Cara “Sukses” Budidaya Kacang Panjang Untuk Panen Yang Maksimal

Cara Menanam Kacang Panjang Agar Cepat Panen



Cara Budidaya Kacang Panjang – Bercocok tanam sanggup menjadi salah satu aktifitas yang sanggup menjadi jalan memperoleh penghasilan pelengkap maupun penghasilan pokok. Kita sanggup mencoba budidaya bermacam-macam jenis tumbuhan yang banyak diminati dan dibutuhkan masyarakat.  Salah satu ilham yang sanggup dipilih untuk dibudidayakan yakni kacang panjang. Mengetahui cara budidaya kacang panjang memang penting, termasuk teknik menanam, perawatan dan juga pemanenannya.


Cara Menanam Kacang Panjang Agar Cepat Panen Cara “Sukses” Budidaya Kacang Panjang Untuk Panen Yang Maksimal


Meskipun tidak sulit menanam kacang panjang, tentu tumbuhan ini tetap memerlukan cara tanam yang tepat. Salah satunya yakni pemilihan tanah yang gembur, mengandung banyak humus dan juga subur. Selain itu pengairan yang baik juga sangat dibutuhkan dengan menghindari tanah yang tergenang air. Untuk pH yang sesuai yakni sekitar 5,5 hingga 6,5, untuk waktu tanam yang cocok yakni ketika trend kemarau.


Mempersiapkan Area Atau Lahan Untuk Kacang Panjang


Hal pertama yang perlu dilakukan yakni dengan menciptakan bedengan yang memanjang dari arah timur ke arah barat. Kemudian pemupukan juga perlu dilakukan pada tanah bedengan tersebut. Porsi pupuknya yakni sekitar dua puluh hingga dua puluh lima ton per hektar untuk takaran pupuk kandang. Setelah kurang lebih tiga mingguan sanggup ditambahkan pupuk urea dan juga dilakukan pengairan, terakhir tutup bedengan dengan plastik berwarna hitam.


Mempersiapkan Benih Kacang Panjang


Persiapan benih pun harus diperhatikan dalam cara budidaya kacang panjang. Tentu benih yang manis merupakan bibit yang manis pula. Benih yang sanggup dipilih yakni yang berusia tua, utuh dan juga sehat. Kita sanggup memperolehnya di toko benih pertanian. Untuk per hektarnya kita akan memerlukan benih kurang lebih dua puluh kilogram.


Cara Menanam Kacang Panjang


Setelah lahan dan juga benih siap, tentu kita akan masuk pada tahap penanaman. Tentu perlu diketahui cara menanam kacang panjang yang tepat. Pertama buatlah lubang pada plastik bedengan untuk menanam benih. Jaraknya penanaman yakni sekitar 60 x 30 cm. Kemudian benih ditanam dengan cara tunggal dalam lubang tersebut, lalu penyulaman untuk bibit yang gagal sanggup dilakukan satu ahad sehabis penanaman.


Perawatan Tanaman Kacang Panjang


Selain cara persiapan lahan dan bibit, serta penanaman yang tepat, perawatan tumbuhan yang sempurna juga sangat dibutuhkan sebagai cuilan dari teknik budidaya yang tepat. Perawatan yang pertama yakni penyiraman dan pengairan. Kita sanggup menyiramnya tiap hari dan ditingkatkan intensitasnya ketika tumbuhan sudah mulai berbunga maupun berbuah. Dan seminggu sehabis penanaman, kita sanggup segera memasang ajir sebagai media rambat tanaman.


Penyiangan juga menjadi unsure penting dalam perawatan tanaman. Lakukan penyiangan sehabis kita memupuk tamaman atau pada ketika terdapat gulma. Setelah tiga ahad paska penanaman, penambahan pupuk urea sanggup dilakukan dengan takaran dua puluh lima kilo per hektarnya. Untuk penyemprotan, beberapa jenis hama sanggup dimusnahkan dengan menyemprot insektisida maupun pestisida.


Pemanenan Dan Pasca Pemanenan


Setelah kita membahas mengenai cara budidaya kacang panjang, niscaya kita tidak akan mengalami kesulitan lagi sebab cara budidaya tumbuhan ini cenderung sederhana. Kita hanya perlu mengetahui tips dan triknya saja, termasuk dalam pemanenan dan pasca pemanenan dari budidaya kacang panjang kita.


Untuk pemanenan biasanya panen kali pertama dilakukan pada usia tanam lima puluh hari. Kriteria bahwa tumbuhan kacang panjang tersebut siap panen yakni buah polongnya sudah padat dan mempunyai warna hijau yang segar. Tanaman ini sanggup diproduksi hinga berusia kurang lebih empat bulan. Jarak panen yakni sekitar lima hari. Untuk tiap hektarnya biasanya sanggup menghasilkan sekitar lima ton kacang panjang.


Untuk pasca panen, tentu kita juga perlu memperhatikan beberapa hal. Beberapa tips berikut sanggup kita ikuti yaitu:



  • Perhatikan umur pemetikan yang tepat

  • Ikat kacang panjang sehabis dipanen dan simpan hasil panen pada kawasan yang lembab dan juga dingin

  • Hindari luka atau ukiran yang terjadi pada buah yang sanggup mengakibatkan buah rusak dan busuk


Dengan taktik dan cara budidaya kacang panjang yang sempurna dan sesuai maka hasil panen akan maksimal. Selain itu cara pemanenan yang sempurna juga akan besar lengan berkuasa termasuk cara memperlakukan hasil panen kita.


Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara “Sukses” Budidaya Kacang Panjang Untuk Panen Yang Maksimal sanggup berkhasiat dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, hingga jumpa dipostingan berikutnya.


Baca Juga:



Belum ada Komentar untuk "Cara “Sukses” Budidaya Kacang Panjang Untuk Panen Yang Maksimal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel