Cara Budidaya Jeruk Bali Agar Cepat Berbuah Untuk Pemula

Cara Menanam Jeruk Bali Agar Berbuah Lebat



Cara Budidaya Jeruk Bali – Dalam hal ini beberapa dari kalian mungkin sudah sangat familier dengan yang namanya buah jeruk bali. Jeruk yang tergolong “bongsor” dari segi ukurannya ini mempunyai banyak penggemar di seluruh nusantara. Tidak hanya di Indonesia, buah ini pun banyak digemari di banyak sekali negara Asia menyerupai Thailand, Bangladesh, China dan Filipina.


Cara Menanam Jeruk Bali Agar Berbuah Lebat Cara Budidaya Jeruk Bali Agar Cepat Berbuah Untuk Pemula


Tentunya kemasyuharan buah ini menciptakan kalian tertarik untuk berbudidaya buah jeruk bali, bukan ?? selain nikmat rasanya, kalian juga akan menikmati alhasil yang sanggup mencapai ratusan juta sekali panen per hektarnya. Kalian ingin mencoba budidaya buah ini ?? Kalau begitu simak bagaimana cara budidaya buah jeruk bali.


Budidaya Jeruk Bali


Seperti halnya membudidayakan jenis flora lain, budidaya jeruk bali juga sanggup dilakukan melalui beberapa tahapan. Tahapan tersebut ialah penyiapan lahan, pembibitan, penanaman, pemupukan dan penyiraman “perawatan” serta pemanenan, berikut ini ulasannya:


Penyiapan Lahan


Seperti halnya flora lainnya penanaman jeruk bali juga membutuhkan lahan yang subur dan gembur. Untuk itu, sebelum kalian mulai menanam bibit jeruk bali kalian, penggemburan sanggup kalian lakukan dengan cara mencangkuli lahan dan mencampurnya denga pupuk.


Untuk pemetakan lahan yang akan ditanami masing-masing bibit, idealnya kalian menyediakan petakan tanah sebesar 7 x 8 meter untuk tiap bibitnya. Hal ini bukan tanpa alasan alasannya ialah ketika bibit buah jeruk bali ini membesar, ketinggiannya sanggup mencapai 5 meter. Tentunya dengan ketinggian sebesar ini maka rantingnya pun akan rimbun dan menutupi cahaya sinar matahari yang dibutuhkan oleh pohon jeruk bali ini.


Untuk itu diharapkan petakan tanah yang besar dan arah mata angin yang sempurna untuk menumbuhkan pohon jeruk bali. Arah timur ke barat merupakan arah mata angin yang sempurna bagi pohon jeruk bali biar senantiasa tercukupi sinar matahari.


Pembibitan Buah Jeruk Bali


Setelah penyiapan lahan kalian lakukan beberapa ahad sebelum penanaman, sekarang giliran kalian menyediakan bibit buah jeruk bali yang baik. Pembibitan ini memegang kunci penting dari hasil panen maksimal yang akan kalian raih. Mengapa demikian ?? alasannya ialah cara pembibitan buah jeruk bali ini sebagian besar dilakukan bukan dengan metode biji atau stek, melainkan dengan cangkok.


Tips: cara tanam metode cangkok dipilih bukan tanpa alasan alasannya ialah para petani jeruk bali mempunyai pengalaman cara menanam yang baik dengan metode cangkok ini yakni masa buahnya yang tidak terlalu usang dan daya tahan pohon yang kuat. Ciri bibit buah jeruk bali yang baik ini ialah batangnya yang lurus dari atas ke bawah serta diameter batang sekitar 2-3 cm.


Penanaman Buah Jeruk Bali


Setelah kalian mendapat bibit jeruk bali yang tepat, sekarang tibalah saatnya bercocok tanam bibit tersebut dengan teknik menanam yang tepat. Tanamlah masing-masing bibit di petakan tanah yang telah kalian sediakan “kurang lebih 7 x 8 meter”. Adapun waktu kapan kalian menanam sanggup kalian lakukan kapan saja alasannya ialah buah jeruk bali sanggup tumbuh di isu terkini kering maupun isu terkini hujan asalkan syarat tumbuhnya terpenuhi.


Pemupukan


Pemupukan sanggup kalian lakukan selama maksimal 3 x dalam setahun. Pemupukan yang pertama sanggup kalian lakukan dengan memakai pupuk kandang, “antara bulan Juli-Agustus”, sedangkan pada tahap pemupukan kedua sanggup kalian lakukan dengan pupuk NPK “antara bulan Oktober-November”.


Penyiraman perlu kalian lakukan ketika isu terkini kering biar pohon jeruk bali kalian tidak kekurangan air. Perawatan lainnya ialah penyiangan “pencabutan rumput liar”, pengusiran hama dan ulat serta pembatasan jumlah ranting dan buah pada isu terkini panen pertama.


Pemanenan


Panen besar mulai sanggup kalian nikmati sehabis tahun ke-tiga, sebelum tahun ini memang buah jeruk bali telah tumbuh namun kalian belum sanggup memanennya alasannya ialah kalian harus memperhatikan aspek yang lebih utama di masa yang akan tiba yakni pembatasan buah dan ranting biar tumbuh maksimal di tahun berikutnya. Semakin bau tanah umur pohon jeruk bali, semakin banyak buah yang dihasilkan.


Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Budidaya Jeruk Bali Agar Cepat Berbuah sanggup mempunyai kegunaan dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, hingga jumpa dipostingan berikutnya.


Baca Juga:



Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Jeruk Bali Agar Cepat Berbuah Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel