Cara Budidaya Kemangi Yang Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Cara Menanam Kemangi Yang Menguntungkan



Cara Budidaya Kemangi – Dalam hal ini flora kemango “Ocimum Canum” tentunya sangat familiar bagi kita sebab sebagian besar masyarakat kita memakai flora kemangi sebagai komplemen hidangan Nusantara Indonesia. Harumnya yang khas serta daunnya yang terlihat hijau dan segar menciptakan kita selalu termakan dengan banyak sekali jenis hidangan yang dilengkapi dengan daun kemangi. Terkadang daun kemangi juga sering dipakai sebagai lalapan di beberapa tempat tertentu di Indonesia menyerupai Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah spesial Yogyakarta.


 Cara Menanam Kemangi Yang Menguntungkan Cara Budidaya Kemangi Yang Banyak Manfaat Bagi Kesehatan


Selain menambah cita rasa pada masakan, daun kemangi juga ternyata mempunyai banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Banyaknya nilai manfaat yang dimiliki oleh flora kemangi menjadi latar belakang banyaknya masyarakat kita yang mulai membudidayakan flora kemangi. Lantas hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam hal budidaya kemangi ?? mari kita simak ulasannya dibawah ini.


Syarat Pertumbuhan Kemangi


Tumbuhan kemangi cukup gampang untuk ditanam, kalian tidak perlu memakai teknik khusus untuk menanam kemangi. Tumbuhan kemangi juga sanggup tumbuh di mana saja. Tumbuhan kemangi akan tumbuh dengan baik di tanah yang banyak mengandung asam. Tumbuhan kemangi juga sanggup bertahan pada cuaca hambar dan panas.


Perbedaan iklim hanya akan besar lengan berkuasa pada perbedaan penampilan flora kemangi saja. Perihal rasa dan kualitas sanggup dipastikan sama saja antara kemangi yang ditanam di tempat yang becuaca hambar dan kemangi yang ditanam di tempat yang bercuaca panas. Umumnya flora kemangi yang ditanam di tempat yang bercuaca hambar mempunyai daun yang lebih lebar dan lebih hijau bila dibandingkan dengan tumbuhan kemangi yang ditanam di tempat yang bercuaca panas.


Teknik Pemilihan Benih Kemangi


Benih-benih flora kemangi berupa kecambah yang berasal dari biji-biji kemangi. Untuk mendapat benih/bibit unggul kalian sebaiknya memakai biji-biji flora kemangi unggul dan berkualitas baik. Biji-biji kemangi diperoleh dari bunga kemangi yang sudah masak dari pohonnya. Biji yang siap tumbuh umumnya mempunyai ciri-ciri warna hitam dan kering. Warna biji yang hitam dan kering yaitu biji yang sudah tua. Kalian perlu menyemai biji-biji tersebut kemudian gres ditanam di media tanam.


Persiapan Media Tanam Kemangi


Tanah yang dipersiapkan untuk media tanam kemangi sebaiknya tanah yang gembur, subur dan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang. Jika tanah terlalu lengket kalian sanggup tambahkan pasir secukupnya. Media tanam kemangi juga sebaiknya memenuhi kriteria menyerupai akrab dnegan sumber air dan dilengkapi dengan parit drainase semoga kebutuhan air tercukupi.


Teknik Penanaman Benih Kemangi


Dalam menanam biji-biji kemangi yang sudah dipersiapkan sebelumnya kalian hanya perlu menaburkan biji-biji kemangi yang sudah masak. Biji yang sudah ditanam kemudian dilapisi dengan tanah secara tipis. Tunggu beberapa hari hingga benih tumbuh di media persemaian, bila kalian menjumpai tumbuhan benih jaraknya terlalu rapat, kalian sanggup memindahkan beberapa di antaranya semoga jarak tumbuhan benih seragam sehingga sanggup tumbuh secara optimal.


Teknik Pemeliharaan Kemangi


Tanaman kemangi yang masih muda kemudian kalian pindahkan pada media tanam yang sebenarnya. Kalian juga perlu mengecek apakah tanaman-tanaman kemangi muda sanggup tumbuh dengan baik di media tanam tersebut. Jika tidak segera cek kondisi tanahnya dan segera campurkan tanah pada media tanam dengan pupuk kandang.


Tanaman ham menyerupai rumput perlu dicabut secara detail sebab sanggup mengganggu tumbuhan kemangi muda. Kalian juga perlu memangkas bunga-bunga flora kemangi setiap seminggu sekali semoga pertumbuhan pucuk flora kemangi sanggup maksimal.


Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Budidaya Kemangi Yang Banyak Manfaat Bagi Kesehatan sanggup berkhasiat dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, hingga jumpa dipostingan berikutnya.


Baca Juga:



 


Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Kemangi Yang Banyak Manfaat Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel