penetasan. Kemudian untuk membantu pemberantasan hama, kolam sebaiknya diberi saponin 10-12 ppm di mana tambak akan dibiarkan selama beberapa hari sebelum dipakai semoga reaksinya hilang terlebih dahulu.


Penetesan


Kolam penetasan dan pemeliharaan sanggup segera dipersiapkan untuk menampung telur yang dihasilkan. Ketika udang tersebut telah menetas, induk harus dipisahkan dari telur untuk selanjutnya dipersiapkan untuk proses perkawinan selanjutnya. Benih-benih yang telah melewati proses penetasan tersebut harus menunggu 120 hari untuk siap panen dimana berat per ekornya telah mencapai 10-20 g/ekor.


Pemanenan


Sebelum proses pemanenan dilakukan dalam sumbangan pakan harus diperhatikan secara merata semoga tidak terjadi persaingan. Kemudian frekuensi sumbangan pakan tersebut cukup diberikan 2-3 kali dam sehari alasannya yaitu persediaan pakan alami dalam kolam sudah sangat membantu mereka.


Ketika masa panen tiba, kalian sanggup memanennya kapan saja, tetapi akan lebih baik jikalau dilakukan matahari untuk menghindari kontak pribadi dengan sinar matahari dan menghindari pergantian kulit dari udang tersebut akhir stress yang nantinya akan berdampak pada penurunan harga jual dari udang.


Dalam proses pemanenan ini, terdapat dua cara yang sanggup dilakukan yakni proses pemanenan sebagian dan keseluruhan dimana proses pemanenan sebagian diperuntukkan untuk pengambilan udang besar.


Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Proses Pembenihan Udang Vannamei Bagi Pemula sanggup berkhasiat dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, hingga jumpa dipostingan berikutnya.


Baca Juga:



Belum ada Komentar untuk "Cara Proses Pembenihan Udang Vannamei Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel