Cara Cepat Buat Yogurt

Yogurt alias minuman susu fermentasi bercita rasa sedikit kecut relatif gampang dibuat. Susu tinggal ditambahkan Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermopilus sehingga terjadi fermentasi.


Pada kondisi normal, fermentasi berlangsung selama 18 jam pada kondisi suhu ruangan 27-30 derajat Celcius. Namun sekarang ada cara menyingkat waktu pembuatan yogurt sampai susu berasa kecut itu terfermentasi tepat hanya dalam waktu 8 jam.


Kondisi itu tercipta dengan menciptakan lingkungan pembuatan susu berada pada kondisi anaerob. Sudah begitu pastikan suhu ruangan berada pada temperatur 37-40 derajat Celcius. Hal itu terjadi sebab kedua basil fermentasi akan bekerja maksimal pada suhu tersebut.


Pada skala besar, suhu sanggup diatur menggunakan thermostat yang dilengkapi heater alias pemanas. Namun untuk pembuatan yogurt skala kecil menyerupai rumahan, hal itu disiasati menggunakan seperangkat alat dengan galon air mineral sebagai inkubator yang dirancang oleh Prof Dr Ir H Musa Hubeis MS Dipl Ing DEA dan Prof Dr Ir Fransiska R Zakaria MSc-keduanya dari IPB serta Ir Eddy Kemenady MM MP dari Danone.


Alat yang disebut dispenser yogurt itu terdiri atas kotak kayu berukuran 80 cm x 50 cm tanpa pemanas keramik, pengaduk, aluminium foil, dan motor pengaduk. Pengaduk terhubung dengan motor listrik di dalam galon. Sebagai pemanas, pada kotak digunakan dua buah lampu bohlam yang menghasilkan suhu optimal dan stabil dalam inkubator.


Yogurt diproses dengan cara sebagai berikut: pertama, bersihkan galon menggunakan air panas, kocok, lantas diamkan selama sejam. Kedua, masukkan susu pasteurisasi ke dalam galon bersama air matang dengan perbandingan 1:1. Berikutnya berikan satu sendok makan basil starter.


Bila menggunakan thermostat, pastikan suhu disetel pada 40 derajat Celcius. Namun kalau tidak, pakai lampu bohlam. Dengan cara itu susu terfermentasi tepat selama 8 jam dan siap diberi citarasa. Yogurt juga tahan disimpan selama 6 hari pada suhu kamar.


Belum ada Komentar untuk "Cara Cepat Buat Yogurt"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel